Dermaga Ambruk Saat Festival Musik di Spanyol, Orang-Orang Berjatuhan ke Laut

Oleh Tanti Yulianingsih pada 13 Agu 2018, 17:38 WIB
20151103-Ilustrasi Anak Jatuh

Liputan6.com, Vigo - Salah satu bagian dari balkon kayu di sebuah festival olahraga dan musik urban di Spanyol runtuh. Lebih dari 300 orang terluka, lima di anataranya dalam kondisi serius.

Acara di pinggir laut, dermaga, di Spanyol itu dipenuhi orang-orang yang menonton artis rap di acara O Marisquiño. Momen tersebut berlangsung selama dua hari di Kota Vigo, Galicia.

Menurut laporan, insiden itu terjadi tak lama sebelum tengah malam, ketika kerumunan sedang mendengarkan artis rap, Mallorcan Rels B.

"Lebih dari 130 orang dirawat karena cedera atau syok," kata media setempat seperti dikutip dari BBC, Senin (13/8/2018). 

Saksi mata melaporkan terjadi kepanikan ketika insiden itu terjadi --banyak dari mereka remaja berebut pegangan. Beberapa di antaranya jatuh ke laut.

Benda-benda pribadi seperti ponsel dan tas tangan terlihat tersebar di atas tanah.

Beberapa tim darurat datang untuk mengobati korban luka, dan penyelam dikirim ke laut untuk memeriksa apakah ada yang terperangkap di bawah struktur yang ambruk itu.

Polisi Spanyol menegaskan bahwa sejauh ini belum dapat dipastikan apakah ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Saingi Moge, Motor Bebek Berakhir Apes

Tutup Video
2 of 2

Penyelidikan Menyeluruh

ilustrasi-jatuh-gedung-140123b.jpg
Ilustrasi jatuh. (Liputan6.com)

Menurut saksi mata, jembatan kayu itu ambruk ketika lagu pertama dari konser Rels B -- mengalun. Sang penyanyi pun sempat berteriak kepada kerumunan untuk melompat, demikian laporan media lokal memberitakan.

"Lantai itu ambruk dalam lima detik," kata Aitana Alonso kepada koran lokal.

"... Ambruk dan kita semua jatuh. Orang-orang jatuh menimpaku. Aku kesulitan keluar. Aku mencoba keluar dan tergelincir, kakiku terjebak di dalam air. Ketika berhasil mengeluarkannya, ada seorang anak laki-laki mengulurkan tangan dan membantuku... Ada seorang gadis dengan darah di kepalanya."

Sebelumnya, Menteri Kesehatan wilayah tersebut, Jesus Vazquez Almuina, mengatakan kepada radio setempat korban luka akibat insiden itu.

"Ini adalah jumlah sementara, pasien masih sedang dievaluasi ... Sebagian besar mengalami luka ringan karena memar. Ada lima yang dirawat inap, terutama akibat patah tulang dan beberapa cedera kepala," kata Almuina kepada radio setempat.

Dalam sebuah twit (dalam bahasa Spanyol), Rels B berharap mereka yang terluka diberikan kekuatan, dan mengimbau siapa pun yang khawatir tentang teman atau kerabat untuk menghubungi titik informasi darurat yang dibentuk oleh penyelenggara festival.

Wali Kota Vigo, Abel Caballero, mengatakan akan melakukan penyelidikan atas penyebab insiden tersebut.

Sejauh ini belum diketahui apakah dermaga dari kayu itu runtuh karena terlalu banyak orang di atasnya, atau karena struktur itu memang rapuh, atau apakah ada faktor lain.

O Marisquiño adalah festival gratis yang berlangsung di luar ruangan di Vigo pada bulan Agustus, biasanya dihadiri oleh sekitar 160.000 pengunjung.

Acara itu menampilkan berbagai kegiatan budaya, termasuk konser dan keahlian memasak, serta 10 kompetisi olahraga -- termasuk skateboard dan bersepeda gunung -- selama tiga hari.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait