Sukses

Zimbabwe Darurat Wabah Kolera, 20 Orang Tewas dan Muncul 2.000 Kasus Infeksi

Zimbabwe telah menyatakan keadaan darurat di Harare menyusul tewasnya 20 orang dan lebih dari 2.000 kasus terkait penyakit yang ditularkan lewat air seperti kolera

Liputan6.com, Harare - Zimbabwe telah menyatakan keadaan darurat di Harare menyusul tewasnya 20 orang dan lebih dari 2.000 kasus terkait penyakit yang ditularkan lewat air seperti kolera. Beberapa juga tewas akibat mengidap penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonela yang memicu tifus.

Menteri Kesehatan Zimbabwe yang baru, Obadiah Moyo, pada Selasa pekan lalu, mengatakan kepada wartawan bahwa pasokan air yang minim, saluran pembuangan yang tersumbat, dan pengelolaan limbah yang buruk, menyebabkan wabah kolera di Ibu Kota, Harare, semakin parah.

"Jumlahnya semakin banyak setiap hari, dan hingga kini, terdapat lebih dari 2.000 kasus, dan total ada 20 kematian. Kami mencari solusi atas masalah ini. Kami telah meminta mitra-mitra dari PBB untuk memberi kami bantuan," kata Moyo, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (17/9/2018).

"Kami menyatakan keadaan darurat di Harare. Ini akan memungkinkan kami mengendalikan kolera, tifus, dan apa pun yang sedang terjadi, untuk mengatasi masalahnya secepat mungkin."

Moyo menyatakan keadaan darurat itu dalam sebuah kunjungan ke sebuah kamp pengobatan kolera sementara di Harare.

Dia mengatakan sejumlah sekolah di wilayah yang terkena dampaknya, telah ditutup sementara setelah dua siswa meninggal dunia.

"Kami telah memobilisasi sumber daya yang cukup signifikan dari PBB pada umumnya, dan dari UNICEF dan WHO pada khususnya. Kami juga berbicara dengan mitra-mitra kami di lapangan, DFID (Department for International Development dari Inggris), dan lain-lain untuk memobilisasi lebih banyak sumber daya," kata Mohamed Ag Ayoya, Perwakilan Dana Anak-Anak PBB (UNICEF) untuk PBB terkait wabah kolera di Zimbabwe.

"Kami juga telah memberi tahu kantor regional dan markas besar mereka karena kami tahu ini adalah isu yang sangat serius, yang memerlukan investasi yang cukup besar untuk mengendalikan wabah ini. Kami bekerja keras untuk membantu pemerintah Zimbabwe," kata Ayoya.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Limbah dan Air Kotor

Di Budiriro, salah satu wilayah yang paling terdampak, orang-orang mengatakan mereka belum mendapatkan air bersih. Limbah kotor mengalir di jalan-jalan.

Seorang warga berusia 66 tahun bernama Jay Kanduru mengungkapkan kemarahannya. Dia mengatakan para warga telah meminta pihak berwenang untuk memperbaiki pipa-pipa saluran pembuangan, tapi ditolak.

"Kami lelah," kata Kanduru. "Mereka tidak datang untuk memperbaiki pipa-pipa saluran pembuangan -- mereka membiarkan limbah mengalir keluar. Kini kami harus pergi ke bar-bar untuk buang air," katanya.

Menurut Kanduru, kondisi ini telah berlangsung selama tiga bulan.

Wabah kolera pada 2008 di Zimbabwe berlangsung selama lebih dari setahun dan menewaskan sekitar 5.000 orang. Wabah itu baru berhenti setelah kelompok-kelompok internasional seperti badan-badan PBB dan USAID menyumbang obat-obatan dan bahan kimia pengolah air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.