Sukses

4 Bahan Sederhana di Rumah yang Efektif Mengusir Nyamuk, Tertarik Coba?

Berikut 4 bahan sederhana di rumah yang bisa usir nyamuk.

Liputan6.com, Jakarta - Datangnya diam-diam lalu hinggap di bagian tubuh kita. Tak lama ia menggigit meninggalkan rasa sakit, gatal dan juga bentol. Itulah ulah nyamuk yang kerap membuat kita jengkel.

Naluri untuk menggaruk karena rasa gatal tidak bisa tertahankan. Setelah digaruk, bukannya sembuh, malah bentolnya semakin besar dan melebar.

Bagi Anda yang mengalami hal semacam ini jangan khawatir. Tak perlu membeli benda dan obat mahal untuk mengusir nyamuk.

Gunakan saja sejumlah bahan-bahan sederhana yang ada di rumah Anda untuk menghindari kehadiran dan gigitan nyamuk.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (1/10/2018), berikut 4 bahan sederhana di rumah yang bisa usir nyamuk:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tumbuhan Alami

Bahan kimia bukanlah satu-satunya hal yang dapat mencegah datangnya nyamuk dan serangga lain. Ada tumbuhan dan herbal alami yang mampu mengusir nyamuk.

Selain mampu mengusir nyamuk, sejumlah tanaman ini akan terlihat cantik jika Anda menaruh atau menanamnya di halaman rumah.

Lalu, tanaman herbal apa saja yang bisa membantu Anda agar tidak digigit dan bebas dari nyamuk? Ada hal yang bisa dipilih sesuai selera mulai dari: horsemint, basil, rosemary, bawang putih, catnip, lavender, serai wijen, atau marigold.

3 dari 5 halaman

2. Cuka Sari Apel

Hal ini sangat mengagumkan. Cuka sari buah apel tidak hanya bermanfaat untuk masakan dan bumbu dapur, tetapi juga bisa mengusir serangga seperti nyamuk.

Jika selama ini Anda menggunakan semprotan anti nyamuk dari bahan kimia, kini Anda bisa menggantinya dengan cuka seri apel. Makan ruangan atau kamar tidur tidak akan didatangi oleh nyamuk.

4 dari 5 halaman

3. Air Sabun

Untuk membuat jebakan nyamuk, Anda tak perlu mahal-mahal membeli alat elektronik yang super canggih. Rupanya ada cara tradisional yang bisa Anda gunakan untuk membuat jebakan itu.

Letakkan saja piring atau mangkok berisi air sabun di ruangan rumah Anda. Tunggu berapa lama, maka nyamuk akan tertangkap di jebakan itu.

5 dari 5 halaman

4. Bawang Putih

Menurut beberapa penelitian, makan bawang putih membantu mengusir nyamuk. Ini adalah kabar baik bagi pecinta bawang putih, tetapi jika Anda benar-benar membencinya, tidak perlu memakannya dalam jumlah yang sangat banyak.

Rebus dan semprotkan campuran di tempat-tempat di mana nyamuk berkumpul. Seperti di bawah meja dan kursi, maka nyamuk akan pergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.