Perhatikan, Ini 5 Manfaat Dahsyat Terung Bagi Wanita

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 04 Sep 2018, 19:05 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:11 WIB
Ilustrasi terong (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Terbungkus kulit mengilap berwarna ungu gelap, terung telah ditunjukkan oleh banyak penelitian dapat menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan.

Meski sebagian Anda (para wanita) tidak menyukai terung karena teksurnya yang lembek saat dimasak, sayuran yang satu ini ternyata punya manfaat baik bagi kesehatan.

Bukan hanya itu, sejumlah penelitian meyakini jika terung bisa menurunkan berat badan. Cocok bagi para wanita yang selama ini punya permasalahan pada bentuk tubuhnya.

Seperti dikutip dari laman Healthline.com, Selasa (4/9/2018), berikut 5 manfaat terung bagi wanita:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Kaya Akan Antioksidan

Ilustrasi terong (iStock)
Ilustrasi terung (iStock)

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, terung ternyata memiliki jumlah antioksidan yang tinggi.

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Terung sangat kaya anthocyanin, sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang bertanggung jawab untuk warna cerah pada kulit. Bahkan, beberapa penelitian tabung telah menegaskan bahwa itu efektif dalam melindungi sel terhadap kerusakan dari radikal bebas berbahaya.

 

3 of 6

2. Kurangi Risiko Jantung

Penyakit jantung (iStock)
Ilustrasi penyakit jantung (iStockphoto)

Berkat kandungan antioksidan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terung juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, kelinci dengan kolesterol tinggi diberi 0,3 ons (10 ml) jus terung setiap hari selama dua minggu.

Pada akhir penelitian, mereka memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah, dua penanda darah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

Penelitian lain menunjukkan bahwa terung dapat memiliki efek perlindungan pada jantung.

Dalam sebuah penelitian, hewan diberi makan terung mentah atau bakar selama 30 hari. Kedua olahan sayuran itu meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi keparahan serangan jantung.

 

4 of 6

3. Kontrol Gula Darah

Ilustrasi sel darah merah
Ilustrasi sel darah merah (iStock)

Menambahkan terung sebagai salah satu daftar makanan diet Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Hal ini dikarenakan terung mengandung serat yang tinggi.

Serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan yang lebih lambat membuat kadar gula darah stabil.

Penelitian lain menunjukkan bahwa polifenol, atau senyawa tumbuhan alami, yang ditemukan dalam makanan seperti terung dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin, yang keduanya dapat membantu menurunkan gula darah.

5 of 6

4. Turunkan Berat Badan

Ilustrasi berat badan
Ilustrasi (iStock)

Terung mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori, menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk semua program penurunan berat badan. Hal yang banyak dilakukan oleh kaum hawa.

Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat mengontrol napsu makan. Dalam 82 gram terung mengandung 3 gram serat dan hanya ada 20 kalori.

6 of 6

5. Melawan Kanker

Ilustrasi Kanker Payudara
Ilustrasi Kanker Payudara (iStock)

Terung mengandung beberapa zat yang menunjukkan sejumlah potensi untuk melawan sel kanker. Misalnya, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs) adalah jenis senyawa yang ditemukan di beberapa tanaman nightshade, termasuk terung.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa SRG dapat menyebabkan kematian sel kanker dan juga dapat membantu mengurangi kambuhnya jenis kanker tertentu.

Meskipun penelitian tentang topik ini terbatas, SRG telah terbukti sangat efektif melawan kanker kulit ketika diterapkan langsung ke kulit.

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran, seperti terung, dapat melindungi terhadap jenis kanker tertentu.

Lanjutkan Membaca ↓