Tak Ingin Ngantuk Usai Sarapan? Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 06 Okt 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 08 Okt 2018, 19:13 WIB
Ilustrasi sereal (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa lelah atau merasa mengantuk, padahal baru saja selesai bangun tidur dan selesai sarapan. Jika ya, apa penyebabnya?

Ternyata, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang Anda konsumsi saat sarapan.

Karena sebenarnya beberapa makanan tersebut mengandung zat-zat yang dapat membuat Anda mengantuk, sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi di pagi hari. Apa saja makanan-makan tersebut?

Seperti dikutip dari laman eatthis.com, Sabtu (6/10/2018), berikut 5 makanan dan minuman saat sarapan yang harus dihindari apabila tidak ingin jadi ngantuk:

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Greek Yoghurt

Yogurt
Ilustrasi yogurt Yunani (iStockphoto)

Yoghurt Yunani atau Greek youghurt adalah makanan sehat yang baik untuk membersihkan saluran pencernaan Anda.

Namun, Greek youghurt yang terlalu banyak dicampurkan dengan sirup atau pemanis akan menyebabkan rasa kantuk. Apalagi, makanan ini biasa dikonsumsi saat sarapan.

Maka, tak heran jika habis sarapan kalian akan merasa ngantuk dan malas untuk beraktivitas.

 

3 of 6

2. Pancake

5. Blodplattar - Swedia
Blodplattar adalah sejenis pancake Swedia yang terbuat dari darah babi (Sumber foto: istimewa)

Tumpukan pancake yang lembut mungkin menjadi hal yang paling dinanti saat pagi hari. Tetapi jika Anda makan terlalu banyak, itu akan membuat Anda ingin kembali ke tempat tidur.

Alasannya: pancake dibuat dari bahan dasar 100 persen karbohidrat dan tidak mengandung serat atau protein apa pun. 

 

4 of 6

3. Jus Jeruk

Tiap Pagi Minum Jus Jeruk Berisiko Sakit Jantung
Jus jeruk | Via: istimewa

Mulanya Anda akan berpikir jika tubuh akan mendapat hal yang baik apabila menenggak jus jeruk di pagi hari. Jus jeruk yang diambil dari buahnya langsung mungkin akan baik.

Namun, apabila jus jeruk itu berasal dari limun atau sirup, maka itu semua tak akan terjadi. Jus jeruk kebanyakan mengandung sirup jagung, gula dan pewarna buatan. Terlebih jus jeruk mengandung banyak fruktosa.

Oleh karenanya beralihlah ke air mineral dan makan buah asli.

5 of 6

4. Muffins

Cupcake Edisi Pangeran Harry-Meghan Markle
Cupcakes edisi khusus untuk menghormati pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Hummingbird Bakery, London, 11 Mei 2018. Pernikahan Harry dan Meghan akan digelar 19 Mei mendatang di Kapel St. George, Istana Windsor. (AFP/Tolga AKMEN)

Muffins juga tergolong sebagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Terlebih, muffins juga ditambahkan dengan gula, susu hingga potongan buah yang sangat manis.

Tak hanya gula dan susu, adapula muffins yang ditambah dengan cokelat. Tentunya hidangan manis ini sangat lezat untuk dikonsumsi di pagi hari.

Namun, Anda harus waspada. Memakan muffins dalam jumlah banyak dan membuat kekenyangan maka akan menganggu aktivitas. Jika kenyang ini akan membuat Anda malas berkerja dan lainnya karena kantuk menyerang.

 

6 of 6

5. Sereal

Ilustrasi Sarapan, Oat, Apel, Oatmeal (iStockphoto)
Apa Menu Sarapan Favoritmu? Buat Kamu yang Ingin Langsing, Sebaiknya Perbanyak Konsumsi Oat Ketimbang Apel (Ilustrasi/iStockphoto)

Makanan yang satu ini sangat sering ditemui saat waktu sarapan tiba. Diolah dari gandum dan ditambah dengan siraman susu sehingga rasanya sangat enak.

Sama seperti makanan sebelumnya, sereal yang kebanyakan di jual tidak semuanya berasal dari olahan gandum. Kebanyakan dibuat dengan campuran sirup dan gula.

Apalagi sereal yang kemudian dicampur dengan susu akan menambah banyak karbohidrat.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait