Sukses

Masa Kecil hingga Wafat, Ini 11 Rahasia Putri Diana yang Belum Terkuak ke Publik

Berikut 11 hal tentang kehidupan Putri Diana yang belum pernah terekspos publik.

Liputan6.com, London - Putri Diana dikenal sebagai seorang pelopor, aktivis, ikon mode dan salah satu orang paling berpengaruh di Abad ke-20. Meskipun kehidupannya kerap tersorot media dan berada di bawah pengawasan kerajaan Inggris, namun masih banyak hal yang belum diketahui publik tentangnya.

Seperti misal kehidupan pribadinya ketika masih kanak-kanak hingga hubungan darah antara dirinya dan Pangeran Charles, sang suami. Di samping itu, Putri Diana juga punya kisah kelabu terkait keluarga besarnya.

Berikut 11 kisah tentang Putri Diana, atau dikenal sebagai Lady Di, yang belum pernah terekspos media massa. Sebagaimana dilansir dari harpersbazaar.com, Selasa (2/10/2018). 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Anak Keempat dari Lima Bersaudara

Putri Diana adalah anak keempat dari lima bersaudara. Dia memiliki dua kakak perempuan, Sarah (sekarang Lady Sarah McCorquodale) dan Jane (sekarang Lady Jane Fellowes), serta adik laki-laki Charles Spencer (sekarang Earl Spencer).

Sedangkan adik lelakinya yang lain, John Spencer, meninggal beberapa jam setelah dilahirkan pada Januari 1960 --satu setengah tahun sebelum Diana lahir.

3 dari 12 halaman

2. Orangtuanya Bercerai Ketika Diana Berusia 7 Tahun

Orangtua Diana, Frances Shand Kydd dan Edward John Spencer (Earl Spencer 8) bercerai ketika Diana berumur 7 tahun. Hubungan Frances dan Edward sangat rumit.

Alasan keduanya bercerai adalah rumah tangga mereka diwarnai dengan "kecurangan" dan kekerasan fisik.

4 dari 12 halaman

3. Neneknya Bekerja Sebagai Lady-in-Waiting Ibu Suri

Ibu dari Frances (neneknya Diana), "Ruth Sylvia Roche, Baroness Fermoy", adalah lady-in-waiting (seorang wanita yang ditunjuk untuk melayani seorang ratu atau putri) Ratu Elizabeth, Ibu Suri. Itu artinya, dia bekerja sebagai asisten pribadi dan pendamping Sang Ratu.

Ruth adalah teman dekat Ratu dan mengorganisir banyak kegiatannya.

 

 

5 dari 12 halaman

4. Terlalu Tinggi Jadi balerina

Diana belajar balet dan ingin menjadi penari profesional, tetapi tubuhnya terlalu tinggi. Guru balet Diana, Anne Allan, menceritakan tentang waktunya bersama sang putri pada tahun 2017.

Anne mengatakan, "Dia menari sepenuh jiwa. Saya menyadari adanaya ketulusan dalam gerakannya. Dia mencintai kebebasan agar bisa menari... Saya bisa melihatnya, menari membantu meringankan emosionalnya."

6 dari 12 halaman

5. Punya Gelar

Diana menjadi Lady Diana Spencer pada tahun 1975, setelah ayahnya mewarisi gelar Earl Spencer. "Lady Di" menjadi nama panggilannya, bahkan setelah dia mendapat gelar Putri Wales, usai menikahi Pangeran Charles.

7 dari 12 halaman

6. Putus Sekolah

Diana melakoni homeschooling sampai dia berusia sembilan tahun dan kemudian tinggal di asrama wanita setelahnya. Dia gagal menempuh ujian level 0-nya sebanyak dua kali dan putus sekolah saat berumur 16 tahun.

Dia akhirnya bersekolah di Swiss, hanya selama satu semester sebelum dia bertemu Pangeran Charles.

8 dari 12 halaman

7. Bekerja Sebagi Pengasuh Anak dan Guru

Sebelum bertemu dengan Pangeran Charles dan menjadi seorang Putri, Diana bekerja sampingan, termasuk menjadi pengasuh anak dan guru sekolah. Ia hanya dibayar US$ 5 atau sekitar Rp 75 ribu per jam untuk menjaga anak-anak, mencuci pakaian, dan bersih-bersih.

Dia juga bekerja sebagai guru taman kanak-kanak paruh waktu di Pimlico, London.

9 dari 12 halaman

8. Pangeran Charles Adalah Sepupu Jauhnya

Diana dan Charles sebenarnya saudara jauh. Mereka adalah keturunan ke-16 dari Tudor King Henry VII.

Tak hanya Diana, putra pertamanya --Pangeran William-- juga memiliki hubungan saudara jauh dengan istrinya, Kate Middleton. Mereka adalah sepupu keturunan ke-12 dari Sir Thomas Leighton.

Leighton adalah kakek dari generasi ke-12 Pangeran William, dan Kate ke-11.

10 dari 12 halaman

9. Orang Pertama yang Melahirkan di Rumah Sakit

Diana adalah wanita keluarga kerajaan pertama yang melahirkan di rumah sakit. Ini bukanlah tradisi turun temurun yang berlaku di lingkungan keluarga kerajaan.

11 dari 12 halaman

10. Selalu Menuliskan Surat Ucapan

Diana kerap menuliskan kartu ucapan terima kasih kepada siapa pun yang memberinya hadiah. Dia dilaporkan menuliskannya kepada ribuan orang yang membawa hadiah untuk kelahiran Pangeran William.

Saat ini, beberapa surat tulisan tangannya telah dilelang mulai dari US$ 2.000 (Rp 30 juta) hingga US$ 20.000 (Rp 300 juta), tergantung pada konten dan keunikan catatannya.

12 dari 12 halaman

11. ABBA Adalah Band Kesukaannya

Diana dikenal sebagai penggemar berat band beraliran pop asal Swedia: ABBA.

Ada cerita unik di balik keluarga William terkait grup musik favorit Diana. Kate Middleton dan Pangeran William menghormati Lady Di dengan memainkan beberapa lagu milik ABBA di pesta pernikahan mereka pada tahun 2011.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.