Sukses

Awas, Ini 8 Efek Samping Jika Anda Terlalu Banyak Makan Micin

Meski makanan Anda menjadi lebih lezat setelah dibumbui micin atau MSG, namun para ahli kesehatan telah memperingatkan kalau bahan ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Monosodium glutamat (MSG) atau micin adalah penambah rasa yang biasanya ditambahkan ke makanan. MSG yang juga dikenal sebagai sebagai penyedap rasa biasanya digunakan di rumah tangga maupun industri. 

Meski makanan menjadi lebih lezat setelah dibumbui MSG, namun para ahli kesehatan telah memperingatkan kalau bahan ini sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi anak-anak dan wanita hamil.

Penggunaan sedikit dan tidak dilakukan secara terus menerus memang tidak menimbulkan efek negatif. Namun, Anda akan merasakan akibat buruk apabila menggunakannya setiap saat dan terus menerus.

Seperti dikutip dari laman mayoclinic.org, Selasa (28/8/2018), berikut 8 efek samping yang jika mengonsumsi MSG secara terus-menerus:

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sakit Kepala

Bagi mereka yang punya indera pengecap sensitif, maka bisa menentukan apakah makanan yang dicoba mengandung kadar MSG tinggi atau tidak. Namun, tak semua punya lidah yang sensitif dan baru merasakan efeknya belakangan. 

Sakit kepala adalah salah satu efek samping yang paling umum terjadi. MSG juga kerap memperburuk kondisi penderita migrain.

2. Keringat Berlebih

Efek lain yang juga dirasakan bagi mereka yang mengonsumsi MSG terlalu banyak adalah keringat yang dihasilkan oleh tubuh terlalu banyak.

Meskipun bukan merupakan efek samping yang serius, tapi hal tersebut bisa mengganggu penampilan terutama saat bertemu dengan orang lain.

 

3 dari 4 halaman

3. Tekanan Darah

Beberapa penelitian melaporkan, MSG bisa  menyebabkan masalah tekanan darah jika dikonsumsi berlebihan.

4. Kulit Wajah Kaku

Efek lain yang dirasakan pada bagian wajah yaitu kulit muka yang kencang dan kaku. Bahkan, ada sejumlah laporan menyebut beberapa orang mengalami rasa sakit seperti terbakar.

5. Sakit pada Dada

Masalah denyut jantung juga jadi masalah. Tidak teraturnya detak jantung bisa membuat sakit pada bagian dada.

Hal ini bisa terjadi pada orang-orang yang berlebihan mengonsumsi MSG.

 

4 dari 4 halaman

6. Mual

Ketidaknyamanan pada bagian perut juga terjadi. Rasa mual akan timbul pada mereka yang mengonsumsi MSG terlalu banyak.

7. Obesitas

Beberapa penelitian mengklaim, MSG memengaruhi pankreas dan kadar gula darah. Secara tidak langsung dapat membuat Anda makan lebih banyak dan dengan demikian bisa menyebabkan obesitas.

8. Kemandulan

Para ahli kesehatan mengatakan, wanita wajib menghindari penyedap makanan. Beberapa penelitian menghubungkan kemandulan pada wanita dengan MSG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.