Sukses

Makhluk Misterius Penuh Bulu Terdampar di Pantai Timur Rusia, Monster Laut?

'Monster' berwarna seperti kapur yang terdampar di pantai timur Rusia ini dilaporkan berukuran lebih besar dari tiga pria.

Liputan6.com, Moskow - Seonggok makhluk misterius penuh bulu terdampar di pantai timur Rusia. Penduduk setempat tak dapat mengidentifikasinya, dan meminta para ilmuwan untuk menganalisisnya.

Sebuah video yang beredar, seperti dikutip dari Siberian Times, Rabu (15/8/2018), terlihat bangkai besar berbau yang ditemukan di pesisir pantai Pasifik di Semenanjung Kamchatka, dekat desa terpencil Pakhachi, Rusia.

'Monster' berwarna seperti kapur itu dilaporkan berukuran lebih besar dari tiga pria, terlihat seperti memiliki ekor atau tentakel panjang, dan rambut seperti tabung atau bulu.

Menurut Siberian Times, makhluk itu tak terlihat memiliki kepala atau mata dan terlalu berat bagi penduduk setempat untuk memindahkannya.

Spekulasi yang beredar menyebutkan, temuan aneh itu adalah sisa peninggalan purba, sedangkan yang lain mengatakan wooly mammoth atau mamut berbulu yang sudah punah dan hanyut dari kuburan permafrost --tanah dalam titik beku pada suhu 0 derajat Celcius-- bawah laut akibat suhu musim panas yang hangat.

"Hal yang paling menarik bagi saya adalah makhluk itu ditutupi dengan tubular fur atau bulu berbentuk tabung," ujar salah seorang saksi mata, Svetlana Dyadenko dalam sebuah postingan di sosial media.

"Mungkinkah itu makhluk kuno? Saya berharap para ilmuwan dapat memecahkan teka-teki yang dilemparkan oleh lautan kepada kita."

Setelah memeriksa monster berbau itu, Svetlana Dyadenko menyamakan makhluk misterius itu dengan 'gurita berbulu' yang berukuran besar.

"Kelihatannya seperti bulu, tapi tubular (berbentuk seperti tabung), seolah-olah banyak pipa kecil menggantung di bangkai itu. Makhluk yang benar-benar aneh. Kami melakukan googling dan tidak menemukan apa pun yang menyerupai itu," tutur Svetlana Dyadenko.

Svetlana Dyadenko juga melaporkan bahwa penduduk setempat tidak dapat mengangkat atau menariknya.

"Anda akan membutuhkan ekskavator karena sebagian dari makhluk itu tertutup pasir," tambahnya.

Saksi lalinnya yang bingung berkata: "Saya ingin tahu apakah itu berasal dari gletser yang mencair?".

Lainnya menjawab: 'Itu sepertinya terbawa dari Kutub Utara.'

Bagaimana menurut Anda, apa makhluk yang ditemukan di pantai timur Rusia itu?

 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Globster?

Dari sejumlah spekulasi, salah satu teori mengarahkan makhluk misterius itu sebagai globster, istilah yang diciptakan pada tahun 1962 untuk menggambarkan sebuah bangkai misterius yang tersapu di Tasmania.

Globster, atau blob, adalah suatu massa organik misterius yang terdampar di pesisir laut atau wilayah perairan lainnya. Istilah itu dikemukakan oleh Ivan T.

Globster mungkin pada awalnya menyerupai gurita raksasa, sementara yang lain mungkin memiliki beberapa tulang atau tentakel atau sirip - atau bahkan mata - tetapi mereka biasanya tidak berbulu.

Sementara yang lain meyakini makhluk misterius itu sebagai sisa paus atau hiu atau makhluk laut lainnya yang telah membusuk dari waktu ke waktu, sehingga memiliki bentuk yang aneh.

Ilmuwan laut Rusia, Sergei Kornev, dari Institut Penelitian Perikanan dan Oseanografi, mengatakan dia yakin monster Kamchatka itu adalah bagian dari ikan paus.

"Di bawah pengaruh laut, waktu dan berbagai jenis binatang, dari yang terkecil sampai yang terbesar, paus yang paling sering memiliki bentuk aneh," tutur Sergei Kornev.

"Ini hanya bagian dari ikan paus, bukan seutuhnya," jelas Sergei Kornev.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.