Sukses

Dihantui Mimpi Buruk? Ini 5 Jurus Jitu untuk Menghentikannya

Saat terbangun usai melewati tidur dengan mimpi buruk, banyak orang merasa lelah. Jika terjadi sesekali saja tidak masalah, tapi ada efek berbeda bila mimpi buruk terjadi berulang.

Liputan6.com, New York - Kebanyakan dari Anda pasti pernah mengalami mimpi buruk. Mimpi seram (nightmare) adalah mimpi yang mampu menguras emosi dan umumnya berisi tentang hal-hal yang bersifat memilukan serta membuat bulu kuduk merinding.

Sedangkan mimpi buruk (bad dream) adalah sebutan untuk mimpi yang umumnya dihantui oleh bayang-bayang konflik inter-personal, seperti pertengkaran.

Saat terbangun usai melewati tidur dengan mimpi buruk, banyak orang merasa lelah. Jika terjadi sesekali saja tidak masalah, tapi ada efek berbeda bila mimpi buruk terjadi berulang.

Mimpi buruk bisa terjadi pada siapa saja. Terkadang mimpi buruk semalam meninggalkan ingatan akan teror, rasa jijik, serta kesulitan bagi orang yang mengalaminya. Itu sebabnya bila sering mimpi buruk bisa menyebabkan masalah kesehatan serius di kehidupan nyata.

Untuk mengatasi masalah itu Anda bisa mengehentikannya. Seperti dikutip dari laman Bustle.com, berikut 5 langkah untuk hentikan mimpi buruk:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsultasi dengan Dokter

Antidepresan SSRI dapat membuat tidur Anda jauh lebih baik. Bangun tidur Anda pun juga akan terasa lebih nyaman. Banyak pasien yang baru-baru ini melaporkan kendala tidur mereka (mimpi buruk) menggunakan bantuan SSRI.

Selective Serotonin Re-uptake Inhibitor (SSRI) digunakan untuk mengobati depresi hingga level yang sangat berat.

Ketika Anda membeli obat penenang, mungkin itu akan membantu tetapi hanya sementara. Anda baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Sebab tim medis yang paling tahu ukuran dosis yang pas bagi Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Tulis Hal-Hal yang Baik Sebelum Tidur

Menulis jurnal atau cerita pendek rupayanya mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Namun, hal yang Anda tulis sebaiknya yang baik-baik saja.

Selain menghilangkan kecemasan, menulis dapat membuat Anda jauh lebih fokus pada topik yang Anda curahkan di atas kertas. Sehingga gal-hal buruk yang biasa berada di angan-angan dapat dikesampingkan.

Tulis pengalaman postif Anda. Berkisah tentang cerita saat masa liburan atau hal-hal menyenangkan lain.

 

4 dari 6 halaman

3. Jangan Membaca atau Menonton Kisah Horor

Ada rasa penasaran yang kian terlintas apabila Anda melihat majalah atau DVD horor. Kalau tidak ditonton pasti kepikiran. Tapi kalau disaksikan malah jadi mimpi buruk.

Salah satu efek yang ditimbulkan ketika Anda menyaksikan filn horor sebelum tidur atau bahkan di waktu siang bersama teman-teman adalah rasa panik dan wujud hantu yang selalu terekam dalam ingatan.

Biasanya, mimpi buruk terjadi terhadap apa saja yang telah kamu lakukan sebelumnya. Jadi bisa ditahan dulu membaca atau menonton film horor sampai mental Anda siap.

 

5 dari 6 halaman

4. Analisis Mimpi Anda

Apabila Anda mengalami mimpi buruk secara berulang dan kian memburuk tiap malam, maka ada baiknya Anda menganalisis mimpi itu di waktu senggang.

Para ahli lebih menyarankan agar Anda terlibat dalam proses yang disebut sebagai 'rescripting' dimana Anda diminta untuk membayangkan kembali mimpi buruk itu ketika bangun.

Analisis dimana sumbernya. Memang cukup berat. Sebab mimpi itu berputar-putar. Alurnya tidak jelas dan kerap buat kita lupa.

Jika Anda temukan sumber mimpi buruknya, lalu coba buang jauh-jauh. Ganti dengan hal positif. Hubungkan itu dengan dunia nyata. Lebih banyak pikirkan masa depan dan cita-cita Anda yang indah agar terbebas dari belenggu itu.

 

6 dari 6 halaman

5. Dengarkan Lagu yang Menyejukkan Hati

Supaya tidur jauh lebih tenang dan tidak mimpi buruk, dengarkanlah beberapa lagu yang menyejukkan hati dan pikiran. Putar lagu yang memperdengarkan suasana lautan hingga hutan lewat mesin pengeras suara.

Sebab, aktivitas apapun yang kamu lakukan sehari-hari akan membantumu untuk mendapatkan kualitas tidur. Apabila yang kalian lakukan buruk, maka akan berdampak pada tidur. Jika itu baik maka akan baik pula efeknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk