Sukses

Tak Perlu ke Salon Mahal, Ini 5 Tips Agar Rambut Indah Memesona

Ucapkan 'selamat tinggal' pada perawatan rambut mahal di salon, berikut penggantinya. Efektifkah?

Liputan6.com, London - Topik mengenai perawatan rambut selalu populer dan umum dibahas di lingkungan kaum Hawa, karena menurut penelitian yang berbeda, rambut yang indah dianggap sebagai salah satu tanda utama kecantikan dan kesehatan wanita.

Namun, jika seorang perempuan ingin memiliki rambut cantik nan kuat, bukan berarti dia harus menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk perawatan di salon.

Ada sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan oleh para wanita di rumah, hanya dengan memanfaakan bahan-bahan alami di dapur. Dengan demikian, memiliki rambut indah bak mahkota pun bukan lagi isapan jempol semata.

Berikut 5 tips di antaranya, seperti dikutip dari Bright Side, Senin (8/10/2018).

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sabun, Pelembab Bibir dan Gelatin untuk Atasi Rambut Keriting

Banyak wanita beranggapan bahwa merawat rambut keriting adalah hal yang penuh tantangan. Ada cara sederhana untuk mengatasinya, yakni dengan bantuan pelembab bibir.

Pelembab bibir berfungsi seperti wax rambut dan membantu untuk mengatasi rambut yang sulit disisir.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu dan Anda menginginkan solusi yang lebih kompleks untuk masalah ini, Anda dapat membuat masker gelatin yang dapat melaminasi rambut.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Bubuk gelatin

2. Pelembab rambut

3. Air mineral

4. Kuning telur (opsional)

Caranya: campurkan 1 sendok makan (sdm) bubuk gelatin dan 3 sdm air mineral. Pastikan semua gelatin larut. Lalu, tambahkan sedikit pelembab rambut. Agar rambut menjadi lebih kuat, Anda bisa menambahkan satu kuning telur.

Kocok rata dan dan oleskan di rambut Anda, beberapa inci dari kulit. Kemudian, pasang penutup rambut (hair cap) dan lapisi dengan handuk, diamkan selama 40 menit. Setelah itu, bilas. Masker ini disebut bisa membuat rambut Anda berkilau dan halus.

3 dari 6 halaman

2. Pilih Jenis Sisir yang Tepat

Kesehatan rambut bergantung pada manipulasi mekanis yang Anda lakukan terhadapnya. Jadi, memilih sisir rambut yang tepat dan menggunakannya dengan benar sangat penting, jika Anda menginginkan rambut yang sehat.

Saat rambut Anda kering, para ahli merekomendasikan menggunakan sisir pemijat. Selain menyikat rambut dengan baik, sisir seperti itu juga bisa memijat kepala, sehingga sangat berguna untuk folikel rambut.

Selain itu, sisir ini juga mampu menyebarkan sebum yang dihasilkan oleh kulit dan membuat rambut berkilau.

Sedangkan rambut basah tidak boleh disikat sama sekali, sebab sangat rentan terhadap kerusakan.

Sebenarnya, Anda bisa saja menyisir rambut setelah keramas, hanya saja kondisi rambut harus setengah kering.

Sisir yang digunakan pun tidak sembarangan. Pakailah sisir yang bergigi lebar untuk menghindari rambut kusut.

4 dari 6 halaman

3. Masker Kuning Telur untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rambut terdiri dari protein dan asam amino. Dua unsur ini terkandung dalam sebutir telur mentah.

Kuning telur dipercaya berkhasiat untuk menguatkan dan melembutkan rambut, mencegah rambut bercabang dan merangsang pertumbuhan rambut.

Bahan:

1. 2 sdm minyak jarak

2. 1 kuning telur

3. 1 sdm madu organik

Caranya: Campur seluruh bahan dan oleskan segera ke rambut Anda. Pijat akar rambut dengan hati-hati. Kemudian, bungkus kepala Anda dengan plastik atau gunakan hair cap. Biarkan selama beberapa jam atau hingga rambut terasa kaku. Setelah itu, cuci rambut Anda dengan sampo biasa dan tambahkan kondisioner. Ulangi prosedur ini 2 kali seminggu dan lihat hasilnya.

5 dari 6 halaman

4. Membuat Sendiri Sampo Kering

Sampo kering digunakan untuk membersihkan rambut tanpa menggunakan air. Terlepas dari fakta bahwa sampo tersebut biasanya terbuat dari banyak elemen yang berbeda dan sulit didapat, sebenarnya sangat mudah untuk membuat sampo ini di rumah.

Bahan yang diperlukan:

1. 2 sdm tepung maizena

2. 2 sdm bubuk kakao (untuk rambut gelap)

3. 5-6 tetes minyak esensial pilihan Anda (opsional)

4. Sikat rias yang lebar

Caranya: Campur semua bahan dalam mangkuk, kemudian masukkan campuran ini ke dalam sebuah botol (botol apa saja). Sebelum digunakan, Anda harus mengocok botol terlebh dahulu agar adonan benar-benar menyatu. Jika Anda ingin menggunakan kuas, Anda harus meletakkan sedikit bubuk tersebut pada akar rambut, tunggu hingga ia menyerap sempurna. Lalu sisir rambut secara menyeluruh (gunakan sisir pemijat).

6 dari 6 halaman

5. Menyingkirkan Ketombe

Aspirin dikenal karena kemampuannya untuk menghilangkan rasa sakit dari luka ringan. Selain itu, aspirin juga diyakini sebagai bahan yang efektif dalam banyak resep kecantikan.

Salah satu kegunaannya menyangkut kesehatan rambut, khususnya kulit kepala. Ternyata, aspirin dapat digunakan untuk melawan ketombe.

Apa yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan beberapa pil aspirin, mencampurnya dengan sampo biasa dan menerapkannya ke kulit kepala. Biarkan campuran ini selama beberapa menit.

Selanjutnya, pijat campuran aspirin dan air hangat yang diguyur sedikit ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 10 menit, bilas. Keringkan rambut dengan handuk.

Aspirin mengandung asam salisilat yang digunakan dalam banyak sampo anti-ketombe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.