Sukses

Geger Benda Misterius di Pantai AS, Sampah Antariksa atau Serpihan UFO?

Benda misterius muncul di pantai South Carolina, AS pekan ini. Orang-orang menyebutnya sampah antariksa atau serpihan UFO, benarkah?

Liputan6.com, Seabrook - Sebuah benda misterius muncul di pesisir Pulau Seabrook, Negara Bagian South Carolina Amerika Serikat pada Kamis 5 Oktober 2018, dan pihak berwenang belum bisa mengidentifikasi apa yang disebut oleh sebagian orang sebagai sampah antariksa atau bahkan, serpihan UFO.

The Lowcountry Marine Mammal Network adalah yang pertama kali menemukan keberadaan benda misterius itu. Organisasi tersebut kemudian memposting foto temuan mereka ke Facebook, dengan memberi keterangan bertuliskan "objek misterius yang hanyut ke daratan".

Objek itu berdiameter cukup besar dan berbentuk silinder, dengan tinggi yang melebihi rata-rata manusia dewasa, demikian seperti dikutip dari The Charlotte Observer (7/10/2018).

Pada foto tersebut terlihat objek yang seperti terbuat dari beton, tetapi para petugas The Lowcountry Marine Mammal Network mengatakan bahwa tampilan benda itu menipu.

"Sentuh saja dan benda itu terasa seperti busa lembut," kata pihak The Lowcountry Marine Mammal Network, yang menambahkan bahwa objek itu kemudian dengan cepat dibawa pergi oleh otoritas AS.

The Lowcountry Marine Mammal Network meminta bantuan organisasi lain, seperti Kiawah Conservancy, dan para netizen dalam mengidentifikasi objek itu. Dan, berbagai orang telah berspekulasi dengan memberikan jawaban seperti: "bagian-bagian dari pesawat alien atau UFO" hingga "bekas selongsong amunisi rudal pemerintah yang tersapu dari Samudra Atlantik."

"Saya melihatnya pagi ini," kata Jennifer Passantino di halaman Facebook Kiawah Conservancy. "Saya berasumsi itu pelampung, tetapi bisa juga serpihan pesawat alien angkasa luar."

Asumsi yang paling populer adalah bahwa objek tersebut adalah bagian dari roket NASA, pesawat ulang-alik atau "kapsul re-entry" --yang digunakan oleh astronot International Space Station (ISS) untuk kembali ke Bumi

"Tampak seperti bagian dari pesawat ulang-alik Challenger yang meledak sekitar tiga puluh tahun yang lalu. Atau terlihat seperti ujung roket bagi saya," tulis Jim Elrod di halaman Facebook The Lowcountry Marine Mammal Network.

Pesawat ulang-alik Challenger melakukan misi terbang terakhirnya pada 28 Januari 1986 --hingga akhirnya dipensiunkan oleh Badan Antariksa AS (NASA).

"Cobalah untuk membakar sampelnya untuk melihat apakah itu meleleh."

Sementara itu, netizen lain mengatakan, "Anda mungkin bisa segera menghubungi NASA," ujar Barry Dearborn di posting Facebook. "Ini bisa menjadi bagian dari tangki bahan bakar pesawat ulang-alik Challenger."

Namun, Todd Mason tidak setuju, mencatat bagian mana pun dari pesawat ulang-alik Challenger, "telah lama berada di dalam laut" --mengingat terakhir kali pesawat itu melakukan misi terbang, yakni pada tahun 1986 atau 32 tahun yang lalu.

"Sedangkan benda ini baru saja muncul," kata Mason.

Pada Juni 2018, The Charlotte Observer melaporkan penemuan objek misterius serupa --terbuat dari logam-- yang mendarat di tepi pantai di Corolla, Negara Bagian North Carolina, usai tersapu dari Atlantik. Fungsi dan asal-usul benda misterius itu, yang juga diduga sebagai serpihan UFO oleh warganet, belum pernah diungkap ke publik sejak diamankan oleh otoritas AS.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Google Earth Tangkap Penampakan Aneh di Argentina, UFO?

Di kabar lain, pemercaya UFO terkejut ketika mendapati sebuah benda aneh melayang di langit Argentina, sementara ahli teori konspirasi menganggapnya sebagai bukti kuat kehidupan dari luar Bumi alias alien.

Benda asing yang diklaim berbentuk silinder itu terdeteksi terbang di atas Provinsi Neuquen dan tampak mengambang di atas truk yang melaju di jalan utama. Demikian seperti diberitakan oleh IBT, Selasa 26 Juni 2018.

Gambar objek tersebut ditangkap oleh seorang wanita bernama Sandra Elena Andrade. Dia mengaku bahwa ini adalah bukti tak terbantahkan kalau UFO sedang mengunjungi Bumi. Meskipun foto tersebut pertama kali diketahui dua tahun lalu, tapi kini isu itu kembali populer karena saluran salah satu situs berbagi video populer "Now You Know" membagikan klipnya.

Menurut keterangan pengunggahnya, bentuk objek aneh tersebut tidak menyerupai pesawat jenis apa pun. Dimensinya juga menunjukkan bahwa itu bukan burung.

Ketika video tersebut menjadi viral, warganet dengan cepat berspekulasi tentang apa yang terjadi. Seperti mereka yang meyakini UFO.

"Tidak mampu berkata apa-apa tentang benda itu, itu pasti UFO yang sesungguhnya. Tidak terlihat bohongan," komentar Ruben Salcido, seorang pengguna situs berbagi video.

Namun, warganet yang skeptis berpendapat bahwa objek tersebut mungkin adalah droneberbentuk piring.

"Saya benar-benar lelah dengan berita hoaks soal UFO. Ini adalah drone yang dirancang ulang berbentuk cakram bundar agar terlihat mirip UFO," komentar Uday Kulkarni, pengguna lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.