Sukses

Jatuh dari Kapal Pesiar dan Terapung 10 Jam, Wanita Inggris Selamat dengan Cara Ini

Setelah terjatuh dari kapal pesiar dan terapung di lautan, wanita asal Inggris ini berhasil selamat.

Liputan6.com, Zagreb - Seorang wanita Inggris dilaporkan selamat setelah jatuh dari kapal pesiar di lepas pantai Kroasia, kata penjaga pantai negara itu.

Para pejabat mengatakan wanita berusia 46 tahun itu berhasil diselamatkan, setelah 10 jam terombang-ambing di lautan Adriatik, sekitar 60 mil dari lepas pantai Kroasia.

Dikutip dari BBC pada Senin (20/8/2018), insiden tersebut terjadi pada Sabtu 18 Agustus, sekitar tengah malam waktu setempat.

Wanita itu, yang menurut laporan surat kabar setempat diketahui bernama Kay Longstaff, segera dibawa ke rumah sakit di kota Pula, sesaat setelah berhasil diselamatkan dari lautan.

Longstaff mengatakan kepada wartawan bahwa dia jatuh dari bagian buritan kapal, dan "sangat beruntung bisa hidup". Kini ia berada di bawah pengawasan kedutaan besar Inggris di ibu kota Kroasia, Zagreb. 

Ia menjelaskan bahwa kebiasaanya melakukan yoga, membantunya mengatur nafas dan keseimbangan selama terombang-ambing di lautan, hingga kurang lebih 10 jam, sebelum ditemukan oeh regu penyelamat. 

Berbicara kepada saluran berita Kroasia HRT, setelah meninggalkan kapal patroli penjaga pantai Cavtat, dia menambahkan, "Saya berada di dalam air selama 10 jam, dam orang-orang hebat ini membantu menyelamatkan saya."

Kapten kapal penyelamat, Lovro Oreskovic, mengatakan dia ditemukan pada hari Minggu dengan konsisi "kelelahan", menambahkan, "Kami sangat senang karena menyelamatkan nyawa manusia."

Sebuah pernyataan dari Norwegian Cruise Line menegaskan bahwa seorang tamu telah jatuh ke laut, saat kapal sedang dalam perjalanan dari Vargarola ke Venesia.

Dikatakan: "Kami bersyukur memberi tahu bahwa tamu tersebut ditemukan hidup, saat ini dalam kondisi stabil, dan telah dibawa ke darat di Kroasia untuk perawatan lebih lanjut.

Pihak pengelola kapal pesiar mengatakan bahwa tamunya yang berkewarganegaraan Inggris itu telah berada dalam kondisi aman, dan segera bersatu kembali dengan teman dan keluarganya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kejadian Pertama

Pihak kementerian luar negeri Inggris mengaku masih berkoordinasi dengan otoritas Kroasia, untuk mengetahui penyebab terjatuhnya Longstaff.

Insiden di atas terjadi berminggu-minggu setelah seorang pekerja kapal pesiar jatuh ke laut, saat bepergian dengan Norwegia Getaway, yang juga dijalankan oleh Norwegian Cruise Line. Pekerja itu dikabarkan terdampar di pesisir Teluk Meksiko.

Pekerja malang itu diketahui sebagai seorang pria berusia 33 tahun, yang diyakini berasal dari Filipina. Ia diselamatkan 22 jam kemudian, setelah ditemukan 42 kilometer di luar zona pencarian penjaga pantai pada bulan Juli.

Mundur beberapa bulan sebelumnya, seorang pria Australia juga sempat dikabarkan terjatuh dari kapal pesiar Sun Princess, saat melakukan perjalanan dari Indonesia ke Malaysia. Sayangnya, pria berusia 80 tahun itu tidak berhasil diselamatkan nyawanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.