Donald Trump Siapkan 4 Lokasi Pertemuan Terbaru dengan Kim Jong-un

Oleh Liputan6.com pada 11 Okt 2018, 11:04 WIB
Jabat Tangan Perdana Trump dan Kim Jong-un

Liputan6.com, Washington DC - Donald Trump mengatakan pada Selasa, 9 Oktober 2018, rencana bagi pertemuan berikutnya dengan Kim Jong-un sudah mencapai kemajuan.

Presiden ke-45 Amerika Serikat itu menyebut ada tiga atau empat lokasi yang sedang dipertimbangkan sebagai lokasi pertemuan terbaru antara dirinya dan pemimpin Korea Utara tersebut, kantor berita AFP melaporkan.

Namun, Donald Trump mengisyaratkan bahwa pertemuannya dan Kim Jong-un mungkin tidak akan digelar di Singapura, tempat pertemuan pertama antara kedua pemimpin terkait.

Menurut Trump, KTT kedua kemungkinan diadakan setelah pemilihan sela di Amerika pada 6 November nanti.

Tatap muka selanjutnya akan dibicarakanmengenai penghentian program nuklir Korea Utara dan perselisihan antara Washington dan Pyongyang. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (11/10/2018).

Trump bicara tentang kemajuan luar biasa, memuji tidak adanya uji coba misil atau nuklir tahun ini, serta belum lama ini, pemulangan kerangka jenazah anggota militer Amerika yang tewas dalam perang Korea.

Seterusnya, Donald Trump mengatakan, "Kami mempunyai hubungan sangat baik dengan Pemimpin Kim, itu yang sangat penting. Saya suka padanya, dan ia suka pada saya, hubungan baik."

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 of 2

Terima Surat Terbaru dari Kim Jong-un

Jabat Tangan Perdana Trump dan Kim Jong-un
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggapai tangan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un untuk bersalaman dalam pertemuan bersejarah di resor Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). (AP Photo / Evan Vucci)

Sementara itu, Trump mengatakan bahwa dirinya mengharapkan pertemuan kedua dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un "segera", tanpa menyebut rincian waktu dan tempat.

Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pekan ini 26 September 2018, Trump mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo akan membuat pengaturan untuk pertemuan kedua dengan Kim "dalam waktu dekat".

"Kim Jong-un benar-benar sangat terbuka dan hebat, terus terang. Saya pikir, dia ingin melihat sesuatu terjadi," tambah Donald Trump.

Mike Pompeo juga mengafirmasi hal tersebut dalam unggahannya di Twitter, usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho pada sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Dalam unggahan tersebut, Pompeo menjelaskan bahwa dirinya diundang oleh Korea Utara untuk pertemuan keempat dengan Kim Jong-un di Pyongyang.

Kesempatan itu, kata Pompeo, akan dimanfaatkan untuk membicarakan kelanjutan KTT Trump-Kim di Singapra pada Juni 2018, denuklirisasi, dan rencana tatap muka jilid dua antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya telah menerima surat pribadi 'terbaru' dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Hal itu ia utarakan saat konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe usai keduanya melaksanakan pertemuan bilateral di sela Sidang Majelis Umum PBB di New York pekan ini, 26 September 2018.

Mendeskripsikan surat terbaru dari Kim Jong-un, Trump menyebutnya sebagai "karya seni yang indah".

Lanjutkan Membaca ↓