Sukses

Ribuan Warga Indonesia Hadiri Pesta Rakyat KBRI Bandar Seri Begawan

Layaknya perayaan HUT RI di Indonesia, kegiatan di KBRI Bandar Seri Bengawan diisi dengan lomba tarik tambang, balap karung, bakiak, dan kelereng.

Liputan6.com, Bandar Seri Bengawan - Ribuan warga Indonesia tumpah ruah memenuhi Pesta Rakyat KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada Minggu (19/8). Masyarakat dengan antusias berpartisipasi pada permainan rakyat, bazar, dan panggung hiburan yang digelar di halaman dan parkir belakang KBRI.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-73 tersebut dibuka secara resmi oleh Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko, dengan pemukulan gong yang diikuti dengan senam bersama poco-poco dan SKJ 88 pada minggu pagi.

"Tahun ini kita mengadakan pesta rakyat yang diisi dengan lomba, hiburan dan bazar dari kita untuk kita semuanya. Tidak lupa, kita juga ada sumbangan donor darah dan sumbangan bagi korban bencana di Lombok," ucap Dubes Sujatmiko dalam sambutan pembukaan pesta rakyat, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Selasa (21/8/2018).

Layaknya perayaan HUT RI di Indonesia, pagi hari kegiatan diisi dengan lomba tarik tambang, balap karung, bakiak, dan kelereng.

Tidak kalah seru, lomba kicau burung dan kompetisi fotografis pula turut menyemarakkan acara. Penyerahan hadiah, termasuk lomba olahraga yang telah dimulai sejak awal Agustus 2018, diberikan langsung oleh Dubes Sujatmiko kepada para pemenang.

Kemeriahan Pesta Rakyat dilanjutkan dengan panggung hiburan yang diisi oleh tarian, nyanyian serta demo karate dan silat oleh berbagai komunitas Indonesia di Brunei Darussalam.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktivitas Donasi

Puas mengikuti permainan dan hiburan, warga dimanja dengan berbagai pilihan kuliner dan produk khas Indonesia di "Bazar Murah".

Pesta Rakyat juga diisi dengan kegiatan amal melalui donor darah bekerja sama dengan Hospital Raja Istri Pangeran Anak Saleha dan booth donasi bagi korban gempa Lombok.

Dalam waktu sehari, kegiatan donasi berhasil mengumpulkan lebih dari 12 juta rupiah dari para pengunjung. Turut serta dalam bazar, promosi program Universitas Terbuka (UT) dari wakil UT Tarakan dan program kejar paket B dan C.

Pesta Rakyat HUT RI ke-73 tahun ini adalah yang pertama kalinya dilakukan oleh KBRI.

Kegiatan melibatkan partisipasi 19 komunitas warga Indonesia di Brunei Darussalam serta 13 perusahaan Indonesia dan lokal. Pesta ini juga melibatkan 140 orang pemusik dan penari dari berbagai kalangan warga Indonesia, serta 130 orang peserta bazar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.