Sukses

Kesaksian Warga Singapura Saat Gempa Palu: Saya Berguling-guling

Seorang warga Singapura memberikan kesaksian saat gempa dahsyat yang melanda Palu pada Jumat, 28 September 2018.

Liputan6.com, Singapura - Seorang warga Singapura, yang pekan lalu tengah dalam perjalanan untuk mengikuti perhelatan paralayang di Sulawesi, Indonesia, menemukan dirinya terperangkap di tengah-tengah gempa dahsyat yang melanda Palu pada hari Jumat, 28 September 2018.

Ng Kok Choong, pensiunan berusia 53 tahun yang berada di Palu untuk ambil bagian dalam kompetisi paralayang, baru saja meninggalkan Hotel Mercure tempat dia menginap ketika "bumi tiba-tiba bergetar sangat keras," demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (1/10/2018).

"Saya langsung jatuh ke tanah dan saya bahkan tidak bisa duduk untuk menstabilkan diri saya. Saya berguling-guling dan saya bisa melihat kereta kuda juga jatuh ke tanah," kata Ng, sambil menggambarkan saat-saat awal gempa, yang kini telah menyebabkan setidaknya 832 orang tewas.

"Saya melihat hotel berguncang seperti jeli, ada debu di sekelilingnya dan saat itu terjadi, hotel itu runtuh," ucap Ng yang bersama temannya, Francois, hanya berjarak 50 meter dari gedung Mercure Hotel ketika runtuh.

Tepat ketika Ng sadar bahwa gempa bumi telah terjadi, ia melihat laut dekat hotelnya menjadi beringas dan ombak mulai membara--menandakan tsunami.

Warga mengevakuasi kantong jenazah berisi jasad korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Untuk menghindari tsunami yang akan datang, kedua lelaki itu mencari tempat yang lebih tinggi dan akhirnya kembali pada apa yang tersisa dari Hotel Mercure. Saat itulah mereka bertemu dengan seorang gadis kecil dan ibunya terjebak di bawah puing-puing hotel.

"Mereka menangis dan kami berlari ke mereka dan mencoba untuk menarik mereka keluar. Kami berhasil menarik keluar gadis kecil itu, tetapi ibunya terjebak," kata Ng, sambil menambahkan bahwa dia bisa melihat tsunami dengan cepat mendekat.

"Teman saya membawa gadis itu pergi dan lari ke arah yang berlawanan dari tsunami. Dia berlari ke atas pohon dengan gadis itu dan ayahnya," katanya. "Sang ibu tidak bisa ditolong."

Pada saat itu, dia menggambarkan seluruh situasi sebagai "menakutkan dan berisik", dengan angin melolong, ombak menerjang masuk dan gedung-gedung berguncang.

Sebuah mobil yang membawa peti mati dari kerabat mereka melintas saat warga menjarah toko serba ada setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulteng, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Ng berhasil menemukan tempat yang lebih tinggi dan dia tinggal di sana sambil menunggu tsunami mereda--yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Setelah dia memastikan situasi aman, dia kembali ke tempat ibu gadis kecil itu berada. Dia mendengar dia memanggil bantuan dan berteriak kesakitan saat sepotong beton menghancurkan pahanya.

"Saya kembali dan tinggal bersamanya karena saya tidak bisa berbuat apa-apa untuknya dan saya pikir dia sedang sekarat. Saya hanya mencoba meyakinkannya dan menenangkannya," kata Ng.

"Aku mencoba memindahkan beton, tetapi tidak banyak bergerak. Dia terjebak di sana selama sekitar satu hingga dua jam sampai beberapa penduduk setempat datang untuk membantu. Entah bagaimana kami bisa mengangkat beton dan menariknya keluar."

Kemudian, Ng diarahkan ke pusat darurat yang didirikan oleh beberapa penduduk setempat, di mana dia bersatu kembali dengan Francois dan gadis kecil itu.

Warga Kota Palu yang beramai-ramai menjarah minimarket, mencari persediaan makanan, Minggu (30/9/2018). (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Pusat darurat itu memberi dia dan sekitar 40 korban lainnya air dan kasur untuk beristirahat.

"Beberapa orang menangis, tetapi umumnya tenang," katanya.

Penyelenggara acara paralayang kemudian berhasil menemukan Ng dan Francois, dan membawa mereka ke lapangan terbuka di mana mereka diperintahkan untuk tinggal sampai siang.

"Getaran bisa dirasakan sepanjang malam," kata Ng.

Ng menambahkan bahwa pada awalnya dia tidak dapat menghubungi keluarganya karena saluran telepon dan koneksinya terpengaruh setelah gempa-tsunami, tetapi begitu dia berhasil menghubungi istrinya, dia menginstruksikan istriya untuk menginformasikan kepada Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) terkait situasi yang ia alami.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berhasil Pulang

Keesokan harinya, Ng berusaha mencari paspornya dari reruntuhan Mercure Hotel.

"Sepanjang jalan, saya melihat bahwa jalan utama di sepanjang pantai rusak, gubuk darurat semua hanyut, bangunan runtuh dan ada puing-puing di mana-mana," katanya.

Dia naik ke lantai empat hotel yang rusak di tangga, menghancurkan jendela dengan palu dan berhasil menyelamatkan barang-barangnya, termasuk paspornya.

Dengan bantuan pengelola acara paralayang, evakuasi militer oleh angkatan udara Indonesia diatur di bandara domestik Palu.

Mereka yang menunggu evakuasi, termasuk Tn Ng, diantar ke sebuah pesawat militer sekitar jam 2 siang menuju ke Makassar, dan kemudian Jakarta.

"Bandara itu tidak terbuka untuk pesawat komersial karena menara kontrol telah runtuh," katanya.

Ketika Ng mencapai Jakarta, ia memesan penerbangan kembali ke Singapura. Dia tiba di Singapura pukul 12.30 malam pada hari Minggu.

"Saya senang bertemu dengan istri saya dan pulang ke rumah," katanya.

Setelah dia mendarat, dia mengetahui bahwa lima orang dari tim paralayangnya masih hilang.

"Ini benar-benar pengalaman yang mengejutkan. Saya menyadari tidak ada yang bisa mempersiapkan diri untuk gempa seperti ini," katanya sambil mengumpulkan pikirannya setelah kembali ke Singapura.

"Saya pikir Anda dapat mempelajari segala sesuatu tentang gempa bumi, tetapi saat itu tiba-tiba menyerang, kekuatannya sangat besar dan Anda bahkan tidak dapat lari ketika itu terjadi.

"Aku hanya beruntung bisa keluar dari hotel."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.