Ini 6 Keajaiban Tak Terduga yang Bisa Didapatkan dari Sebatang Lilin

Oleh Afra Augesti pada 03 Sep 2018, 19:40 WIB
Diperbarui 05 Sep 2018, 19:13 WIB
Ilustrasi lilin

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda mendengar kata "parafin", mungkin hal pertama yang terlintas dalam benak adalah sebatang lilin. Anda juga akan berpikir bahwa benda ini hanyalah alat untuk menerangi malam, pengganti lampu ketika listrik padam, atau pelengkap kue ulang tahun.

Namun tahukan Anda jika lilin bisa berfungsi lebih dari itu? Lilin dapat digunakan untuk pelumas, perekat, [kosmetik](3631092/ ""), hingga pengobatan dengan beragam cara.

Salah satu manfaat lilin adalah untuk merawat tangan. Kedua tangan kita digunakan setiap hari untuk berbagai macam aktivitas secara terus menerus, seperti terkena air, kedinginan, dan panas. Jadi tidak mengherankan bahwa kulit di tangan bisa menjadi kering dengan sangat cepat dan mudah.

Perawatan menggunakan lilin diklaim beberapa orang sebagai trik yang sangat bagus. Parafin yang terkandung dalam lilin bisa melembutkan dan menghaluskan tangan ketimbang kosmetik seperti losion atau krim pelembab.

Caranya yakni cairkan lilin dan buat menjadi 'hangat-hangat kuku'. Celupkan tangan Anda ke dalamnya selama beberapa detik saja. Angkat tangan Anda, lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau sarung tangan. Diamkan 10-15 menit dan lepaskan lilin dari tangan Anda.

Sedangkan untuk kaki pecah-pecah, prosesnya tak jauh berbeda dengan perawatan tangan. Anda juga tak perlu repot-repot menggunakan kosmetik mahal untuk mengobati telapak kaki Anda agar kembali mulus.

Selain itu, apa lagi fungsi lain dari sebatang lilin? Mengutip laman Brught Side, ini 6 kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari manusia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 of 7

1. Segel Toples Selai

Tak Hanya Enak, Ini Kegunaan Selai Kacang yang Perlu Anda Ketahui
Berikut lima kegunaan selai kacang yang tak banyak orang tau, tapi bisa Anda coba di rumah. (Foto: iStockphoto)

Lilin bisa dimanfaatkan untuk menyegel selai buatan sendiri (home made jam). Umumnya, selai buatan sendiri hanya menggunakan lebih sedikit gula dan tidak mengandung bahan pengawet, bila dibandingkan dengan selai yang dijual bebas di pasaran.

Itulah sebabnya, selai buatan sendiri bisa cepat basi. Untuk mencegahnya dari kontaminasi udara, Anda bisa menyegelnya dengan lilin yang khusus untuk makanan.

Caranya: lelehkan lilin, tuangkan cairannya di atas selai dan rotasikan tabung untuk memastikan agar lilin menutupnya dengan sempurna.

3 of 7

2. Menyegel Botol Kaca

Ilustrasi botol kaca (iStock)
Ilustrasi botol kaca (iStock)

Jika Anda membuat anggur sendiri, minyak atau sesuatu yang ingin Anda simpan di dalam botol, Anda dapat menggunakan lilin untuk menyegelnya.

Caranya yaitu lelehkan lilin dan oleskan cairan ini di sekitar leher botol.  Dengan cara ini, Anda bisa membuka botol dengan mudah. 

4 of 7

3. Pelumas Laci, Pintu dan Jendela

Ilustrasi pintu
Ilustrasi (iStock)

Seiring berjalannya waktu, laci kayu umumnya jadi susah dibuka. Untuk membuatnya licin, Anda hanya perlu mengolesi bagian atas laci dengan sebatang lilin.

Sedangkan untuk menjaga agar engsel pintu dan jendela tidak seret, gosokkan lilin pada seluruh engsel pintu dan jendela.

5 of 7

4. Atasi Ritsleting Macet

Cara Cerdas Atasi Ritsleting yang Rusak
Ada beberapa cara jitu yang bisa dicoba saat ritsleting pada baju, jaket atau tas Anda bermasalah. (Foto: Instagram/@5.min.crafts)

Jika ritsleting celana, rok, sepatu, atau baju Anda macet, coba trik ampuh ini: gosokkan sedikit batang lilin di sepanjang ritsleting.

6 of 7

5. Olesan Sekop Salju

Salju Donat
Pada tanggal 27 Januari 2014, salju berbentuk seperti donat terbentuk dalam satu malam, saat angin kencang melanda Venus di Pennsylvania bagian barat. (Wikimedia/Creative Commons)

Jika salju turun di daerah tempat tinggal Anda, biasanya Anda harus menyingkirkan salju yang berada di jalanan di depan rumah. Kadang-kadang salju bisa menempel pada sekop, membuat pekerjaan menjadi lebih sulit dan lebih memakan waktu.

Cukup oleskan lilin pada permukaan depan dan belakang sekop salju.

7 of 7

6. Mengawetkan Talenan

Masak
Hobi masak? Intip tips praktis membersihkan talenan berikut ini. (Foto: Istockphoto)

Talenan digunakan untuk memotong dan menyiapkan makanan, umumnya terbuat dari kayu dan plastik. Tentu saja, Anda ingin talenan yang digunakan awet dan mudah dibersihkan.

Maka gunakan lilin khusus makanan (food grade wax), lalu oleskan sedikit pada kain bersih dan gosok papan. Pastikan lilin menutupi seluruh permukaan papan.

Setelah itu, diamkan selama 10 menit sampai lilin benar-benar terserap talenan. Kemudian hapus sisa lilin dengan kain bersih yang kering.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by