Sukses

Markas Dephan AS Dikirimi Bingkisan Misterius Berisi Racun Risin, Teror?

Risin adalah protein beracun yang terkandung pada pohon jarak (Ricinus communis). Ini dapat menyebabkan sakit serius hingga kematian jika manusia menyentuhnya.

Liputan6.com, Washington DC - Dua paket berisi racun risin berhasil digagalkan masuk ke area Pentagon, demikian seperti dikabarkan oleh The Independent yang dikutip Rabu 3 Oktober 2018.

Keberadaan bingkisan misterius itu telah dikonfirmasi oleh pejabat Departemen Pertahanan, yang mengindikasikan bahwa isi paket-paket tersebut diketahui ketika melewati mesin pemindai yang berada di pintu masuk Pentagon. FBI pun dilibatkan untuk memimpin jalannya penyelidikan terkait kasus ini.

Menurut keterangan dari Direktur Urusan Pers Departemen Pertahanan AS, Rob Manning, pelaku pengiriman mengincar Menteri Pertahanan James Mattis dan Kepala Operasi Angkatan Laut, Admiral John Richardson.

"Pada hari Senin, Badan Perlindungan Angkatan Bersenjata Pentagon (Pentagon Force Protection Agency) mendeteksi zat mencurigakan ketika memeriksa surat yang masuk di fasilitas pemeriksaan," kata Manning dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada media di Pentagon.

"Amplop itu diambil oleh FBI pagi ini untuk analisia lebih lanjut. Semua... surat yang diterima di fasilitas pemeriksaan surat di Pentagon kemarin, saat ini sedang dikarantina dan tidak mengancam orang-orang di Pentagon," imbuhnya.

Pihak FBI kemudian merespons temuan tersebut.

"Pada hari Selasa, 2 Oktober 2018, kami berkoordinasi dengan Badan Perlindungan Angkatan Bersenjata Pentagon, Agen Khusus FBI mengambil dua amplop mencurigakan yang telah disortir tersebut," kata FBI kepada awak media.

"Amplop-amplop itu saat ini sedang diproses dan dilakukan pengujian lebih lanjut. Karena kasus ini sedang diselidiki, maka kami tidak akan berkomentar apapun". 

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Terhadap Kantor Senator Texas

Ketika Washington, DC, tengah bekerja untuk menentukan asal-usul serangan risin tersebut, ada kabar yang menyebut bahwa dua orang dirawat di rumah sakit setelah terkena bubuk beracun, yang dimasukkan ke dalam surat dan dikirim ke kantor kampanye Senator Texas, Ted Cruz, yang berada di Houston.

Departemen Pemadam Kebakaran Houston menanggapi insiden itu, dan pejabat mengatakan bahwa lantai 9 gedung itu dievakuasi selama penyelidikan. Dua orang yang dirawat di rumah sakit, menurut departemen pemadam kebakaran, bukanlah staf Cruz.

"Dua orang dilarikan ke rumah sakit setelah terpapar zat bubuk putih di kantor, yang diduga risin," tulis Departemen Pemadam Kebakaran Houston melalui Twitter.

Kendati demikian, belum diputuskan apakah bubuk tersebut --yang dikirimkan ke kantor kampanye Cruz-- memiliki hubungan dengan surat yang berisi risin ke Pentagon.

Risin bisa menjadi benda yang mematikan ketika dimurnikan menjadi bubuk. Zat ini umumnya didapatkan dari biji jarak dan merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia dan paling mudah dibuat.

Risin dapat menyebabkan mual, perdarahan internal lambung atau usus, hingga muntah parah jika tertelan. Senyawa tersebut kemudian menyebabkan gagal hati, limpa, dan ginjal, sebelum kematian melalui melemahya sistem peredaran darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.