Sukses

Palestina Kirim Bantuan Primer untuk Korban Gempa - Tsunami Palu

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun menyebut bahwa ini bukanlah sebuah 'bantuan', melainkan sebuah kewajiban yang harus diberikan oleh warga Palestina kepada sahabatnya, Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan dari negara sahabat kembali datang untuk para korban gempa-tsunami di Palu, Donggala, Sigi dan wilayah lain di Sulawesi Tengah. Kali ini diberikan oleh Palestina.

Bantuan tersebut diberikan atas pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas kepada warga Indonesia yang terkena dampak musibah.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun menyebut bahwa ini bukanlah sebuah 'bantuan', melainkan sebuah kewajiban yang harus diberikan oleh warga Palestina kepada sahabatnya, Indonesia.

"Palestina juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Indonesia karena selama ini telah membantu saudara-saudara kami," ujar Zuhair Al Shun saat menyampaikan sambutan di Kedubes Palestina, Kamis (11/10/2018) siang.

"Kami tidak menyebut ini sebagai bantuan. Melainkan, sebuah kewajiban yang harus kami sampaikan kepada sahabat kami yaitu Indonesia," tambahnya.

Dalam sambutannya, Dubes Zuhair Al Shun menyebut jika warga Palestina tergerak dalam membantu negara-negara lain di dunia yang sedang mengalami musibah.

Senada dengan dubes Zuhair Al Shun, Direktur Palestinian International Coorperation Agency (PICA) menyampaikan rasa terima kasihnya pada Indonesia yang selalu siap sedia di kala Palestina mengalami kesulitan.

Tak lupa, ia juga menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas gempa-tsunami yang menerjang Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya.

"PICA adalah badan internasional dari Palestina yang ditugaskan untuk menyampaikan bantuan dari Presiden Mahmoud Abbas," ujar Imad Al Zuhairi, selaku Direktur PICA.

"Semula, kami bersama tim ingin langsung berangkat ke Palu guna menyampaikan bantuan. Tetapi, mengingat lokasi yang sulit di akses akibat bencana mengharuskan kami untuk memberikannya kepada pihak pemerintah," tambahnya.

"Nantinya, setelah kondisi sudah kondusif barulah kami akan berangkat ke Palu untuk membantu proses pembangunan kembali."

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Bantuan

Bantuan yang diberikan oleh Palestina kepada korban gempa-tsunami di Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya berupa barang-barang primer atau yang dibutuhkan para korban.

"Bantuan ini berupa makanan, minuman, obat-obatan, air, genset, tenda hingga keperluan bayi," jelas Imad Al Zuhairi.

Saat ditanya soal total bantuan, Direktur PICA tidak menyebutkan secara gamblang. Menurutnya, Palestina akan terus membantu sesuai dengan kemampuan mereka.

Jumlah bantuan ini telah tiba di Jakarta dan telah diberikan kepada pemerintah RI yang akan membawa bantuannya menuju lokasi.

Ada sekitar 20 mobil box berisi bantuan-bantuan yang telah disebutkan. Imad Al Zuhairi menegaskan jika bantuan ini akan segera didistribusikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini