Sukses

Pertama dalam Sejarah, Muslimah Berhijab Ikut Final Kontes Kecantikan Miss England

Seorang perempuan muslim berusia 20 tahun akan menjadi kaum hawa pertama dalam final kontes kecantikan Miss England sambil mengenakan hijab.

Liputan6.com, London - Seorang perempuan muslim berusia 20 tahun akan menjadi kaum hawa pertama yang berpartisipasi dalam final kontes bakat dan kecantikan di Inggris sambil mengenakan hijab.

Dan, jika menang dalam final Miss England, Sarah Iftekhar bisa mewakili Inggris dalam kompetisi bakat dan kecantikan bergengsi bertaraf internasional, Miss World di China.

Iftekhar, seorang mahasiswa hukum Huddersfield University yang berdomisili di West Yorkshire, akan mengambil bagian dalam babak final Miss England di Kelham Hall di Nottinghamshire Selasa pekan depan.

Meskipun Iftekhar bukan kontestan Miss England pertama yang mengenakan hijab, namun ia adalah yang pertama yang berhasil mencapai tahap akhir kompetisi atau babak final, demikian seperti dikutip dari outlet media Rusia RT, Senin (3/9/2018).

Iftekhar, yang memulai bisnis pakaiannya sendiri pada usia 16 tahun, juga menggunakan platform bisnis dan sepak terjangnya di Miss England untuk menggalang dana bagi badan amal Miss World 'Beauty with a Purpose.'

Pihak Organisasi Miss England mendorong semua kontestan untuk mengumpulkan uang dan meningkatkan kesadaran publik untuk berkontribusi dalam badan amal yang bertujuan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu di seluruh dunia.

Dalam sebuah posting di akun Instagram yang tampaknya telah dihapus, Iftekhar dilaporkan menulis tentang kegembiraannya berkompetisi dalam final Miss England.

Sementara itu, pada halaman amal GoFundMe, perempuan pemakai hijab itu menjelaskan motivasinya untuk mengikuti kontes kecantikan, dengan menulis: "Saya berpartisipasi di Miss (England) 2018 untuk menunjukkan bahwa kecantikan tidak memiliki definisi, semua orang cantik dengan caranya sendiri, terlepas dari berat badan mereka, ras, warna atau bentuk. "

Jika Iftekhar mengalahkan 49 ratu kecantikan lainnya untuk mengklaim mahkota, ia akan mewakili Inggris di Miss World di China.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hamdia Ahmed, Wanita Muslim Pertama di Kontes Kecantikan Miss USA

Mengenakan hijab dan mengikuti kontes kecantikan di kompetisi Miss USA beberapa waktu lalu membuat gadis ini menjadi sorotan banyak orang. Yup, dia adalah Hamdia Ahmed yang merupakan salah satu kontestan Miss Maine pertama yang berani mengenakan hijab di atas panggung.

Dilansir dari Independent, Selasa 26 Desember 2017. Hamdia adalah seorang gadis Somalia yang dibesarkan di sebuah camp pengungsi di Kenya. Kecintaan Hamdia pada dunia permodelan membuatnya berusaha untuk ikut ambil bagian dalam kompetisi tahunan yang berlangsung di Holiday Inn di Portland pada 27 November lalu.

Gadis yang kini tinggal dan kuliah di University of Southern Maine Amerika Serikat ini mampu tampil dengan sempurna di atas panggung. Pada segmen Eveningwear, ia terlihat sangat cantik saat mengenakan gaun berlengan panjang berwarna emas yang dipadukan dengan jilbab pinkyang berkilau. Sementara pada kontes baju renang, Hamdia memilih untuk mengenakan burkini merah muda yang dipadukan dengan hijab berwarna hitam.

Meskipun tidak lolos menjadi pemenang pertama, Hamdia mengaku bangga karena telah ikut mengambil bagian pada kontes kecantikan ini. Ia memilih untuk terus bersaing karena ingin menginspirasi gadis-gadis muslim lainnya untuk terus percaya diri dengan apa yang mereka miliki dan tidak menjadikan hijab sebagai penghalang untuk meraih cita-cita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.