Sukses

Ibu Hamil Penemu Tikus di Sup Tolak Uang Kompensasi Rp 10 Juta, Ini yang Diminta

Seorang wanita hamil di China kaget bukan main saat tahu ada bangkai tikus di makanan yang ia dan keluarga beli di sebuah restoran. Lalu ini yang terjadi...

Liputan6.com, Weifang - Kasus penemuan bangkai tikus di dalam makanan yang dibeli oleh satu keluarga di China masih berlanjut. Pihak restoran berupaya memberikan uang kompensasi kepada pembeli tersebut.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (14/9/2018), atas kelalaiannya pihak restoran menawarkan wanita itu uang sebesar 5.000 yuan atau sekitar Rp 10 juta.

Menurut Kankan News, sang suami yang diidentifikasi sebagai Tuan Ma, menolak tawaran tersebut. Ia meminta pihak restoran untuk memeriksakan istrinya secara menyeluruh sebelum menentukan uang kompensasi.

Pria itu juga menuturkan, salah satu staf restoran memberikan saran untuk melakukan aborsi jika khawatir dengan kesehatan jabang bayinya. Lalu akan diberikan uang kompensasi sebesar 20.000 yuan atau sekitar Rp 40 juta.

"Jika sesuatu terjadi pada bayinya, kompensasi seperti apa yang akan diberikan kepadanya? Apakah sebuah kehidupan itu berharga hanya 20.000 yuan?," komentar salah satu netizen yang prihatin terhadap istri Tuan Ma.

Peristiwa itu bermula saat wanita tersebut makan malam bersama keluarga di sebuah restoran hotpot di Weifang, Provinsi Shandong.

Tak lama setelah beberapa suap, sang istri yang sedang hamil menemukan ada tikus mati di dalam sup kuah yang masih sangat panas.

Tahu bahwa ada yang tak beres, sang suami langsung berteriak memanggil pelayan restoran. Sementara itu, wanita bermarga Ma yang memakan hidangan itu merasa sangat khawatir dengan kondisi janinnya.

Saat mengetahui konsumennya tengah hamil, maka pihak restoran menawarkan biaya kompensasi agar masalah ini bisa terselesaikan.

"Jika Anda khawatir dengan kondisi janin Anda, pihak restoran bersedia membayar kompensasinya," ujar pihak restoran.

Kasus ini telah diselidiki oleh Biro Pengawas Pasar di distrik Kuiwan, Weifang. Bahkan, kasus ini telah viral di media sosial WeChat.

Ketika pemeriksaan telah dilakukan, penguji tidak menemukan adanya tikus lain dalam sejumlah bahan makanan. Tetapi, mereka mendapati pasokan air dan proses pengelolaan makanan di restoran itu tidak bersih.

 

Saksikan video temuan bangkai tikus di dalam sup berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantahan Pihak Restoran

Meski begitu, restoran dengan nama Xiabu Xiabu itu membantah hasil penelitian. Bagi mereka, restoran tersebut telah menerapkan sistem kebersihan pada makanan.

Xiabu Xiabu dibuka pada tahun 1998 dan memiliki 759 toko di China yang banyak tersebar di Beijing, Shanghai, Tianjin dan provinsi lainnya.

Selama beberapa bulan terakhir, pihak berwenang dan jaringan restoran hotpot telah mengambil langkah dalam menanggapi sejumlah kasus yang menyoroti masalah kebersihan dan keamanan pangan di restoran.

Untuk masalah penemuan tikus dan ibu hamil ini masih diselidiki, dan apabila terbukti bersalah maka pihak berwajib akan memberikan sanksi pada restoran tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.