Sukses

Gunakan 10 Trik Ini Untuk Memperbaiki Sepatu dan Pakaian yang Rusak

Berikut tips yang bisa bermanfaat untuk memperbaiki sepatu dan pakaian yang rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang umumnya tak ingin pakaian dan sepatu kesayangannya rusak atau terkena noda membandel yang sulit dihilangkan, meski telah mencucinya dengan deterjen jenis apa pun secara berkali-kali. Ini adalah momen menjengkelkan.

Jangan buru-buru frustasi atau sedih ketika menemui pakaian dan sepatu Anda berada dalam kondisi yang 'memprihatinkan', sebab ada solusi mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sepuluh trik ini bisa membantu Anda untuk memperbaiki pakaian dan sepatu yang rusak, seperti mengutip Bright Side, Rabu (19/9/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ritsleting

Memperbaiki ritsleting yang keluar dari satu sisi jalurnya sangat mudah. Anda hanya perlu gunting, jarum dan benang.

Caranya: Pindahkan ritsleting ke bawah. Lakukan potongan kecil antara 2 gigi ritsleting. Geser ritsleting ke sisi kedua dan gerakkan ke atas. Buat beberapa jahitan tepat di atas potongan, sehingga ritsleting tidak sampai ke sana.

 
 
 
View this post on Instagram

Just as I was going out the door ... #vintage #brokenzip

A post shared by Geeves O'Shea (@msgeevious) on

3 dari 8 halaman

2. Bau Apak

Vodka sangat ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap atau apak dari pakaian Anda.

Caranya: Tuang vodka ke dalam botol semprot. Gantung pakaian yang hendak Anda bersihkan, lalu semprotkan vodka ke seluruh permukaan pakaian, tetapi jangan terlalu basah. Tunggu sampai vodka menguap.

Satu yang perlu dicatat adalah jangan mengencerkan vodka, gunakan saja apa adanya.

4 dari 8 halaman

3. Noda Pada Sepatu Kulit

Siapkan sikat gigi yang lembut --sikat yang sudah tidak dipakai-- atau spons, air dan cuka.

Caranya: Celupkan spons atau sikat gigi ke dalam campuran cuka dan air. Gosok ke area yang terkena noda dengan lembut. Setelah itu, keringkan sepatu di bawah sinar matahari.

5 dari 8 halaman

4. Mengilapkan Sepatu Kulit

Anda bisa membuat sepatu kulit Anda berkilau kembali dan terlihat seperti baru, hanya dengan cairan pembersih kaca, 2 potong kain lembut dan sikat gigi.

Caranya: Semprotkan kain dengan pembersih kaca. Gosok kain dengan lembut pada sepatu untuk membersihkan kotoran. Kemudian, sikat area sekitar sol dengan sikat gigi. Keringkan dengan kain kering dan bersih.

Ketahuilah bahwa beberapa sepatu kulit bisa rusak karena pembersih kaca. Untuk mengujinya, coba cara tersebut dan aplikasikan di bagian dalam sepatu.

6 dari 8 halaman

5. Menghapus Noda Cat dari Celana Jin

Yang Anda butuhkan hanyalah hairspray atau semprotan rambut dan sikat yang kaku.

Caranya: Semprotkan area yang terkena cat dengan hairspray hingga terlihat benar-benar basah. Tunggu beberapa menit, kemudian sikat dengan sikat kaku atau gunakan kain lap.

Anda akan melihat bagaimana cat lama mulai mengelupas. Setelah hampir semua cat hilang, cuci celana jin Anda agar sisa cat benar-benar hilang.

7 dari 8 halaman

6. Hapus Noda Karat dari Pakaian

Jika pakaian Anda terkena karat, Anda dapat menghapusnya dengan garam dan cuka putih atau jus lemon.

Caranya: Campur garam dan cuka putih atau jus lemon. Tempatkan campuran ini langsung pada noda, tunggu selama 30 menit. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari sampai noda mulai memudar. Lalu cuci seperti biasa.

Noda karat bisa sangat sulit dihilangkan dan Anda mungkin harus mengulangi cara ini beberapa kali. Jika sudah beberapa kali melakukan trik ini namun Anda masih melihat adanya noda, maka didihkan seluruh bahan tersebut dan oleskan pada noda.

8 dari 8 halaman

7. Hapus Tinta Atau Noda Spidol

Aseton adalah pelarut terbaik untuk menyingkirkan noda membandel seperti pena atau spidol. Beberapa kain mungkin akan rusak jika terkena aseton. Jadi, Anda harus mencobanya terlebih dahulu di sebuah sudut paakaian yang tak terlihat. Bila aseton tidak dapat digunakan, gantilah dengan alkohol. Namun ketahuilah bahwa alkohol tidak begitu efektif dan mungkin Anda perlu mengulanginya berkali-kali.

Caranya: Basahi noda dengan air, tempatkan handuk di atas permukaan benda keras --semisal meja-- dan letakkan pakaian yang terkena noda di atas handuk. Oleskan aseton atau pelarut lain ke noda itu. Handuk akan menyerap sebagian tinta. Lalu, bilas pakaian dan ulangi beberapa kali sampai tinta benar-benar hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.