Jangan Pernah Tinggalkan Botol Air Minum di Mobil, Ini Akibat Fatalnya

Oleh Tanti Yulianingsih pada 09 Sep 2018, 18:35 WIB
Ilustrasi botol minum plastik (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Jangan pernah meninggalkan botol air minum plastik di dalam mobil, sebab hal tersebut bisa berakibat fatal. Bahayanya bisa menyebabkan kendaraan Anda terbakar.

Menurut sebuah artikel dari Pusat Penelitian tentang Epidemiologi Bencana, 90 persen dari semua bencana alam terkait dengan air. Tak hanya badai, banjir, tsunami, dan kekeringan yang jadi ancaman, sebotol kecil air minum pun juga bisa menimbulkan bahaya.

Seperti dikutip dari Bright Side, Minggu (9/9/2018), botol-botol air minum yang tertinggal di mobil ternyata bisa menyebabkan kebakaran atau mengakibatkan kerusakan kecil maupun besar pada bagian kendaraan. Bagaimana bisa?

Ingatkah Anda dengan percobaan membakar selembar kertas menggunakan kaca pembesar di bawah sinar matahari langsung?

Proses seperti itulah yang terjadi jika Anda meninggalkan botol minuman di dalam kendaraan, bisa membakar media yang terkenal pantulan cahaya matahari setelah melintasi air di dalam botol plastik.

Cara kerjanya begini, ketika sinar matahari menembus plastik dan cairan, itu memiliki efek yang sama seperti kaca pembesar. Bisa memicu panas yang kemudian menimbulkan api atau meninggalkan bekas bakaran.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Midwest City, sinar matahari yang menembus botol air bisa mencapai suhu 250 derajat Celcius. Cukup panas bukan?

Untuk itu, cobalah agar tak meninggalkan sebotol air di dalam mobil Anda. Bagian dalam kendaraan pun bisa aman dari kerusakan akibat terpanggang panas, juga terhindar dari bahaya terbakar secara keseluruhan.

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 of 2

Buat Pengingat

Ilustrasi Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Menurut National-Lottery.co.uk, rata-rata orang dewasa kerap lupa akibat terlalu banyak tugas atau kegiatan yang dilakukan setiap hari. Gaya hidup modern, tekanan dan stres yang meningkat adalah dalang dari tingkat kelupaan yang terus bertambah.

Agar Anda tak kembali dari suatu aktivitas dan mendapati mobil pribadi dalam kondisi terbakar, cobalah lakukan tips berikut ini.

Jika Anda termasuk orang yang tak dapat hidup tanpa sebotol air pada hari yang panas, atur pengingat pada ponsel dan bawa sebotol air kapan pun Anda pergi. Termasuk saat keluar dari kendaraan.

Memang butuh usaha lebih untuk membuat pengingat, tapi setidaknya kendaraan Anda aman dari bahaya kebakaran dengan langkah tersebut.

Jika Anda malas membawa botol keluar dari kendaraan karena terasa berat, pastikan untuk tak meninggalkannya di tempat di mana sinar matahari tidak dapat menjangkaunya (misalnya bagasi).

Lanjutkan Membaca ↓