Berbagai Penyakit Serang 72 Orang yang Berenang di Kolam Perkemahan di AS

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 12 Agu 2018, 15:01 WIB
Ilustrasi kolam renang (iStock)

Liputan6.com, Washington DC - Sebanyak puluhan orang dilaporkan menderita sakit akibat parasit yang ditularkan melalui air di kolam sebuah bumi perkemahan di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat (AS), pada pekan lalu.

Pejabat Departemen Kesehatan Minnesota (MDH) mengonfirmasi pekan lalu bahwa tiga orang dinyatakan positif menderita penyakit yang disebabkan oleh cryptosporidiosis, setelah mengunjungi Shades of Sherwood Campground di Zumbrota.

Dikutip dari Time.com pada Minggu (12/8/2018), sebanyak satu orang juga diuji positif terkena bakteri E. coli.

Dalam pembaruan informasi yang diunggah pada Jumat 10 Agustus, para pejabat MDH mengatakan mereka telah mengidentifikasi 72 orang dengan gejala konsisten terkena cryptosporidiosis atau E. coli, meskipun sebagian besar penyakit ini belum dikonfirmasi laboratorium.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), cryptosporidiosis biasanya dideteksi pada seseorang setelah menelan air, disengaja atau tidak sengaja, yang terkontaminasi parasit terkait, di mana biasanya ditemukan di air tawar, baik di kolam buatan ataupun alami seperti saluran air dan danau.

Gejala yang ditimbulkan oleh parasit ini adalah diare berair, kram perut, mual, demam, dan muntah, di mana biasanya berlangsung satu hingga dua pekan.

Berbagai penyakit tersebut bisa menjadi serius atau fatal bagi mereka yang sistem kekebalannya terganggu, kata CDC.

Hingga saat ini, otoritas kesehatan setempat menganjurkan siapapun yang mengalami gejala-gejala penyakit seperti di atas, untuk segera melakukan pemeriksaan di unit kesehatan terdekat.

Pemerintah negara bagian Minnesota berjanji akan memberikan insentif biaya untuk mereka yang mengalami kasus penyakit tertentu akibat tertular cryptosporidiosis.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

2 of 2

Ditutup Sementara Waktu

Mengenal Bakteri E-Coli
Mengenal Bakteri E-Coli (iStockphoto)

Kawasan taman ekologi Shade Sherwood ditutup sementara waktu, untuk membersihkan kolam renang hiper-klorinasinya dari kemungkinan kontaminasi cryptosporidium.

Perkemahan itu juga memasang tanda peringatan bagi pengunjung untuk tidak berenang jika mereka baru saja mengalami penyakit diare.

Cryptosporidium berada di belakang sejumlah besar wabah penyakit yang terbawa air di AS, menurut laporan CDC.

Antara tahun 2000 dan 2014, parasit tersebut menyebabkan setidaknya 212 wabah yang terkait dengan pengolahan sumber air seperti kolam dan bak air panas.

Ditambahkan oleh CDC, parasit tersebut juga ditemukan sebagai sumber dari setidaknya 12 wabah yang terkait dengan perairan bukan olahan, seperti danau, kolam dan sungai.

Lanjutkan Membaca ↓