Sukses

Mahasiswi Indonesia Dikabarkan Tewas Tenggelam di Danau Jerman

Sesuai ketentuan di Jerman, untuk jenazah yang meninggal selain di rumah sakit atau di rumah, maka perlu dilakukan proses otopsi terlebih dahulu sebelum dikuburkan.

Liputan6.com, Bayreuth - Seorang mahasiswi asal Indonesia dilaporkan meninggal dunia akibat tenggelam saat berenang di Danau Trebgas Badesse, Bayreuth, Bavaria, Jerman.

Berdasarkan keterangan yang diterima oleh Liputan6.com dari KJRI Frankfrut, Selasa (14/8/2018), mahasiswi tersebut berinisial SPDP. Pada tanggal 10 dan 11 Agustus lalu, pihak KJRI telah melakukan kunjungan ke kota Bayreuth dan menemui pihak Kepolisian dan aparat lokal serta melakukan koordinasi dengan Kantor Catatan Sipil setempat.

Hal ini dimaksud untuk memperlancar proses penerbitan surat kematian. Selanjutnya, KJRI Frankfurt mengunjungi Apartemen SPDP dan menemui petugas Apartemen untuk mendapatkan segala dokumen yang diperlukan guna pengurusan surat kematian.

Sesuai ketentuan di Jerman, untuk jenazah yang meninggal selain di rumah sakit atau di rumah, maka perlu dilakukan proses otopsi terlebih dahulu sebelum dikuburkan.

Hingga kini, penanganan jenazah saat ini masih berada dalam otoritas Pemerintah Jerman. Untuk proses otopsi ini sendiri telah berlangsung sejak tanggal 13 Agustus kemarin. Selanjutnya, KJRI Frankfurt tengah menunggu hasil otopsi tersebut.

Sejauh ini KJRI Frankfurt terus berkoordinasi dengan otoritas Jerman, seperti pihak Kepolisian, Kantor Catatan Sipil, dan rumah duka.

KJRI Frankfurt juga telah berkoordinasi dengan Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemlu perihal proses pemulangan jenazah kepada pihak keluarga di Indonesia.

Selanjutnya, pemulangan jenazah termasuk dalam hal pembiayaan pemulangan jenazah akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan KJRI Frankfurt

Terkait kematian mahasiswi Indonesia di Danau Trebgas Badesse, Bayreuth, Bavaria, Jerman, KJRI Frankfurt mengimbau agar WNI tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjaga diri ketika berada di tempat umum.

Selain itu, pihak di sana juga meminta warga Indonesia untuk mematuhi imbauan pihak keamanan dan aparat setempat dalam setiap kesempatan.

Selanjutnya untuk terus memantau keberadaan anggota keluarga dan selalu waspada terhadap keamanan pribadi dan anggota keluarga. Tak lupa untuk selalu membawa identitas diri pada saat bepergian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.