Tak Hanya di Cilacap, Ini 5 Bayi Raksasa dari Sejumlah Penjuru Dunia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 18 Sep 2018, 19:05 WIB
Diperbarui 20 Sep 2018, 18:13 WIB
Bayi jumbo seberat 5,7 kilogram lahir di Cilacap dengan persalinan normal. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Cilacap - Masyarakat di Tanah Air dihebohkan dengan kelahiran bayi raksasa di Cilacap, Jawa Tengah. Bayi itu lahir lewat persalinan normal di Rumah Sakit Umum Duta Mulya, Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Anis, orangtua dari bayi itu mengaku senang atas kelahiran anak keduanya tersebut. Sang putri yang belum diberi nama tersebut memiliki berat 5,7 kilogram dan dalam kondisi sehat.

Mata Anis berbinar begitu melihat bayinya. Perjuangan hidup dan mati terbayar saat bayi cantiknya lahir ke dunia. Pipinya montok dan rambutnya hitam pekat dengan kulit putih bersih kemerahan.

Ditambah lagi dengan bobot sang putri yang jauh di atas rata-rata untuk ukuran bayi di Indonesia.

Ternyata, kelahiran bayi raksasa ini bukanlah kejadian pertama. Ada sejumlah kasus serupa yang terjadi di beberapa negara. Bahkan, beratnya ada yang melebihi anak dari Anis.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (18/9/2018), berikut 5 fenomena bayi raksasa yang terjadi di dunia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Bayi Vietnam - 7,1 Kg

Ibu di Vietnam Lahirkan Bayi Seberat 7 Kg
Tran Van Quan menggendong bayi laki-lakinya, Tran Tien Quoc di pusat kesehatan Vinh Tuong, provinsi Vinh Phuc, Vietnam, Minggu (15/10). Bayi laki-laki tersebut lahir melalui operasi Caesar pada 14 Oktober 2017 lalu. (LE PHUONG/AFP)

Seorang ibu asal Vietnam mendapat kejutan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Pasca-melahirkan, ia tak menyangka bahwa anak yang ia lahirkan memiliki bobot yang tak biasa, yaitu 7,1 kilogram dan dianggap sebagai salah satu bayi terberat yang pernah dilaporkan lahir di negara tersebut.

Dikutip dari laman AsiaOne, kelahiran bayi 'raksasa' ini membuat wajah kedua orangtuanya berseri-seri. Peristiwa ini terjadi di sebuah provinsi bernama Vin Phuc Utara.

Saat menjalani proses pemeriksaan kandungan, dokter sudah mengatakan bahwa bayi yang dikandung oleh Nguyen Kim Lien akan terlahir dalam ukuran yang cukup besar.

Dokter menyebut, beratnya bisa mencapai 5 kg. Namun, semua tak menyangka jika beratnya melebihi prediksi awal.

3 of 6

2. Bayi India - 6,8 Kg

Kulit bayi - vernix (iStock)
Ilustrasi vernix pada kulit bayi. (Foto: iStockphoto)

Seorang remaja berusia 19 tahun di India dilaporkan melahirkan seorang bayi perempuan 'raksasa' pada Mei 2016.

Dikatakan 'raksasa' karena bayi perempuan itu memiliki berat dan panjang yang tidak normal. Dia lahir dengan berat 6,8 kilogram dan panjang 61 sentimeter.

Bayi itu dilahirkan secara caesar di rumah sakit Karnataka, India. Ibu bayi tersebut, Nadini memiliki berat 93 kilogram dan penyakit diabetes saat mengandung.

Dokter khawatir penyakit gula yang dideritanya dapat mempengaruhi kesehatan janinnya.

Walaupun begitu, ibu dan anak itu dilaporkan sehat setelah persalinan. Anak perempuan itu kini dinobatkan sebagai bayi terbesar di India.

4 of 6

3. Bayi Inggris - 6,8 Kg

Ilustrasi
Ilustrasi sindikat penjual bayi di Media Sosial (Liputan6.com/ Zulfikar Abubakar)

Pada 11 Februari 2013 seorang ibu hamil berusia 21 tahun bernama Jade Packer di Inggris, melahirkan seorang bocah laki-laki dengan berat badan 6,8 kilogram.

Jade mengatakan bahwa bayinya lahir 2 minggu lebih lama dari waktu yang telah diperkirakan di rumah sakit Gloucester Royal.

Orangtua Jade mengatakan pada awalnya mereka tidak menyadari bahwa bahwa bayi yang berada di dalam kandungan anaknya berukuran besar.

Jade mengalami kesulitan saat melakukan persalinan. Pundak bayi tersebut tersangkut dan dia tidak bisa bernapas selama 5 menit.

Dokter mengatakan bahwa anak itu hanya memiliki 5 persen kesempatan untuk hidup. Akhirnya mereka memutuskan untuk memindahkan pasien itu ke St Michaels's Hospital.

Setelah lebih kurang 4 minggu bocah laki-laki itu akhirnya bisa pulang bersama orangtuanya.

 

5 of 6

4. Bayi California - 7,2 Kg

Ilustrasi bayi (iStock)
Ilustrasi bayi (iStock)

Sosefina Tagula dari California melahirkan seorang anak laki-laki dengan berat 7,2 kilogram.

Bocah 'raksasa' itu dilahirkan pada 2013 dan diberi nama Sammisano Joshua Talai Otuhiva.

Sang ibu mengatakan bahwa dia melahirkan Sammisano lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Jika waktunya pas dengan perkiraan dokter memperkirakan bahwa bayinya akan lahir dengan berat 8,1 kilogram.

Setelah berusia 5 bulan, Sosefina mengatakan Sammisano memiliki berat 11 kilogram, dan sering lapar.

 

6 of 6

5. Bayi Brasil - 8 Kg

Lidah bayi (iStock)
Ilustrasi lidah bayi (iStockphoto)

Pada 2005 Franasca dos Santos melahirkan seorang bayi dengan berat 8 kilogram, melalui operasi sesar di rumah sakit Salvador, Brasil.

Franasca berusia 38 tahun saat melahirkan anak laki-lakinya itu. Dokter mengatakan ukuran tak normal anaknya itu diduga diakibatkan oleh gula darah sang ibu.

Walaupun tidak mengalami gangguan kesehatan, bayi laki-laki itu mengalami sulit bernapas dan harus menggunakan oksigen.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by