Sukses

Korea Selatan Bikin Jasa Paman Sangar Anti-Bully, Tertarik Coba?

Negeri K-pop, Korea Selatan ternyata memiliki cara unik untuk mencegah aksi perundungan terhadap anak. Dengan Uncle Service yang juga dikenal sebagai jasa paman sangar.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan memiliki cara unik untuk mencegah perundungan atau bully terhadap anak. Jasa itu dinamai 'Uncle Service' atau lebih dikenal dengan sebutan layanan paman sangar anti-bully.

Seperti dikutip dari World of Buzz, Rabu (19/9/2018), jasa perlindungan dari paman sangar itu sedang berkembang pesat di Korea Selatan karena semakin banyak orangtua menggunakan layanan tersebut guna melindungi anak-anak mereka dari para pengganggu.

Menurut allkpop, ada 3 paket paman anti-bully yang dapat dipilih yakni 'Uncle Package', 'Evidence Package', dan 'Chaperone Package'. Layanan itu dibanderol minimal 400.000 Won Korea Selatan (KRW) atau sekitar Rp 5,3 juta per hari.

Untuk 'Uncle Package', paman dari paket ini biasanya pria berusia 30 hingga 40 tahunan yang memiliki berbadan besar dan sosok mengintimidasi. Mereka diminta untuk memberikan peringatan keras kepada para pengganggu dan mendampingi siswa ke dan dari sekolah. Harga per hari jasa ini dikenai 500.000 KRW atau sekitar Rp 6,6 juta.

Pada 'Evidence Package', para paman itu akan mengumpulkan bukti penindasan dengan merekam aksi bully menggunakan kamera mini. Kemudian, mereka akan melaporkannya ke pihak sekolah dan mengucapkan kata-kata "Saya akan mengajukan keluhan resmi ke dewan sekolah jika Anda tidak benar-benar menyelidiki kasus ini. Kami menginginkan resolusi yang jelas".

Harga per bukti dalam layanan unik Korea Selatan ini dibanderol 400.000 KRW.

'Chaperone Package' adalah pilihan yang tepat jika semua upaya yang dipilih gagal. Paman-paman pada paket ini akan mengunjungi tempat kerja orangtua si pengganggu dan melakukan protes di depan gedung kantor mereka sambil mengatakan: "Orang tua pengganggu bekerja di sini".

Mereka akan melakukan protes ini hingga empat kali kedatangan. Harga yang dibanderol untuk paket ini adalah 2 juta KRW atau sekitar Rp 26,5 juta. Termahal dari dua layanan sebelumnya.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memicu Kekhawatiran

Uncle Service atau jasa layanan paman sangar anti-bully yang populer sejak September ini cukup menarik bukan?

Meskipun bisnis ini berkembang pesat karena semakin banyak orang menggunakan layanan tersebut, sejumlah kalangan justru merasa khawatir tentang dampak negatif yang ditimbulkan pada masyarakat.

"Sanksi pribadi adalah bentuk lain dari kekerasan. Kekerasan di sekolah harus diselesaikan dengan memperbaiki sistem. Apakah Anda setuju dengannya?" ujar Profesor Kim Yoon Tae dari Korea University.

Korea Selatan memang dikenal kerap menyediakan layanan tak biasa yang dianggap aneh dan kreatif pada saat yang sama.

Misalnya, sebelumnya, negara itu memperkenalkan layanan, Oh My Oppa, di mana Anda dapat menyewa 'Oppa' untuk menjadi teman perjalanan di Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.