Sukses

Jangan Mandi atau Cuci Baju Saat Sedang Ada Petir, Ini Alasannya

Bagi sebagian orang, saat badai dan petir tiba salah satu hal yang bisa dilakukan adalah berlindung di dalam rumah

Liputan6.com, Jakarta - Ketika cuaca buruk menerpa bahkan saat petir menyambar-nyambar, hal yang paling sempurna untuk dilakukan adalah tidur sambil menggunakan selimut.

Tetapi sebagian dari Anda ada yang tak bisa melakukan hal itu lantaran pekerjaan yang menumpuk. Contohnya adalah mencuci piring atau pakaian.

Namun, hal ini tampaknya bukanlah keputusan yang tepat untuk dilakukan. Sebab, ada sejumlah ancaman yang terjadi apabila Anda sedang berada di dekat air ketika mencuci.

Dikutip dari laman Therichest.com, Jumat (21/9/2018), ternyata aliran petir bisa masuk ke dalam saluran pipa pembuangan rumah Anda yang dialiri oleh air.

Ditambah lagi dengan jenis pipa yang dipilih menggunakan bahan dari logam. Media metal dan air adalah perantara yang baik untuk petir.

Para ahli terus menjelaskan bahwa air dapat membawa arus listrik yang kemudian menyebar ke seluruh pipa, dan ke rumah Anda.

Beberapa percaya sebaliknya, mengatakan bahwa mandi saat petir tidak akan membawa bahaya. Tetapi para ahli kembali menekankan bahwa melakukan hal itu akan menempatkan Anda pada risiko cedera atau kematian.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari logam, plastik, benda-benda yang dialiri listrik, beton, jendela, atau pintu selama badai dan petir terjadi.

Selain itu Anda juga diminta untuk memperhatikan pemilihan bahan konstruksi rumah Anda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisah Ajaib Manusia Selamat dari Petir

Sebelumnya pada tahun 2009, Jim Lamey sedang mandi di dalam rumahnya yang terletak di Pennsylvania, Amerika Serikat. Kala itu petir tiba-tiba menyambar dan mengguncang rumah.

Petir itu rupanya menyambar saluran pipa air sehingga membuat Jim Lamey yang sedang mandi kaget karena aliran petir mengenai dirinya.

Jim Lamey yang sedang berendam di dalam bak mandi tiba-tiba terlempar keluar dan jatuh ke lantai. Bagian kepalanya cedera dan dan menderita sejumlah luka.

Namun ia tetap selamat dari serangan petir dahsyat tersebut. Rupanya, kejadian ini bukan kali pertama. Ia juga pernah tersambar petir saat sedang mencuci piring. Kala itu, tiba-tiba petir juga masuk ke saluran air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.