Sukses

Kebakaran Museum Nasional, Brasil Kehilangan Koleksi Besar Sejarah Negara

Museum berumur 200 tahun itu menyimpan koleksi spesimen paleontologis, antropologis, dan biologi.

Liputan6.com, Brasil - Petugas pemadam kebakaran menyisir puing-puing Museum Nasional Rio de Janeiro yang terbakar pada Senin (3/9/2018). Warga Brasil merasakan kehilangan sejumlah besar koleksi barang-barang bersejarah negara yang tak tergantikan.

Museum berumur 200 tahun itu menyimpan koleksi spesimen paleontologis, antropologis, dan biologi. Seperti kerangka yang dianggap sebagai sisa-sisa manusia tertua yang pernah ditemukan di Amerika dan meteorit terbesar yang pernah ditemukan di Brasil, serta memorabilia sejarah.

Perasaan kehilangan dengan cepat beralih menjadi kemarahan warga di Rio de Janeiro. Beberapa ratus orang berkumpul di luar museum, menuntut untuk melihat kerusakan itu, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (5/9/2018).

Sebagian berusaha melampaui garis batas polisi, tetapi didesak kembali oleh petugas yang menggunakan gas air mata dan pentungan.

"Komunitas kami sangat termobilisasi dan sangat marah," kata Roberto Leher, Direktur Universitas Federal Rio de Janeiro, Brasil yang mengelola museum itu. "Kami semua mengetahui bangunan itu rentan."

Demonstran Laura Albuquerque, guru tari berusia 29 tahun, mengatakan, "Adalah kejahatan membiarkan museum sampai berbentuk seperti ini. Bukan saja disesalkan, tapi juga menyedihkan dan politikus bertanggung jawab untuk itu."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karena Kelalaian Finansial?

Dalam beberapa tahun terakhir, Brasil telah diguncang skandal korupsi pemerintah dan resesi. Para pejabat mengatakan museum itu, yang juga mengalami kelalaian finansial, tidak memiliki sistem penyiram.

Marcio Martins, seorang juru bicara museum, mengatakan kepada Associated Press, anggaran museum itu turun dari sekitar US$ 130 ribu pada 2013 menjadi sekitar US$ 84 ribu pada 2017.

Presiden Michel Temer dalam pernyataan Senin mengatakan musnahnya gedung itu yang pernah menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan negara itu, akibat kebakaran Minggu malam, merupakan "kehilangan yang tak terhitung bagi Brasil".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.