Sukses

Lupakan Produk Kosmetik, Intip 11 Tips Alami Ini Agar Anda Terlihat Cantik dan Segar

Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan orang-orang agar bisa tampil menarik dan cantik, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Demi mendapatkan penampilan yang natural, tak jarang orang rela merogoh kocek selangit, khususnya para wanita. Sebagian besar kaum Hawa yang hidup di zaman modern sadar bahwa penting untuk menjaga penampilan agar selalu segar dan cantik.

Banyak perempuan-perempuan di dunia khawatir tentang perubahan usia mereka. Meski umur semakin menua, namun tak jarang perempuan yang selalu ingin tampil prima dan sempurna.

Industri kecantikan juga kian berkembang pesat, tetapi sebagian besar produk harganya mahal. Untuk mengatasi permasalahan itu, Anda bisa menggantinya dengan bahan-bahan yang berasal dari alam.

Berikut 11 tips yang mungkin bisa Anda aplikasikan untuk merawat tubuh, seperti dilansir dari Bright Side, Kamis (30/8/2018). Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang demi tampil cantik.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan video pilihan tentang menteri cantik termuda di dunia berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Bibir Pink Alami

Anda tidak perlu membeli scrub bibir yang mahal atau lip balm yang mengandung zat kimia demi menyelamatkan bibir yang pecah-pecah dan kering. Anda dapat membuat pelembab bibir sendiri dengan bahan-bahan alami. Yang perlu Anda butuhkan hanyalah pasta gigi dan madu murni.

Caranya: campurkan pasta gigi dan madu, lalu letakkan adonan ini di sikat gigi dan mulailah menggosok bibir Anda. Diamkan selama 3-5 menit.

Ingat, Anda harus melakukannya dengan lembut dan hati-hati, jangan sampai melukai bibir karena terlalu kasar menyikat. 

3 dari 12 halaman

2. Wajah Bersih Tanpa Komedo

Ucapkan selamat tinggal pada komedo yang mengganggu wajah Anda dengan membersihkan kulit menggunakan masker rumahan.

Bahan yang Anda perlukan hanya dua, yakni satu pak kecil bubuk gelatin dan beberapa sendok teh susu.

Campur kedua bahan itu, panaskan dalam microwave selama 10 detik, lalu oleskan ke zona wajah yang 'ditinggali' komedo. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

4 dari 12 halaman

3. Bulu Mata Lebat dan Lentik

Minyak kelapa memiliki khasiat yang luar biasa, sehingga banyak digunakan untuk bahan kosmetik. Minyak kelapa juga merupakan salah satu produk paling populer dalam industri kecantikan. Salah satu khasiatnya ialah melebatkan dan melentikkan bulu mata.

Bahan yang diperlukan adalah minyak kelapa murni dan gel lidah buaya.

Minyak kelapa mengandung vitamin E, mineral dan nutrisi lain yang membantu merangsang pertumbuhan bulu mata. Kombinasi kedua bahan tersebut akan membantu meningkatkan efisiensi pertumbuhan bulu mata, serta membuatnya panjang dan tebal.

5 dari 12 halaman

4. Menghilangkan Stretch Marks

Stretch marks adalah guratan yang sering nampak pada kulit di mana terdapat lemak yang menumpuk, seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat dan paha. Stretch marks bisa terjadi pada siapa saja, baik pada wanita maupun pria. Untungnya, guratan di kulit ini bisa dihilangkan.

Bahan: kentang berukuran sedang dan kain kasa.

Kupas kentang, potong, lalu masukkan ke kain kasa. Gunakan sebagai kompres di area yang bermasalah.

Kentang mengandung pati yang bersifat melembutkan dan menenangkan. Umbi-umbian ini juga mengandung antioksidan yang mencegah dan memperlambat proses kerusakan sel dan merupakan bahan alami yang berkhasiat untuk melawan kerusakan kulit.

 

6 dari 12 halaman

5. Menghaluskan Rambut

Sampo umumnya mengandung zat yang bisa menyerap minyak berlebih, namun juga bisa membuat rambut Anda jadi kotor setelah beberapa hari pemakaian.

Jika Anda ingin membuat sampo ala Anda sendiri tanpa menggunakan zat kimia berbahaya, Anda dapat menggunakan resep berikut yang cocok untuk rambut jenis apapun.

Sediakan 1/4 cangkir tepung maizena, 1 sendok teh kayu manis, 1/4 cangkir bubuk coklat (untuk rambut hitam). Campur bahan-bahan ini, oleskan ke rambut dengan bantuan kuas dan biarkan selama 30 menit. Jangan gosokkan ke kulit kepala, karena bisa menyebabkan gatal.

7 dari 12 halaman

6. Menghilangkan Bau Kaki dan Tumit Pecah-Pecah

Jika Anda pernah mengalami tumit yang kering dan pecah-pecah, ada solusi sederhana untuk mengatasinya. Siapkan satu buah lemon besar dan masih segar, serta krim pelembab.

Potong lemon menjadi dua bagian, tempatkan di tumit dan tutup dengan kaus kaki. Cara ini juga ampun untuk mengusir bau tak sedap pada kaki.

8 dari 12 halaman

7. Menghilangkan Bulu Halus di Wajah

Pertumbuhan rambut yang berlebih pada wanita umumnya dikaitkan dengan peningkatan kadar testosteron. Perawatan dengan laser adalah salah satu opsi yang dapat Anda gunakan untuk menyingkirkan ini, tetapi prosedur ini terbilang mahal.

Ada lebih banyak metode yang ramah anggaran dan juga efektif. Di India, para wanita menghilangkan rambut halus di mukanya dengan bantuan rempah-rempah.

Bahan yang dibutuhkan: 2 sendok makan kunyit, air, dan sarung tangan karet.

Blender kunyit, campurkan dengan air. Tempelkan pasta ini ke area di mana Anda ingin menghilangkan rambut halus. Diamkan beberapa saat.

9 dari 12 halaman

8. Kulit Wajah yang Kencang dan Awet Muda

Anggur diyakini memiliki sifat anti-penuaan. Buah ini kaya akan senyawa kimia alami yang membantu melawan kerutan, mengembalikan elastisitas kulit, menyembuhkan kerusakan kulit, dan memberikan nutrisi yang mendalam.

Anda akan perlu: anggur (jenis apa saja) dan minyak zaitun. Keluarkan biji anggur, lalu hancurkan agar jadi bubur. Campurkan 2 sendok makan adonan ini dengan 1 sendok teh minyak zaitun.

Oleskan masker tersebut ke wajah dan leher Anda dengan gerakan memijat, biarkan selama 10-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

10 dari 12 halaman

9. Menyingkirkan Rambut Kusut

Gelatin dapat memperbaiki rambut yang rusak, mengembalikan dan mempertahankan kelembapannya, membuat berkilau dan lebih kuat. Itu sebabnya, masker gelatin disarankan untuk perawatan rambut Anda.

Cukup gunakan 1 sendok makan gelatin, 2 sendok makan pelembab rambut, minyak jarak (opsional). Gelatin harus dicampur dengan 4 sendok makan air hangat dan dipanaskan dalam air mendidih sampai benar-benar larut.

Setelah itu, tambahkan pelembab rambut dan minyak jarak. Campuran ini harus diterapkan pada rambut basah. Usai dioleskan ke rambut, tutup kepala dengan plastik atau handuk selama 30 menit.

Jika perlu, Anda dapat menghangatkan kepala dengan pengering rambut agar hasilnya lebih baik. Lakukan tips ini seminggu sekali.

11 dari 12 halaman

10. Hilangkan 'Mata Panda'

Lingkaran hitam di bawah mata menjadi permasalahan besar wanita pada umumnya. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menyingkirkannya.

Anda hanya memerlukan satu kantong teh celup. Seduh teh dan biarkan semalaman agar menjadi dingin. Di pagi hari, aplikasikan ke mata Anda selama 10-15 menit.

Teh terbukti bisa mengurangi mata sembab, lingkaran hitam dan meredakan peradangan. Tetapi jangan letakkan kantong teh di mata Anda lebih lama dari waktu yang ditunjukkan, sebab kulit di sekitar mata akan terasa kering.

12 dari 12 halaman

11. Anti-Rambut Rontok

Rambut rontok dapat terjadi karena faktor-faktor seperti stres, kekurangan gizi, kurang tidur, dan perubahan suhu. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan masker rambut alami untuk membantu meregenerasi dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Siapkan satu buah alpukat matang dan satu kuning telur. Haluskan alpukat hingga menjadi pasta, tambahkan kuning telur mentah. Oleskan ke rambut dan diamkan selama satu jam. Bilas dengan air.

Lakukan rutin setiap dua kali seminggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.