Waspada, Ini 3 Alasan Mengapa Anda Tak Boleh Letakkan Ponsel di Kasur Saat Tidur

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 14 Sep 2018, 20:10 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:16 WIB
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kebiasaan Anda, baik muda maupun tua adalah selalu meletakkan ponsel di samping bantal saat waktu tidur telah tiba. Hal ini bukan semata-mata dapat membuat Anda terlambat beraktivitas pada pagi hari, namun juga dapat menimbulkan bencana.

Bahaya yang dapat disebabkan dari kebiasaan meletakkan ponsel di samping bantal ini bisa mengancam nyawa. Mulai dari ledakkan saat Anda tertidur hingga masalah kesehatan.

Untuk itu, buang jauh-jauh kebiasaan ini agar Anda semua dapat selamat dari bahaya yang kapan saja bisa datang.

Seperti dikutip dari laman Health.com, Jumat (14/9/2018), berikut 3 alasan mengapa Anda tak boleh meletakkan ponsel di samping bantal saat tidur:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 of 4

1. Dapat Picu Kebakaran Tempat Tidur

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Belum lama ini seorang remaja asal Texas bangun dalam kondisi panik lantaran bantal, kasur dan sepreinya terbakar. Bukan karena arus pendek listrik melainkan ponselnya yang meledak.

Ponsel remaja itu masih tersambung dengan arus listrik. Selain itu, terjadi konslet pada baterai sehingga menyebabkan ledakan.

Panas dari ponsel yang terhimpit bantal dan selimut juga menjadi pemicu panasnya baterai. Jadi, solusinya adalah isi baterai ponsel Anda sebelum tidur dan jangan letakkan di samping bantal.

3 of 4

2. Buat Anda Sulit Tidur

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Kebanyakan dari kita tentu punya kebiasaan buruk yang sangat sulit untuk dilepaskan. Salah satunya adalah tak bisa lepas dari ponsel ataupun smartphone.

Jika digenggam sewaktu siang hari mungkin beda perkara. Tetapi, apa yang terjadi jika benda itu masih digunakan pada malam hari, sebelum tidur dan mengganggu aktivitas.

Ada bahaya yang mengintai apabila kebiasaan main ponsel sebelum tidur terus dilakukan. Efeknya bahkan bisa menimbulkan kerusakan parah pada organ.

Cahaya biru pada ponsel akan memancaran gelombang yang mirip dengan sinar matahari, yang dapat membuat tubuh kita berpikir masih siang hari.

4 of 4

3. Risiko Kesehatan

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat elektronik pribadi Anda adalah bagian dari spektrum. Jika pancaran matahari yang langsung mengarah ke mata sangat berbahaya, sama mengancamnya dengan cahaya ponsel.

Terlebih cahaya itu Anda rasakan pada malam hari. Sinar ponsel akan mengarah pada mata Anda secara menyeluruh. Studi menunjukkan bahwa paparan langsung cahaya biru dapat merusak retina Anda.

Cahaya biru dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur tubuh. Tidak hanya mengakibatkan kelelahan pada pagi hari, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Melatonin adalah antioksidan kuat yang penting bagi kemampuan tubuh Anda untuk melawan kanker secara alami. Ketika kadar melatonin Anda ditekan, risiko Anda untuk kanker dan penyakit lainnya meningkat.

Jika melatonin Anda terganggu untuk satu malam, itu tidak akan menimbulkan ancaman serius. Menjadi masalah kalau hal itu terjadi setiap hari.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by