Sukses

Mengejutkan, Isi dari 9 Produk Makanan dan Minuman Ini Tak Sesuai Fakta

Penting untuk mengetahui kandungan dan jenis bahan yang diolah dari sebuah produk makanan atau minuman.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia modern, masyarakat umumnya gemar mengonsumsi segala sesuatu yang serba instan dan praktis. Tak terkecuali, produk makanan, minuman, pakaian, hingga perkakas rumah tangga. Alasannya hanya satu: menghemat waktu dan tak ribet.

Ketika membeli produk makanan atau camilan, semisal, orang-orang tentunya menginginkan jenis makanan yang sehat dan tentunya dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi bila makanan tersebut bisa melengkapi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya.

Akan tetapi, banyak orang tidak mau membaca informasi yang tertulis di label sebuah produk dan berpikir bahwa mereka sudah tahu segala sesuatunya. Kenyataannya, banyak yang salah kaprah tentang produk-produk makanan tersebut.

Seperti mengutip Bright Side, Kamis (23/8/2018), ada sedikitnya 9 fakta mengejutkan tentang produk makanan dan minuman --bahkan camilan-- yang biasanya dikonsumsi kita setiap hari.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Saksikan video ppilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Keripik Kentang

Para penggemar camilan harusnya sudah tahu produk ini. Keripik Pringles terbuat dari jenis adonan khusus yang terdiri dari gandum, beras, tepung jagung, dan kentang yang dikeringkan.

Bahan-bahan tersebut kemudian digoreng dan diiris tipis, dikeringkan, dan disemprot dengan rempah bubuk dan peningkat rasa lainnya.

3 dari 10 halaman

2. Kacang yang Bukan Kacang

Dari sudut pandang botani, kacang adalah "buah" di dalam cangkang keras yang tidak terbuka secara alami. Kacang "asli" adalah hazelnut, kastanye, dan biji pohon ek.

Sedangkan almond, pistasi (pistachio), kenari dan kacang pinus adalah biji-bijian, dan kacang tanah adalah jenis tanaman polong. 

 

4 dari 10 halaman

3. Jus Kemasan

Tahukah Anda bahwa jus murni --yang terbuat dari 100% buah-buahan-- tidak dapat dikemas? Agar jus tetap segar untuk waktu yang lebih lama, buah-buahan secara artifisial dihilangkan kandungan oksigennya.

Sayangnya, buah-buahan tersebut justru kehilangan rasa dan aroma khasnya selama proses itu. Oleh sebabnya, produsen menambahkan penguat rasa dan bahan tambahan makanan lainnya.

5 dari 10 halaman

4. Oat Kering yang Tidak Lagi Asli

Banyak orang berpikir bahwa oat kemasan adalah jenis makanan yang sehat. Namun yang perlu Anda ketahui yakni oat tersebut telah dikeringkan dan untuk mengeringkan oat lebih cepat, maka produsen menambahkan bahan kimia tertentu.

Pada tahun 2010 di Amerika Serikat, ada gugatan terhadap perusahaan terkenal yang memproduksi oat kemasan karena mengandung bahan berbahaya untuk kesehatan orang-orang, seperti lemak trans. Dengan demikian, perusahaan ini dituduh melakukan iklan palsu.

6 dari 10 halaman

5. Sirup Mapel Tak Selamanya Menyehatkan

Banyak orang menganggap bahwa sirup mapel baik untuk kesehatan tubuh, bahkan cairan yang rasanya mirip madu ini dianggap sebagai alternatif pengganti gula. Akan tetapi, tiap botol sirup mapel mungkin mengandung pengawet dan rasa buatan.

7 dari 10 halaman

6. Minyak Zaitun Asli Makin Sukar Ditemukan

Minyak zaitun sangat sehat dan bermanfaat. Tetapi Anda harus berhati-hati jika ingin membelinya.

Menurut National Consumers League, 2/3 dari semua botol berlabel minyak zaitun di supermarket mengandung minyak kedelai dengan aroma zaitun.

8 dari 10 halaman

7. Tidak Ada Kopi yang Tidak Berkafein

Ada banyak keuntungan dan kerugian ketika kita meminum kopi. Jika dokter menyarankan Anda untuk menghindari semua zat yang merangsang sistem saraf, maka Anda harus tahu bahwa setiap bungkus kopi yang berlabel bebas kafein faktanya masih mengandung 0,01 hingga 3% kafein.

9 dari 10 halaman

8. Marshmallow Bukan untuk Vegetarian

Marshmallow yang terkenal akan kelembutannya mengandung gelatin yang terbuat dari kulit dan tulang binatang. Komponen ini direbus, kemudian dibubuhi pati dan pemanis buatan. Sebelum Anda mengonsumsi produk yang dibuat dari gelatin ini, ingatlah bahan dasar yang terkandung di dalamnya.

10 dari 10 halaman

9. Pisang Kemasan Tidak Selalu Higienis dan Bersih

Abby Woodgate, seorang wanita dari Inggris, membeli sesisir pisang di supermarket dan ketika di rumah, dia melihat benda aneh menempel pada sisi-sisi buahnya. Dia berpikir bahwa itu adalah jamur dan dia mencoba untuk melepaskannya sehingga dia bisa memanfaatkannya.

Setelah Abby menyadari bahwa jamur itu adalah kepompong berisi telur, dia memanggil tim pengendali hama.

Para ahli yang meneliti laba-laba berasumsi, kepompong itu berisi telur laba-laba Brasil (laba-laba paling mematikan di dunia). Abby diberitahu oleh para ahli bahwa dia harus membakar apa pun yang bersentuhan dengan telur tersebut, karena laba-laba ini sangat berbisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.