Ajari Suju Goyang Dayung... Ini 7 Fakta Menarik Kunjungan Jokowi ke Korea Selatan

Oleh Tanti Yulianingsih pada 12 Sep 2018, 14:01 WIB
Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana di Istana Changdeok, Seoul.  (Foto: Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Seoul - Kunjungan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi ke Korea Selatan menjadi sorotan. Meski singkat, pada 9 hingga 11 September 2018, kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu ke negeri K-Pop itu begitu mencuri perhatian.

Lawatan ke Seoul ini merupakan kunjungan balasan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ke Indonesia pada 2017 lalu.

Berikut ini sejumlah fakta menarik dalam kunjungan Jokowi tersebut, yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber, Rabu (12/9/2018):

1. Kepala negara pertama yang disambut di Istana Changdeok

Selepas menghadiri Forum Bisnis dan Investasi Indonesia-Korea 2018, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Istana Changdeok, Seoul, Senin (10/9/2018).

Jokowi dan rombongan langsung disambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook. Tampak juga anak-anak Indonesia dan Korea menyambut kedatangan kedua kepala negara dengan mengibarkan bendera Indonesia dan Korea Selatan.

Rangkaian penyambutan dilanjutkan dengan upacara kenegaraan yang diawali dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti lagu nasional Korea Selatan. Kedua kepala negara beserta Ibu Negara, kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Jokowi dan Ibu Iriana kemudian disuguhi pertunjukan tarian Selamat Datang Hyang-ak-jeong-jae yang dilanjutkan dengan perkenalan delegasi resmi masing-masing. Setelah itu, kedua Kepala Negara beserta Ibu Negara berfoto bersama delegasi kedua negara.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom menjelaskan, Jokowi merupakan kepala negara pertama yang disambut di Istana Changdeok.

"Ini pertama kali, Presiden Korea Selatan menyambut tamunya di Istana Changdeok. Hal ini juga menunjukkan bahwa kami sangat menghormati Presiden Jokowi," ucap Kim Chang-beom dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, 10 September 2018.

Upacara kenegaraan penyambutan kepala negara biasanya dilakukan di Istana Kepresidenan Blue House.

2. Blusukan ke 'Tanah Abang' di Korsel

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook mengajak Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi blusukan ke kawasan Dongdaemun.

Jokowi dan Iriana serta rombongan Presiden Korsel tiba di tempat tersebut sekitar pukul 20.30 waktu setempat. Mereka melihat taman yang dipenuhi bunga dengan cahaya lampu.

Tak lama setelah itu, mereka berjalan kaki menuju sebuah pusat perbelanjaan. Saat berjalan kaki banyak warga yang terkejut melihat kedua kepala negara berada dekat mereka. Beberapa orang memanfaatkan momen ini untuk berfoto bersama.

Di pusat perbelanjaan tersebut, Jokowi dan Iriana berkeliling sambil menyambangi beberapa kios. Di kios-kios tersebut keduanya melihat-lihat pakaian seperti kemeja, jas, blazer, dan sebagainya.

Suasana akrab antara dua pemimpin negara tampak pada malam hari itu. Sambil berjalan, Presiden Moon dan Jokowi bercengkerama santai sambil sesekali diselingi tawa.

Setelah berkeliling, Presiden Jokowi melihat kawasan Dongdaemun menyerupai kawasan Tanah Abang. "Saya melihat kawasan Tanah Abang-nya Kota Jakarta," kata Jokowi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin 10 September.

Jokowi mengakui kawasan Dongdaemun dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kawasan serupa di Indonesia.

2 of 3

Bahan Selfie hingga Bertemu Boyband Ternama

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana di Istana Changdeok, Seoul.  (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana di Istana Changdeok, Seoul. (Foto: Biro Pers Setpres)

3. Jadi bahan swafoto

Pada hari ketiga lawatannya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo mengisi kuliah umum di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS). 

Presiden Joko Widodo memberikan kuliah umum bagi para mahasiswa di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), Seoul, Korea Selatan, pada Selasa, 11 September 2018. pic.twitter.com/8ptBiq41Jc

Pada hari ketiga lawatannya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo mengisi kuliah umum di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS). 

Usai mengisi kuliah umum, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyempatkan diri untuk berswafoto bersama mahasiswa-mahasiswa yang ikut dalam acara tersebut.

4. Bertemu boyband terkenal Korsel

Dalam kunjungannya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga bertemu boyband terkenal Super Junior (Suju). Jokowi bertemu mereka pada Senin, 10 September 2018.

Hal ini diketahui dari foto yang diunggah akun Instagram Super Junior, @Superjunior, pada Selasa, 11 September 2018. Jokowi tampak berfoto bersama personel boyband tersebut.

Tidak hanya Jokowi, Ibu Negara Iriana juga turut berfoto dengan para personel Super Junior. Dalam foto tersebut, Jokowi terlihat mengenakan setelan jas berwarna biru tua. Adapun Iriana mengenakan kebaya berwarna ungu, lengkap dengan selendangnya.

Jokowi berdiri di sebelah Leeteuk dan Iriana berdiri tepat di samping Siwon Choi. Mereka kompak salam lima jari saat berfoto bersama. 

5. Ajari boyband Goyang Dayung

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Jokowi juga mengajarkan boyband Suju  'goyang dayung'. Hal itu terekam di akun Twitter S J F E‏ @SujuFor_ELFindo.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Terima kasih 🙏🏻 - #JokoWidodo #SUPERJUNIOR #AsianGames2018 #indonesia

A post shared by Yesung (@yesung1106) on

3 of 3

'Resep' Sungai Bersih hingga Diburu WNI

Upacara Penyambutan Presiden Jokowi di Korea Selatan
Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Kim Jung-sook memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

6. Minta 'Resep' Revitalisasi Sungai Cheonggyecheon 

Presiden Jokowi menyampaikan kekagumannya pada kejernihan Sungai Cheonggyecheon, padahal lokasinya di tengah kota metropolitan. Ia pun tertarik melakukan hal sama pada sungai di Indonesia.

Namun, berapa dana yang digelontorkan pemerintah Korsel untuk merevitalisasi Cheonggyecheon yang konon dulu sekumuh Ciliwung? Dan seperti apa prosesnya?

Dilaporkan situs Asian Development Bank, proyek revitalisasi Cheonggyecheon dimulai pada 2013 atas inisiatif Wali Kota Lee Myung Bak (kelak menjadi Presiden Korsel). Dulu, dibangun jalan raya dan layang di kawasan itu yang menindih aliran sungai.

7. Diburu WNI di Korea

Selain para warga Indonesia yang tinggal di Korea, beberapa Menteri Kabinet Kerja juga ikut berjalan kaki bersama Jokowi. Di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Safruddin, Kepala Badan Kreatif Triawan Munaf, Dubes Indonesia untuk Korsel Umar Hadi.

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana yang memakai kaus putih berjaket merah dan bercelana panjang hitam ini menikmati jalanan Ibu Kota Korsel sambil melayani beberapa pertanyaan para warga Indonesia di sana.

 

Saksikan video Jokowi bersama boyband Super Junior berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓