Setara Kecepatan Mobil, 8 Hewan Ini Adalah Pelari Ulung

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 18 Sep 2018, 21:40 WIB
Diperbarui 20 Sep 2018, 21:13 WIB
Tingkah Manja Bayi Cheetah pada Sang Induk

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hewan memiliki ciri khas masing-masing. Entah dari bentuk dan ukuran tubuh, tempat hidupnya, jenis makanan, mau pun cara bertahan hidup ketika berada di alam liar.

Hewan juga memiliki kelebihan akal dan insting yang tak kalah tajam dari manusia.

Jika menurut penelitian manusia mempunyai kecepatan berlari hanya 64 kilometer per jam, kecepatan tersebut rupanya tak ada apa-apanya dengan beberapa jenis hewan ini.

Tanpa harus dilatih, hewan-hewan ini sudah dikaruniai kelebihan alami. Bahkan kekuatannya ada yang setara dengan kecepatan laju mobil.

Berikut 8 hewan yang dianggap tercepat di dunia, seperti dilansir dari laman listamaze pada Selasa (18/9/2018):

 

Reporter: Hira Hilary Aragon

Sumber: Brilio.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 3

1. Cheetah - 120 kilometer per jam

Tingkah Manja Bayi Cheetah pada Sang Induk
Bayi cheetah berinteraksi dengan induknya, Savannah, di Kebun Binatang Praha, Republik Ceko, Kamis (3/8). Lima ekor cheetah, 3 jantan dan 2 betina, dilahirkan pada 15 Mei 2017 lalu dan menambah total 64 cheetah di kebun binatang ini. (MICHAL CIZEK/AFP)

Sejauh ini cheetah dianggap sebagai hewan darat tercepat di dunia. Jika pada umumnya hewan darat rata-rata kemampuannya 40 mph, cheetah bisa sampai 75 mph atau 120km/jam.

Secara komperatif, cheetah bertubuh ringan dan lincah yang membuatnya mudah bagi mereka untuk bergerak cepat dengan kecepatan tinggi. Cheetah hanya membutuhkan 60 mph atau sekitar 3 detik saja untuk mengejar mangsa.

2. Rusa Thomson - 96 kilometer per jam

Rusa thomson merupakan spesies yang terkenal di Afrika. Nama binatang itu didapat dari si penemunya, Joseph Thompson.

Kecepatan berlarinya hingga 60 mph atau 96km/jam. Cara pertahanan diri dari pemangsa adalah dengan bergerak secara zig zag, tak heran bila hewan ini hampir tak mungkin bisa ditangkap.

3. Kijang Pronghorn - 88,5 kilometer per jam

Kijang Pronghorn atau dikenal kijang tanduk bercabang merupakan kijang yang hidup di benua Amerika Utara bagian barat dan tengah. Dengan kecepatan 55 mph atau 88,5km/jam mereka dapat bertahan cukup lama selama pengejaran.

4. Springbok - 88,5 kilometer per jam

Sama halnya dengan kijang Pronghorn, Springbok mempunyai kecepatan 55 mph yang setara 88,5km/jam. Umumnya hewan ini berada di bagian selatan dan barat daya Afrika. Yang khas pada hewan ini adalah wajah putih dengan garis-garis gelap di sepanjang hidung.

3 of 3

5. Kuda American Quarter - 88,5 kilometer per jam

Ilustrasi kuda (AFP)
Ilustrasi kuda (AFP)

Kuda American Quarter menjadi pelari tercepat asal Amerika Serikat. Dengan kecepatan 55 mph, jenis tersebut terkenal digunakan untuk balap. Bahkan saat kompetisi tempat berburu, mereka mendapat julukan 'atlet tercepat di dunia'.

6. Wildebeest biru - 80 kilometer per jam

Hewan yang mempunyai tanduk mungkin menjadi salah satu hewan yang sering dimangsa oleh cheetah dan singa. Tanduk yang cukup kuat membuat mereka mampu bertahan dan menghancurkan predatornya.

Ketika dikejar-kejar oleh beberapa predator seperti singa, anjing liar Afrika atau macan tutul, kecepatan mereka berlari mencapai 50 mph.

7. Singa - 80 kilometer per jam

Kekuatan 50 mph membuat 'sang raja hutan' ini berlari cepat untuk memangsa makanannya. Namun singa sudah menjadi salah satu hewan yang terancam punah di seluruh dunia oleh IUCN.

8. Antelop - 80 kilometer per jam

Mamalia yang bentuknya menyerupai kambing ini mempunyai dua tanduk yang tak biasa di kepalanya. Hewan itu biasanya mudah ditemui di kota besar India, Nepal dan Pakistan. Kecepatan 50 mph atau 80km/jam menjadi senjata pertahanan diri saat dimangsa predator.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait