Sukses

Mengenang 21 Tahun Kematian Putri Diana, Sahabatnya Unggah Foto Langka Ini

Teman Putri Diana membagikan foto 'candid' yang belum pernah terekspos ke publik sebelumnya.

Liputan6.com, London - Salah satu teman dekat Putri Diana mengunggah sebuah foto 'candid' Princess of Wales tersebut ke akun Twitter pribadinya. Itu adalah foto langka yang belum pernah 'terendus' media dan masyarakat luas.

Rosa Monckton memosting foto ibu Pangeran William dan Pangeran Harry itu dalam rangka mengenang 21 tahun kematiannya pada 31 Agustus 1997 di Paris, Prancis.

"Diana yang kuingat. Kata-kata tak akan bisa mewakili perasaan bahagia dan semangatnya untuk hidup. Teman dan seorang ibu baptis yang hebat untuk Domenica. RIP," tulis akun @MoncktonR.

Dalam foto tersebut, Putri Diana tampak sedang tertawa lepas, dengan mengenakan sweater putih dan celana panjang katun berwarna biru langit. Dia duduk di sofa merah dalam sebuah ruangan berdinding putih --sepertinya di dalam pesawat, melihat bentuk jendela di sampingnya.

Monckton diperkenalkan kepada Diana oleh seorang teman. Dia mengaku sangat menyayangi Lady Di, bahkan menyebutnya sebagai ibu baptis putrinya, Domenica, yang lahir pada 1995 dengan kondisi Down Syndrome, menurut People.

"Dia pernah berkata, 'Kamu harus percaya pada anakmu. Percaya padanya, sayangi dia dan aku akan ada di sana'. Dia sudah tahu akan jadi seperti apa Domenica, sesuatu yang tidak bisa aku lihat," kenang Monckton, seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (1/9/2018).

Monckton memuji Putri Diana karena mengilhaminya untuk mendirikan badan amal Team Domenica, yang menyandang nama putrinya.

Organisasi ini membantu 'anak-anak dengan kebutuhan khusus' agar bisa lebih percaya diri saat berada di publik, mendapatkan pekerjaan, dan perawatan kesehatan yang lebih baik.

Sementara itu, Diana meninggal pada 31 Agustus 1997 dalam kecelakaan mobil tragis di Paris, bersama pacarnya, Dodi Fayed, dan sopir mereka pada saat itu.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misteri Gaun Pengantin Rahasia Putri Diana yang Tak Pernah Tersingkap

Berbicara mengenai sesuatu yang langka tentang Diana, gaun pengantin yang dikenakannya ketika menikah dengan Pangeran Charles juga dianggap belum pernah tersingkap.

Lady Diana Spencer menikah dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981. Sejak saat itu, ia pun mengenakan gelar baru yang kemudian melekat pada namanya, Putri Diana.

Pernikahan kerajaan antara Putri Diana dan Pangeran Charles itu pun menjadi salah satu yang paling ikonik dalam sejarah. Gaun pengantinnya bahkan dikenal sebagai sumber inspirasi para bridal selama bertahun-tahun.

Namun, tahukah Anda jika Putri Diana memiliki gaun pengantin rahasia, pakaian kedua alias cadangan?

Seperti dikutip dari Aol.com, Minggu (19/8/2018), David dan Elizabeth Emanuel, menjelaskan kepada People bahwa merekalah dalang di balik pembuatan gaun kedua tersebut. Kendati demikian, benda tersebut masih menjadi misteri hingga kini. Tak terungkap.

Perancang di balik gaun pengantin yang terkenal itu, mengaku sengaja membuat pakaian kedua untuk Putri Diana dengan alasan untuk ketenangan pikiran mereka, jika desain pertama terungkap ke publik sebelum hari besar.

"Saat itu kami ingin benar-benar yakin bahwa gaun yang utama itu adalah kejutan... Seandainya rancangan gaun rahasia itu bocor ke publik, mungkin saja Diana benar-benar mengenakan yang ini (gaun cadangan)," kata kedua desainer itu.

Mereka juga mengungkapkan bahwa Putri Diana tidak tahu tentang gaun kedua itu, apalagi pernah mencobanya.

"Kami tidak mencobakannya pada Diana. Kami bahkan tidak pernah membahasnya," tambah Emanuel.

Meski sudah mempersiapkan gaun kedua itu, desain gaun pengantin yang utama ternyata tak bocor sebelum hari besar. Gaun asli yang utama akhirya dikenakan Putri Diana sesuai rencana, dan sejak itu menjadi pelengkap dalam sejarah gaun pengantin.

Rancangan gaun kedua itu ternyata juga diterapkan oleh para perancang gaun pernikahan anggota kerajaan Inggris lainnya.

Bulan Mei lalu, Meghan Markle yang kini menjadi Duchess of Sussex karena menikahi Pangeran Harry, juga mengenakan gaun keduanya saat resepsi pernikahannya. Persis seperti kakak iparnya, Kate Middleton.

Kendati demikian gaun kedua Putri Diana hingga kini belum terungkap. Masih menjadi misteri.

Meski masih menjadi misteri dan belum terpecahkan, situs Harpersbazaar.com, mengupas bagaimana perkiraan penampakan gaun pengantin kedua Putri Diana itu.

Situs tersebut menyebut Putri Diana mengenakan salah satu gaun pengantin paling ikonik sepanjang masa ketika ia menikahi Pangeran Charles pada tahun 1981. Rancangan mantan suami-istri David dan Elizabeth Emanuel.

Gaun yang dikenakan Putri Diana saat menikah itu konon memiliki 10.000 mutiara, renda yang detail, dengan panjang gaun bagian belakang mencapai 7 meter yang epik.

Sementara gaun penganti keduanya yang dirahasiakan, menurut Daily Mail, konon memiliki desain yang lebih sederhana. Terbuat dari taffeta atau sutra halus berkilau berwarna ivory dengan aksen rumbai di leher, termasuk bentuk kerah V yang lebih dalam, lengan yang lebih pendek, dan rok tanpa renda.

Meski gambaran gaun pengantin kedua Putri Diana beredar ke publik, kendati demikian kabarnya pembuatan pakaian itu tak pernah sepenuhnya diselesaikan.

"Baru tiga perempat selesai -- kami benar-benar tidak punya waktu untuk membuatnya utuh, jadi tidak ada embroidery atau sentuhan akhir yang dilakukan," kata Elizabeth kepada Daily Mail.

Selain tak pernah diselesaikan, gaun misterius itu juga dilaporkan lenyap setelah pernikahan Putri Diana rampung.

"Gaun itu menggantung di studio untuk waktu yang lama, dan kemudian menghilang," tambah Elizabeth. "Saya tidak tahu apakah kami menjualnya atau menyimpannya. Saat itu sangat sibuk. Saya yakin gaun itu akan ditemukan di dalam tas suatu hari nanti!"

Kabar lainnya tentang gaun misterius itu, diyakini telah dilelang pada tahun 2005. Rumah lelang Cooper Owen mengaku menjual replika gaun pengantin Diana seharga $ 90.000.

Para pelelang mengatakan bahwa Putri Diana mengenakan gaun itu, tetapi para perancang mengatakan dia tidak pernah memakai atau mencoba gaun pengantin kedua yang dibuatkan mereka.

Foto-foto yang beredar di publik menunjukkan bahwa gaun yang dijual tampak lebih mirip dengan gaun pengantin asli Putri Diana, dengan detail renda dan garis leher yang lebih bulat, beda dengan gambaran gaun alternatif rancangan pasangan Emmanuel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.