Sukses

Idul Adha di Mesir, 1,35 Ton Daging Kurban Dibagikan untuk WNI

Merayakan Idul Adha 1439H, KBRI Kairo membagikan daging kurban dengan total berat 1,35 ton kepada para WNI yang tinggal di Mesir.

Liputan6.com, Kairo - Warga negara Indonesia di Mesir merayakan Hari Raya Idul Adha 1439H dengan semarak dan penuh nuansa kekeluargaan. Sekitar 2.000 WNI hadir dalam acara silaturahmi akbar yang digelar oleh KBRI Kairo dan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir pada Selasa 21 Agustus, di Masjid As Salam, kawasan Nasr City.

"Hari ini, kita berkumpul bersama-sama di sini, dan ini merupakan perwujudan semangat kekeluargaan kita dalam merayakan Idul Adha," ujar Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Kairo, Abdurrahman Sabran, dalam sambutannya. Demikian menurut keterangan resmi dari KBRI Kairo yang diterima Liputan6.com, Rabu (22/8/2018).

Perayaan Idul Adha 1439H di Mesir. (KBRI Kairo)

Selain untuk bersilaturahmi, acara tersebut sekaligus menjadi wadah untuk memperkenalkan makanan khas Nusantara. Nuansa kebinekaan begitu terasa ketika para hadirin berkesempatan menyantap aneka hidangan asli daerah yang disiapkan oleh 17 Paguyuban Kekeluargaan Mahasiswa Indonesia di Mesir.

"Mudah-mudahan persaudaraan kita sebagai masyarakat Indonesia terus terjaga, meskipun jauh dari Tanah Air," imbuh Sabran.

Perayaan Idul Adha 1439H di Mesir. (KBRI Kairo)

Perayaan Hari Raya Idul Adha 1439H di Mesir diawali dengan salat Idul Adha berjamaah, dilanjutkan pemotongan hewan kurban yang bertempat di Masjid Indonesia Cairo (MIC), kawasan Dokki. Pemotongan hewan kurban tahun ini mencetak rekor terbesar dalam lima tahun terakhir. Total jumlah daging kurban ialah seberat 1,35 ton yang berasal dari 6 ekor sapi dan 5 ekor domba.

"Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para mudhohi (penyumbang hewan kurban), sehingga tahun ini jumlah kurban yang terkumpul lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Usman Syihab, Ketua Panitia Peringatan Hari Raya Idul Adha 1439H KBRI Kairo.

Proses penyembelihan berlangsung sejak pukul 07.00 waktu setempat, seusai salat Idul Adha, dan selesai pada pukul 15.00. Seluruh daging kurban rampung didistribusikan kepada para WNI di Mesir sekitar pukul 17.00.

Perayaan Idul Adha 1439H di Mesir. (KBRI Kairo)

Cepatnya waktu penyembelihan dan pendistribusian daging tak lepas dari kerja sama yang erat antara panitia dari KBRI Kairo, PPMI Mesir, serta 17 Paguyuban Kekeluargaan Mahasiswa.

"Alhamdulillah, ini merupakan kerja sama yang sangat baik, sehingga daging kurban dapat diterima oleh para WNI dalam keadaan masih cukup segar. Sekali lagi, terima kasih atas dukungan seluruh panitia serta rekan-rekan dari PPMI dan Kekeluargaan. Kami mengharapkan agar pelaksanaan dan kerja sama seperti ini dapat terus ada pada tahun-tahun mendatang," tambah Usman, yang juga merupakan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.