Diplomasi Unik Taiwan Lewat Film Animasi

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 07 Sep 2018, 13:33 WIB
Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang berlokasi di Jakarta mengadakan pemutaran film karya anak bangsanya berjudul On Happiness Road (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Liputan6.com, Jakarta - Lewat film animasi, pemerintah Taiwan ingin membagikan keindahan kreativitas dan pesona humanis negaranya kepada dunia.

Oleh sebabnya, Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang berlokasi di Jakarta mengadakan pemutaran film karya anak bangsanya berjudul On Happiness Road.

Menurut Kepala TETO John Chen, pemutaran film yang menampilkan sisi kehidupan masyarakat Taiwan merupakan bagian dari New South Bound Policy atau kebijakan ke arah selatan.

"Melakukan pertukaran budaya kepada setiap negara merupakan kebijakan dari program New South Bound Policy yang telah dilakukan oleh pemerintah Taiwan secara berkala," ujar John Chen saat membuka malam pemutaran film On Happiness Road di Plaza Semanggi, Jakarta pada Kamis, (5/6/2018) malam.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Taipei Economic and Trade Office (TETO) mengadakan acara pemutaran film animasi Taiwan dengan film berjudul "On Happiness Road" pada tanggal 5 September 2018 di Plaza Semanggi Cinemaxx Theater. Pemutaran film animasi Taiwan ini untuk memperkenalkan film Taiwan yang penuh dengan keindahan kreatif dan pesona humanis kepada sahabat Indonesia! Film " On Happiness Road " yang dirilis di Taiwan pada bulan Januari tahun ini, memberikan kejutan bagi industri animasi film Taiwan baik di dalam dan di luar negeri, yang memenangkan Grand Prize di Tokyo Anime Festival sebagai film animasi terbaik, Best Animated Feature Film Award di Stuttgart Animation Festival, film animasi terbaik di 2018 Taipei Film Award, dan film animasi terbaik di Seoul Internasional Film Animasi Festival.Film animasi Taiwan terbaik ini, membawa penonton ikut larut dalam tawa dan haru. 👍 . 榮獲東京動畫大獎、首爾國際動畫影展首獎、德國斯圖加特動畫電影節、台北電影節首奬等肯定的動畫長片「幸福路上」(On Happiness Road)也來到印尼了! 本處9月5日在雅加達Plaza Semanggi舉辦的「幸福路上特映會暨茶會」吸引兩百多位台印尼人士到場欣賞,不但在海外的台灣遊子看了感動不已,印尼的朋友也都非常喜歡這部動畫的想像力與畫風,好評不斷! 「幸福路上」9月底還會在峇里島電影節(Bali International Film Festival)再播放乙次,在印尼的朋友不要錯過唷! . #tetoinindonesia #balinale #film #movie #onhappinessroad #幸福路上 #電影 #宋欣穎

Sebuah kiriman dibagikan oleh @TETOinIndonesia (@tetoinindonesia) pada

"Tujuan utama pemutaran film untuk mengenalkan Taiwan lebih jauh kepada masyarakat Indonesia," tambahnya.

Film yang disutradarai oleh Hsin Yin Sung ini diangkat dari kisah nyata yang diambil dari kehidupan pribadinya.

Nantinya, film animasi ini juga akan kembali diputar di Tanah Air dalam Bali Internasional Film Festival atau Balinane pada akhir September mendatang.

Dalam sambutannya, John Chen juga berterima kasih kepada pada tamu undangan yang telah datang dan menyempatkan diri untuk hadir dalam acara ini.

"Terima kasih kepada tamu undangan yang hadir dalam pemutaran film ini. On Happiness Road sangat menggambarkan keindahan dan kehidupan masyarakat Taiwan dalam kesehariannya," ujar John Chen.

Film On Happiness Road ini sendiri dirilis pada Januari 2018 telah memberi kejutan bagi industri animasi Taiwan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Film ini rampung digarap dalam kurun waktu empat tahun dan telah mendapat banyak prestasi di luar negeri.

 

Saksikan cuplikan singkat film On Happiness Road:

2 of 2

Banjir Penghargaan

Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang berlokasi di Jakarta mengadakan pemutaran film karya anak bangsanya berjudul On Happiness Road (Instagram/@Tetoindonesia)
Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang berlokasi di Jakarta mengadakan pemutaran film karya anak bangsanya berjudul On Happiness Road (Instagram/@Tetoindonesia)

Film On Happiness Road berkisah tentang suka duka kehidupan seorang wanita Taiwan yang mengenang kembali sejarah di tanah kelahirannya. Kisah itu dipadukan dengan kehidupan masa kecil hingga dewasanya.

Meski dikemas dalam bentuk animasi, film ini akan membawa penonton dalam tawa dan haru. Sebab, film ini bercerita tenang upaya seorang anak yang ingin meraih cita-cita dan kehidupan lebih baik di Amerika Serikat.

Chi, nama karakter utama dalam film ini juga menemui kendala dalam kehidupan ketika tinggal di Amerika Serikat dan menikah dengan pria lokal di sana.

Kisah ini semakin menguras air mata saat karakter utama dalam film ini punya ikatan emosional yang begitu kuat dengan kedua orangtua dan neneknya.

Sejumlah prestasi dan penghargaan berhasil di bawa pulang oleh film On Happiness Road. Sebut saja Animovie Award di Stuttgart Internasional Film Festival of Animator Film Germany hingga SICAF 2018 Grand Prix Winner.

Tak hanya memenangkan sejumlah penghargaan, On Happiness Road juga diputar dalam sejumlah Festival Film Internasional di Jepang, Prancis, Italia, Amerika Serikat, Australia, Kanada, Korea Selatan, Singapura hingga Hong Kong.

Lanjutkan Membaca ↓