Sukses

Kumis hingga Kencing Sapi, 15 Minuman Ekstrem yang Konon Berkhasiat

Ada 15 minuman ekstrem dan unik di dunia yang keberadaannya benar-benar eksis, yang digunakan untuk obat tradisional.

Liputan6.com, Beijing - Di beberapa negara di dunia, ada minuman yang terbilang ekstrem, sebab bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya berasal dari perpaduan yang tak biasa. 

Contohnya di Asia, benua ini adalah tempat populer untuk perdagangan minuman keras tradisional, seperti anggur ular (snake wine). Minuman ini terbuat dari perpaduan anggur beras dan tubuh ular yang telah menjadi acar (ular dimasukkan ke dalam anggur dalam kondisi hidup-hidup dan terfermentasi secara alami).

Secara historis, snake wine adalah minuman beralkohol yang diproduksi dengan menginfuskan seluruh tubuh ular ke dalam anggur beras atau alkohol gandum. Minuman ini pertama kali tercatat telah dikonsumsi di China selama dinasti Zhou Barat (sekitar 1040–770 SM), serta dianggap sebagai kuratif (penyembuh penyakit) yang ampuh.

Di samping itu, minuman aneh tersebut dipercaya bisa menghidupkan kembali seseorang yang telah meninggal di Negeri Tirai Bambu. Selain di China, snake wine umumnya dapat dijumpai di China, India, Taiwan, Vietnam dan di seluruh negara-negara di Asia Tenggara.

Snake wine atau anggur ular di China. (Wikipedia/Creative Commons)

Ular yang digunakan untuk membuat minuman ini pun harus yang berbisa. Biasanya, ular tidak diawetkan agar dagingnya tetap memiliki "esensi" dan racunnya turut larut di dalam minuman keras. Bisa ular tidak menimbulkan ancaman bagi peminum, sebab bisa akan didenaturasi oleh etanol di dalam anggur dan asam lambung di dalam tubuh manusia.

Selain snake wine, ada pula Pepsi rasa yogurt, kencing kuda, jus bawang putih, hingga bir campuran susu yang termasuk dalam minuman aneh di dunia. Meski dianggap ekstrem, namun khasiat yang terkandung di dalamnya tidak membahayakan tubuh manusia.

Berikut uraiannya seperti dikutip dari Bright Side, Senin (24/9/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut in:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

1. Jagermeister Mayones

Apa yang Anda butuhkan untuk merasakan sensasi minuman ini adalah 30 gram (1 oz) Jagermeister dan sesendok mayones.

Menurut informasi yang beredar, Jägermeister disebutkan sebagai sejenis liqueur dengan kandungan alkohol 35% yang memiliki rasa herbal. Minuman ini dibuat menggunakan 56 sari tumbuh-tumbuhan.

Dari 56 sari tumbuhan yang dikandungnya, 50 diketahui sedangkan yang enam masih tetap dirahasiakan.

Jägermeister adalah produk utama dari Mast-Jägermeister AG yang berpusat di Wolfenbüttel, sebelah selatan Braunschweig, Jerman. Perusahaan ini didirikan pada 1878 oleh Wilhelm Mast.

Pada 1934, resep liqueur ini dikembangkan, dan pertama dijual sebagai obat untuk mengobati segala penyakit dari batuk sampai masalah pencernaan. Mulai tahun 1970-an, produk ini diekspor ke 60 negara. Di Amerika Serikat, produk ini dipromosikan oleh Sidney Frank dengan bantuan beberapa band genre heavy metal seperti Metallica dan Slayer.

3 dari 16 halaman

2. Prairie Oyster

Prairie Oyster terdiri dari satu kuning telur mentah, saus Worcestershire, jus tomat, cuka, saus pedas, garam dan lada hitam. Minuman ini disebut sebagai obat ampuh atasi mabuk (akibat alkohol).

Minuman ini juga telah muncul dalam banyak film layar lebar zaman dahulu, seperti The Man Who Wasn't There (2001), Thunderball (1961), Back to the Future Part III (1990) dan lain-lain.

4 dari 16 halaman

3. Bilk (Bir dan Susu)

Bilk menggabungkan dua bahan alami. Minuman fermentasi ini diproduksi oleh pabrik bir di Jepang, Abishiri, yang menjualnya dalam botol bir.

Berdasarkan beberapa deskripsi, Bilk memiliki rasa buah-buahan. Minuman ini teruji klinis mampu menghangatkan badan dan menambah stamina di Musim Dingin.

5 dari 16 halaman

4. Mamma Mia Pizza Beer

Mamma Mia Pizza Beer benar-benar dibuat dari piza. Minuman ini pertama kali diproduksi pada tahun 2006 oleh Tom dan Athena Seefurth di pabrik pembuatan bir pribadi di Campton Township, Illinois dan terus berkembang di pasar dunia.

Pizza beer
6 dari 16 halaman

5. Soda Jus Acar

Grandpa Joe’s Candy Shop di Pennsylvania, Amerika Serikat telah menjadi rumah produksi bagi soda jus acar (pickle juice soda) sejak pertengahan 2017. Soda ini terbuat dari acar dan gula tebu asli, bukan sirup jagung. 

Pickle Juice Soda
7 dari 16 halaman

6. Pepsi Yogurt

Pepsi White adalah produk yang dijual secara eksklusif di Jepang dan pertama kali muncul pada bulan Oktober 2008. Orang-orang yang telah mencoba mengatakan bahwa minuman ini tidak begitu menjijikkan, serta memiliki rasa lemon dan vanilla. Meski dikenal pasaran sebagai Pepsi yogurt, namun minuman tersebut tidak menyertakan yogurt dalam komposisinya.

8 dari 16 halaman

7. Soda Seledri

Merek minuman soda Dr. Brown's Cel-Ray telah 'bergentayangan' di pasaran dunia selama lebih dari satu abad. Minuman ini pertama kali muncul pada tahun 1860-an dan menjadi sangat populer di New York, Philadelphia, Baltimore dan Florida Selatan.

Selain itu, soda yang terbuat dari seledri tersebut juga dapat ditemukan di berbagai toko makanan Yahudi dan terbukti menjadi minuman berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Kendati demikian, minuman ini sangat sulit ditemukan di tempat lain di Amerika Serikat.

9 dari 16 halaman

8. Jus Bawang Putih

Minuman yang sangat populer di Korea Selatan adalah jus bawang putih, yang terbuat dari bawang putih hitam.

Bawang putih hitam meningkatkan jumlah polifenol dan menghasilkan S-allyl-cysteine --asam amino yang mengandung sulfur yang larut dalam air dan tidak ditemukan dalam bawang putih segar.

Meskipun orang-orang membayangkan rasanya yang tidak enak, namun ini sangat bermanfaat bagi rambut manusia.

10 dari 16 halaman

9. Minuman Sarang Burung Walet

Sarang burung walet sangat populer dalam budaya China, sebab ini mengandung nilai gizi tinggi dan rasanya sangat gurih. Harganya pun amat mahal. Umumnya, minuman ini dijual seharga US$ 3.000 per pon (0,4 kg) atau Rp 44,5 juta.

Itu sebabnya, sebotol minuman sarang burung dengan takaran 240 ml dibanderol seharga US$ 52 (Rp 772 ribu).

Selain itu, minuman ini juga menjadi salah satu komoditas utama ekspor China. Sedangkan kebanyakan orang di Negeri Tirai Bambu mengonsumsi sup sarang burung walet, yang rasanya manis gurih.

11 dari 16 halaman

10. Bir Putih Alpukat Madu

Angel City adalah tempat pembuatan bir di Los Angeles yang memutuskan untuk menyertakan alpukat ke dalam sebotol bir. Ale (sejenis bir dengan rasa pahit dan kandungan alkohol yang lebih tinggi atau akrab disebut bir putih) terbuat dari alpukat California, alpukat madu, ketumbar, dan air jeruk nipis.

Namun, ini bukan produk yang dapat Anda temukan sepanjang tahun karena dirilis secara terbatas setiap Musim Panas untuk Festival Alpukat.

Selain di Amerika Serikat, kota Bushshack Brewery di Australia juga memproduksi bir serupa untuk festival alpukat lainnya. Mereka yang telah mencicipi bir ini mengaku tidak benar-benar dapat merasakannya. Akan tetapi, alpukat menghilangkan kegetiran bir putih dan melembutkan rasanya.

12 dari 16 halaman

11. Curry Lemonade

Curry Ramune adalah minuman ringan dari Jepang yang mencampur limun dengan bubuk kari. Label di botol tertulis: ''bahkan orang India akan terkejut". Untungnya, Curry Ramune dapat dibeli di situs Amazon hanya dengan US$ 212 (Rp 3,1 juta).

13 dari 16 halaman

12. Ranch Dressing Soda

Lester Fixins dikenal karena menciptakan rasa soda yang aneh, yakni Ranch Dressing Soda. Menurut salah satu orang yang telah mencobanya, minuman ringan ini beraroma seperti keju basi dan bau kaki. Akan tetapi, rasanya seperti gula dan kelapa. 

Goes well with radishes and arigula.
14 dari 16 halaman

13. Coca Cola Bawang Putih dan Pepsi Cappuccino

Pada tahun 2017, Coca-Cola bawang putih dirilis di Jepang dan banyak orang "gila" karenanya. Resepnya cukup sederhana, hanya Coca-Cola biasa dicampur dengan bawang putih. Selain Coca-Cola, Pepsi pun turut memproduksi rasa aneh, yakni rasa cappuccino.

Minuman ini beredar di pasaran Rusia, Rumania, dan negara-negara Eropa lainnya. Namun, kini produksinya sudah dihentikan dan mungkin akan suit menemukannya.

So apparently in Romania, there's Coca-Cola Garlic.
Pepsi Cappuccino
15 dari 16 halaman

14. Kumis (Susu Kuda dan Alkohol)

Kumis adalah minuman tradisional Asia yang terbuat dari susu kuda. Rasanya sangat mirip dengan kefir, tetapi sedikit lebih kuat, karena susu kuda mengikat kandungan alkohol banyak ketika difermentasi --dibandingkan dengan susu sapi atau susu kambing.

Untuk mencicipi Kumis asli, Anda harus meminumnya dari penduduk setempat daripada membelinya dalam botol kemasan, karena susu sapi biasanya digunakan untuk produksi skala industri.

16 dari 16 halaman

15. Kencing Sapi

Pada tahun 2011, Presiden Departemen Perlindungan Sapi dari Rashtriya Swayamsevak Sangh di India mengatakan bahwa minuman ringan yang disebut penduduk lokal sebagai 'gau jal' akan masuk ke pasar dan akan mengandung urin sapi, tetapi tidak akan terasa atau berbau seperti itu.

Ini adalah produk yang bertujuan untuk menggantikan minuman soda, yang dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia dan bahkan mengandung pestisida.

Seorang pria mengatakan, sejak dia mulai minum air kencing sapi, kadar gula darahnya menjadi terkontrol. Sedangkan lainnya mengaku, minuman ini bisa mengobati masalah perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.