Sukses

Detik-detik Bangunan di India Terseret Longsor Hingga Menuruni Bukit

Detik-detik saat bangunan di India itu meluncur menuruni bukit terekam kamera amatir. Mengerikan!

Liputan6.com, Mercara - Longsor terjadi di India. Sebuah hunian terkena dampaknya. Detik-detik saat bangunan itu meluncur menuruni bukit terekam kamera amatir. Mengerikan!

Seperti dikutip dari dari Daily Mail, Minggu (19/8/2018), beruntung seluruh penghuni berhasil dievakuasi saat tanah longsor di tengah banjir India terburuk di abad ini, yang telah menewaskan sedikitnya 324 orang dan menyebabkan 300.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Sebanyak 40 warga di dalam gedung di Mercara, Karnataka sudah dievakuasi, tidak ada korban jiwa.

Ketika tanah di wilayah itu mulai tergelincir, para pejabat mengevakuasi semua penghuni rumah untuk mencegah jatuhnya korban jiwa.

Lebih dari 100 rumah ambruk dalam tiga hari terakhir di Distrik Coorg, Mercara.

Sebagian besar India selatan dilanda hujan lebat selama berminggu-minggu, dan memicu tanah longsor mematikan serta menghancurkan.

Setidaknya 190 orang tewas dalam banjir bandang yang disebabkan oleh hujan deras sejak 8 Agustus, sementara 324 lainnya dilaporkan meninggal dalam musim hujan yang berlangsung tiga bulan.

Banjir di sejumlah negar bagian India tersebut memicu tanah longsor serta merendam sejumlah desa.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan videonya berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Parah di Kerala

Sementara itu, hujan deras yang terus melanda Kerala telah memperlambat upaya untuk tim penyelamat menyebarkan pasokan bantuan ke daerah-daerah terpencil. Banyak yang tidak mendapatkan bantuan selama berhari-hari, sebab lokasinya hanya dapat dicapai dengan perahu atau helikopter.

Sejauh ini upaya penyelamatan sudah dilakukan di beberapa bagian yang terdampak banjir India.

"Lebih dari 300.000 orang telah berlindung di lebih dari 1.500 kamp bantuan yang dikelola negara," kata para pejabat.

Pihak berwenang mengatakan mereka dibanjiri panggilan permintaan bantuan.

"Kami menerima beberapa permintaan penyelamatan berulang," kata salah satu pejabat, Pinarayi Vijayan, Jumat dalam sebuah twit, seraya meminta mereka yang membutuhkan untuk memberikan lokasi yang tepat agar tim penyelamat dapat menemukannya.

Para pejabat menyebut banjir kali ini adalah yang terburuk di Kerala dalam satu abad, dengan curah hujan di beberapa daerah lebih dari dua kali lipat dari musim hujan yang biasanya.

Hujan lebat yang dimulai 8 Agustus telah memicu banjir dan tanah longsor dan menyebabkan rumah serta jembatan runtuh di Kerala, sebuah negara indah yang dikenal dengan wilayahnya yang tenang dan pantai nan indah.

Para pejabat memperkirakan lebih dari 10.000 kilometer (6.200 mil) jalan rusak akibat banjir. Salah satu bandara utama negara, di kota Kochi, juga lumpuh akibat terendam.

Ratusan tentara dan nelayan setempat melakukan upaya penyelamatan dengan helikopter dan kapal di seluruh negara bagian India selatan, yang menarik wisatawan internasional ke bukit-bukit dan pantai tropisnya.

Sejauh ini ribuan orang masih terperangkap, jaringan listrik dan komunikasi masih terputus. Peringatan baru hujan deras masih berlanjut, pihak berwenang pun memperingatkan agar warga waspada karena kematian mengintai.

"Kami mengerahkan lebih banyak kapal dan tentara untuk meningkatkan operasi penyelamatan," kata pejabat senior pemerintah negara bagian, P.H. Kata Kurian.

Lebih dari 30 helikopter militer dan 320 kapal berusaha menyelamatkan seluruh warga terdampak banjir Kerala.

Pihak berwenang mengatakan ribuan orang telah dibawa ke tempat aman sejauh ini, tetapi 6.000 lainnya masih menunggu untuk diselamatkan.

Helikopter juga telah menjatuhkan pasokan makanan dan air darurat, sementara kereta khusus yang membawa air minum telah dikirim ke Kerala.

Menurut biro cuaca India, sejak awal Juni lebih dari 126 inci hujan telah jatuh di Distrik Kerala, Idukki, yang sekarang hampir terputus dari negara bagian lainnya.

Dengan tidak ada ujung yang terlihat ke banjir, orang-orang di seluruh negara bagian dari 33 juta orang telah membuat permohonan panik di media sosial untuk bantuan, mengatakan mereka tidak dapat melakukan kontak dengan layanan penyelamatan.

"Keluarga saya dan keluarga tetangga sedang dalam masalah," tulis Ajo Varghese, penduduk kota pesisir Alappuzha, di sebuah posting Facebook yang dengan cepat menjadi viral.

"Tidak ada air dan makanan. Tidak dapat berkomunikasi dari sore. Ponsel tidak dapat digunakan... Tolong bantu," tambahnya.

Pemerintah Kerala mengatakan pihaknya menghadapi krisis 'sangat serius' dan Kepala Menteri Vijayan memperingatkan gelombang baru curah hujan yang menerjang wilayah yang dilanda selama akhir pekan. Angin kencang juga diprediksi melanda pada akhir pekan.

Gerbang puluhan bendungan dan waduk di seluruh negara bagian telah dibuka ketika tingkat air mencapai tingkat bahaya sehingga membanjiri banyak desa lain.

Kerala di utara dan tengah paling parah terkena banjir, sehingga bandara internasional di kota utama Kochi ditutup sampai setidaknya 26 Agustus.

Selain berdampak pada industri wisata, industri karet Kerala juga terkena imbas banjir.

Kementerian Dalam Negeri mengumumkan sekitar 868 orang dilaporkan tewas di tujuh negara bagian India termasuk Kerala, sejak awal musim hujan pada bulan Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.