Sukses

Di Tengah Pelemahan Rupiah dan Lira, Bath dan Ringgit Stabil

Di tengah pelemahan mata uang negara-negara yang perekonomiannya sedang bangkit, mata uang beberapa negara relatif bisa bertahan dengan baik terhadap dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa mata uang negara-negara yang perekonomiannya sedang bangkit (emerging markets) melemah terhadap dolar Amerika. Di antaranya yang terparah adalah Peso Argentina, Lira Turki, Rupee India, dan Rupiah. Namun, mata uang Thailand, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan mampu bertahan dengan baik.

Di tengah pelemahan mata uang negara-negara yang perekonomiannya sedang bangkit (emerging markets) selama dua minggu terakhir, mata uang beberapa negara relatif bisa bertahan dengan baik terhadap dolar Amerika.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (9/9/2018), pertama, mata uang Thailand Baht, yang merupakan mata uang Asia dengan kinerja terbaik karena mengalami kenaikan 1,3 persen terhadap dolar AS sejak pertengahan Agustus, dan juga nilainya terus stabil sepanjang tahun.

Kedua, meskipun tidak sekuat mata uang Baht, Ringgit Malaysia juga terbukti cukup tangguh, karena tidak terpengaruh oleh pelemahan mata uang negara-negara lainnya terhadap dolar AS dalam dua-tiga minggu terakhir.

Baik Thailand maupun Malaysia memiliki beberapa kesamaan dalam fundamental ekonomi mereka, yaitu: tingkat inflasi yang rendah serta surplus transaksi berjalan yang besar.

Thailand memiliki surplus transaksi berjalan yang besar, sebagian didorong oleh pertumbuhan sektor pariwisatanya yang sangat kuat. Surplus transaksi berjalan mendukung kuatnya nilai mata uang suatu negara, karena itu berarti negara tersebut kurang bergantung pada mata uang asing, demikian menurut seorang analis.

Selain itu, Thailand adalah eksportir besar mobil dan barang-barang lainnya, yang juga memberikan kontribusi penting terhadap surplus transaksi berjalan.

Sementara, Malaysia adalah eksportir minyak yang cukup besar, sehingga harga minyak yang menguat telah membantu surplus transaksi berjalan negara itu di samping ekspor komoditas seperti kelapa sawit, menurut analis lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Ringgit Malaysia

Ringgit Malaysia bertahan cukup tangguh terhadap dolar AS karena hanya mengalami pelemahan sekitar 1,4 persen sepanjang tahun 2018 ini.

Sementara itu, di antara negara-negara yang pelemahan mata uangnya paling parah terhadap dolar AS adalah Peso Argentina, Lira Turki, Rupiah Indonesia dan Rupee India.

Pelemahan negara-negara tersebut menyebabkan kekhawatiran adanya efek penularan (contagion effect) yang bisa menyebar ke pasar negara-negara berkembang lainnya.

Mata uang Turki Lira, misalnya, telah mengalami pelemahan sekitar 40 persen terhadap dolar sepanjang tahun ini, sedangkan Rupee India "merupakan mata uang yang terburuk di Asia" telah merosot lebih dari 12 persen, sementara mata uang Rupiah merosot sekitar 9 persen sepanjang tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.