Sukses

Selain Kanye West, 4 Selebritas Ini Siap Maju dalam Pemilihan Presiden AS?

Bukan hanya Kanye West yang berkeinginan menjadi presiden AS, empat tokoh populer di bawah ini juga menginginkan hal serupa.

Liputan6.com, Washington DC - Belum lama ini, rapper Kanye West menyatakan keseriusan untuk maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), tetapi menegaskan hal itu tidak akan terjadi hingga 2024 mendatang.

"Jika saya memutuskan untuk melakukannya, itu akan dilakukan," kata rapper dan perancang mode itu dalam sebuah wawancara radio dengan DJ Pharris, Power 102 Chicago.

"Ya, seratus persen itu (maju sebagai capres) bisa terjadi pada ..... 2024," lanjut suami sosialita Kim Kardashian itu yakin, sebagaimana dikutip dari Independent.co.uk pada Minggu, 2 September 2018.

West pertama kali mengumumkan rencana untuk maju ke Gedung Putih ketika tampil di ajang penghargaan di MTV Video Music Awards 2015.

"Saya telah memutuskan pada tahun 2020 untuk mencalonkan diri sebagai presiden," katanya tahun itu. Tak dijelaskan alasannya mengubah rencana maju pilpres dari tahun 2020 ke 2024.

Jika dirunut beberapa waktu ke belakang, ternyata bukan hanya Kanye West yang hendak maju sebagai calon presiden Amerika Serikat, ada banyak tokoh populer lainnya yang berkeinginan serupa, dengan menyeret berbagai cita-cita berbeda, dan bahkan terkadang unik.

Meski begitu, tidak semuanya seberani dan selantang West dalam mengutarakan keinginan tersebut. Ada yang menyampaikannya sebagai lelucon, dan ada pula yang malu-malu mengakuinya di hadapan publik.

Dikutip dari Amny.com pada Senin (3/9/2018), berikut adalah empat tokoh terkenal yang pernah menyatakan ingin maju sebagai calon presiden Amerika Serikat, selain Kanye West.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Alec Baldwin

Alec Baldwin telah menghabiskan begitu banyak waktu berperan sebagai Donald Trump di acara televisi Saturday Night Live, yang disiarkan oleh stasiun televisi NBC.

"Jika saya mencalonkan diri sebagai presiden, saya akan menang," kata Baldwin dalam sebuah wawancara program radio, yang dirilis 11 Juni 2018.

"Semua orang suka dengan peran saya (sebagai Trump), dan mungkin saya akan mengubahnya menjadi alat untuk memperbaiki dunia ini," lanjutnya.

Dalam artikel yang diterbitkan di majalah Interview pada 2012, Baldwin mengatakan ia ingin duduk di Ruang Oval untuk beberapa waktu.

"Saya benar-benar melakukannya. Semakin tua saya, semakin tidak masuk akal gagasan itu," kelakar Baldwin.

3 dari 5 halaman

2. Dwayne

Pada episode Saturday Night Live yang tayang 20 Mei lalu, The Rock bergabung dengan Tom Hanks dalam sebuah monolog, yang mengumumkan kampanye mereka, menampilkan spanduk untuk maju sebagai pengisi Gedung Putih selanjutnya.

"Pemilu yang lalu ini menunjukkan apa pun bisa terjadi," The Rock berkata kepada Vanity Fair pada November 2016, ketika ditanya apakah dia akan mempertimbangkan untuk mencalonkan diri.

"Ini akan menjadi kesempatan bagus untuk membantu orang, jadi itu mungkin (maju sebagai calon presiden)," jawabnya.

Itu bukan pertama kalinya sang aktor berbicara tentang rencana menjadi presiden AS. Pada Maret 2016, dia men-tweet tautan ke artikel yang meminta dukungan untuk maju ke pilpres, seraya menulis: "Mungkin suatu hari nanti. Pasti Gedung Putih punya tempat untuk memarkir truk saya."

4 dari 5 halaman

3. Katy Perry

Pelantun lagu 'Roar' ini adalah salah satu pendukung utama Hillary Clinton pada pemilu presiden AS 2016. Ia bahkan bersikap sangat vokal dalam mengkampanyekan pilihannya tersebut.

Pada Juli 2015, penyanyi itu mengunggah sebuah foto di Instagram, yang memuat dirinya berpose bersama dengan Bill Clinton dan George W. Bush. Foto tersebt memuat keterangan samar, yang membuat penggemarnya percaya bahwa dia mengisyaratkan maju sebagai calon presiden di masa depan.

"42, 43, 46 ?!" tulisnya, terjepit yang menunjukkan inisial presiden ke-42 dan ke-43 AS. Donald Trump terpilih menjadi presiden ke-45, dan kemungkinan Katy Perry akan maju sebagai pemimpin AS selanjutnya.

5 dari 5 halaman

4. Oprah Winfrey

Presenter kondang ini sama sekali tidak menyatakan langsung tentang gagasan maju sebagai calon presiden AS. Namun pada 7 Januari 2018, ketika menyampaikan pidato singkat, namun emosional, di tengah ajang Golden Globes. Ia menyampaikan opini mengenai kondisi Negeri Paman Sam saat ini, dan juga harapan bagi negaranya di masa depan.

Tidak lama setelahnya, warganet di seluruh dunia sibuk berspekulasi tentang kemungkinan Oprah maju sebagai calon presiden AS pada 2020 mendatang.

Namun beberapa kali Oprah menegaskan bahwa dia tidak tertarik untuk maju sebagai capres, meskipun dia juga mengisyaratkan bahwa dia merasa "cukup memenuhi syarat" untuk melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.