Sukses

Tak Ingin Ngantuk Usai Sarapan? Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang bisa buat Anda mengantuk, meski baru saja bangun tidur dan selesai sarapan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa lelah atau merasa mengantuk, padahal baru saja selesai bangun tidur dan selesai sarapan. Jika ya, apa penyebabnya?

Ternyata, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang Anda konsumsi saat sarapan.

Karena sebenarnya beberapa makanan tersebut mengandung zat-zat yang dapat membuat Anda mengantuk, sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi di pagi hari. Apa saja makanan-makan tersebut?

Seperti dikutip dari laman eatthis.com, Sabtu (6/10/2018), berikut 5 makanan dan minuman saat sarapan yang harus dihindari apabila tidak ingin jadi ngantuk:

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Greek Yoghurt

Yoghurt Yunani atau Greek youghurt adalah makanan sehat yang baik untuk membersihkan saluran pencernaan Anda.

Namun, Greek youghurt yang terlalu banyak dicampurkan dengan sirup atau pemanis akan menyebabkan rasa kantuk. Apalagi, makanan ini biasa dikonsumsi saat sarapan.

Maka, tak heran jika habis sarapan kalian akan merasa ngantuk dan malas untuk beraktivitas.

 

3 dari 6 halaman

2. Pancake

Tumpukan pancake yang lembut mungkin menjadi hal yang paling dinanti saat pagi hari. Tetapi jika Anda makan terlalu banyak, itu akan membuat Anda ingin kembali ke tempat tidur.

Alasannya: pancake dibuat dari bahan dasar 100 persen karbohidrat dan tidak mengandung serat atau protein apa pun. 

 

4 dari 6 halaman

3. Jus Jeruk

Mulanya Anda akan berpikir jika tubuh akan mendapat hal yang baik apabila menenggak jus jeruk di pagi hari. Jus jeruk yang diambil dari buahnya langsung mungkin akan baik.

Namun, apabila jus jeruk itu berasal dari limun atau sirup, maka itu semua tak akan terjadi. Jus jeruk kebanyakan mengandung sirup jagung, gula dan pewarna buatan. Terlebih jus jeruk mengandung banyak fruktosa.

Oleh karenanya beralihlah ke air mineral dan makan buah asli.

5 dari 6 halaman

4. Muffins

Muffins juga tergolong sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Terlebih, muffins juga ditambahkan dengan gula, susu hingga potongan buah yang sangat manis.

Tak hanya gula dan susu, adapula muffins yang ditambah dengan cokelat. Tentunya hidangan manis ini sangat lezat untuk dikonsumsi di pagi hari.

Namun, Anda harus waspada. Memakan muffins dalam jumlah banyak dan membuat kekenyangan maka akan menganggu aktivitas. Jika kenyang ini akan membuat Anda malas berkerja dan lainnya karena kantuk menyerang.

 

6 dari 6 halaman

5. Sereal

Makanan yang satu ini sangat sering ditemui saat waktu sarapan tiba. Diolah dari gandum dan ditambah dengan siraman susu sehingga rasanya sangat enak.

Sama seperti makanan sebelumnya, sereal yang kebanyakan di jual tidak semuanya berasal dari olahan gandum. Kebanyakan dibuat dengan campuran sirup dan gula.

Apalagi sereal yang kemudian dicampur dengan susu akan menambah banyak karbohidrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.