Sukses

Terowongan Narkoba Ini Membentang dari Eks Gerai KFC di AS ke Rumah Kosong di Meksiko

Polisi AS temukan terowongan rahasia di bawah bekas restoran KFC untuk selundupkan narkoba dari Meksiko ke Negeri Paman Sam.

Liputan6.com, San Luis - Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) mengumumkan penemuan sebuah terowongan rahasia yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba. Jalan terselubung itu diketahui membentang dari bekas gedung KFC di negara bagian Arizona, menuju sebuah bangunan kosong di wilayah Meksiko.

Terowongan sepanjang hampir 180 meter itu ditemukan membentang dari bawah ruang basement bekas cabang restoran KFC di Kota San Luis di wilayah AS, menuju sebuah bangunan di tengah pemukiman di Kota San Luis Rio Colorado di Meksiko.

Dikutip dari BBC pada Jumat (24/8/2018), terowongan tersebut ditemukan pertama kali pada pekan lalu, dan polisi mengatakan telah menangkap pemilik bangunan di selatan Arizona itu pada Rabu, 22 Agustus 2018.

Penemuan itu berlangsung setelah tersangka, yang diketahui bernama Ivan Lopez, diberhentikan oleh polisi patroli dalam sebuah razia lalu lintas pada Minggu, 19 Agustus 2018.

Anjing pelacak yang dikerahkan mencium adanya benda mencurigakan di dalam dua kontainer tertutup di kursi belakang mobil tersangka.

Setelah dibuka, polisi menemukan 118 kilogram methamphetamine, enam gram kokain, 3 kg fentanyl, dan 21 kg heroin. Nilai komersial dari seluruh barang bukti narkoba tersebut diketahui mencapai hampir US$ 1 juta, atau sekitar Rp 14,6 miliar.

Setelahnya, polisi pun menggeledah rumah Lopez dan bekas gedung KFC yang dimilikinya. Upaya tersebut membuahkan temuan pintu masuk ke sebuah terowongan rahasia di dapur bekas restoran cepat saji itu.

Lorong tersebut diketahui memiliki tinggai 22 kaki (6,7 meter), tinggi lima kaki (1,5 meter), dan lebar tiga kaki (0,9 meter).

Polisi meyakini bahwa paket-paket narkoba telah ditarik menggunakan tali, dari Meksiko ke Arizona, melalui terowongan tersebut.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Pertama Kali Terjadi

Terkuaknya keberadaan terowongan rahasia tersebut bukan merupakan yang pertama kali terjadi. Dua tahun lalu, polisi AS menemukan sebuah terowongan sejauh 792 meter yang membentang dari Kota San Diego, California, menuju area pebatasan di Meksiko.

Pihak berwenang mengatakan itu adalah salah satu terowongan narkoba tertua yang pernah ditemukan, di mana digunakan untuk mengangkut "selundupan besar" yang belum pernah terjadi sebelumnya, seperti kokain dan mariyuana.

Pada bulan Juli saja, Patroli Perbatasan AS menyita 15 kilogram heroin, 24 pon kokain, 327 kilogram sabu dan 1.900 kilogram ganja di pos pemeriksaan perbatasan nasional di California.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.