Sukses

Dubes Inggris untuk Indonesia: Dirgahayu ke-73 RI...

Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik turut mengucapkan selamat atas Hari Kemerdekaan ke-73 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Perwakilan negara-negara sahabat di Indonesia ternyata turut merasakan euforia Hari Kemerdekaan ke-73 RI. Salah satunya ialah Inggris.

Melalui Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, ucapan selamat untuk Tanah Air disampaikan. Harapan serta doa tak luput beliat panjatkan untuk Tanah Air.

"... Atas nama pemerintah Inggris, saya ucapkan Dirgahayu RI ke-73. Semoga persatuan dan kesatuan tetap terjaga, menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera. Maju terus Indonesia," demikian penggalan ucapan selamat dari Dubes Moazzam yang diunggah melalui akun Twitter Kedutaan Inggris di Indonesia, @UKinIndonesia, Jumat (17/7/2018).

Berikut ini ucapan selengkapnya dalam video singkat berdurasi 31 detik:

Sebelumnya, Dubes Moazzam Malik memuji sistem demokrasi di Indonesia yang sudah sangat baik. Hal ini ia sampaikan setelah melihat proses pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung pada 27 Juni lalu.

Dubes Moazzam bahkan menyebut sistem pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat ini sukses. Aspirasi rakyat pun tersampaikan dengan baik lewat cara seperti ini.

"Saya menilai sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung bahkan serentak di sejumlah negara," ujar Dubes Moazzam saat ditemui usai acara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-92 di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis 28 Juni 2018 malam.

"Lewat keberhasilan ini kami berharap agar Indonesia dapat mempromosikan sistem demokrasi dan pemilihan kepala daerah secara langsung kepada Inggris terutama negara-negara di dunia," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Dubes Inggris juga menyampaikan bahwa Indonesia harus terus maju sehingga bisa jadi inspirasi dunia.

Meski demikian, Dubes Moazzam juga berharap agar demokrasi ini terus dijaga. Kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat harus dijalani.

"Hak-hak minoritas harus dijaga dan harus melihat kinerja bukan personal," kata Moazzam.

Tak hanya bicara soal demokrasi di Indonesia, ia juga memuji pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Angka kemiskinan menurun menjadi 10 persen dari 23 persen. Bahkan perekonomian Indonesia tumbuh hingga sembilan kali lipat," ujar Dubes Inggris tersebut.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Selamat untuk Rakyat Indonesia dari AS

Menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 RI, negara-negara sahabat pun turut merasakan euforianya. Salah satu di antaranya ialah Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pun memberikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia mewakili pemerintah negara adidaya tersebut. 

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, suatu kehormatan bagi saya untuk menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 pada tanggal 17 Agustus," ujar Mike Pompeo melalui pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis 16 Agusutus 2018.

"Hubungan kita berlandaskan pada kesamaan nilai dan cita-cita demokrasi. Visi bersama ini membentuk dasar dari kemitraan strategis yang kuat antara AS-Indonesia, dan kami juga terpacu dengan kemajuan yang dicapai dari tujuan bersama kita untuk mengembangkan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera. Amerika Serikat menantikan perkembangan dan kemajuan antara kedua negara di tahun mendatang," lanjut Menlu Amerika Serikat ke-70 itu.

"Dari hati yang terdalam, saya mengucapkan selamat kepada Anda atas Hari Kemerdekaan, dan semoga tetap sukses di tahun-tahun yang akan datang," pungkas mantan Direktur CIA tersebut.

Sebelumnya, Mike Pompeo telah berkunjung ke Indonesia pekan lalu, pada Sabtu, 4 Agustus, dalam rangka kunjungan kerjanya ke negara-negara Asia Tenggara. Ia tiba di Jakarta dan langsung menyambangi Kementerian Luar Negeri RI. Selain bertemu dengan Menlu Retno Marsudi, ia juga bersua dengan Presiden Jokowi.

Menurut sebuah sumber, kedua menlu sempat berbincang sesaat terkait pertemuan mereka saat Retno bertandang ke Washington DC, Amerika Serikat pada 5 Juni 2018.

"Kami baru beberapa hari lalu bertemu dan itu adalah pertemuan yang bermanfaat. Kami berbagi pemikiran, semoga ke depannya akan lebih baik," ujar sumber tersebut.

Sementara itu, Retno Marsudi menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Mike Pompeo karena telah memenuhi undangan yang diberikan saat keduanya bertatap muka di Washington DC.

"Kami di ASEAN berterima kasih kepada Pompeo karena sudah bertemu. Tahun depan adalah tahun yang penting untuk kedua negara (AS-Indonesia) karena kita akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik, ada banyak kerjasama yang sudah dibuat," tutur Menlu Retno.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.