Sukses

Teruntuk Korban Gempa Lombok, China Gelontorkan Bantuan Rp 1,4 Miliar

Dubes Xiao Qian menyampaikan sumbangan untuk korban gempa Lombok dari Palang Merah China kepada PMI.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Lombok yang terjadi pada Minggu 5 Agustus 2018 lalu menuai keprihatinan dunia. Salah satunya Tiongkok. Lewat kantor perwakilannya di Jakarta, Kedutaan Besar China di Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) terkait bencana tersebut.

Menurut Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian, gempa Lombok yang terjadi beberapa waktu lalu adalah bencana besar yang menyebabkan kerugian serius dan menelan banyak korban.

"Pemerintah China menaruh perhatian besar pada masyarakat Indonesia yang menjadi korban bencana tersebut," ujar Dubes Xiao Qian saat menyampaikan sambutannya di Markas Pusat PMI Jakarta pada Rabu (8/8/2018).

"Sebelumnya Presiden China Xi Jinping telah menyampaikan rasa belasungkawanya kepada Presiden RI Joko Widodo. Begitu pula dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi yang sudah menyampaikan pesan serupa ke Menlu Retno," tambahnya.

Bantuan yang disampaikan oleh Dubes Xiao Qian ini merupakan sumbangan dari Palang Merah China kepada PMI. Bantuan dana yang diberikan senilai US$ 100 ribu atau setara dengan Rp 1,4 miliar.

"Bantuan dana ini diberikan oleh Palang Merah China kepada PMI. Tak hanya itu kami dari Kedubes China juga memberikan bantuan lain berupa bahan-bahan yang diperlukan oleh warga di lokasi penampungan," jelas Dubes Xiao Qian.

"Bantuan barang-barang itu berupa 2.000 buah kain terpal, 2.000 buah matras dan 5.000 buah selimut untuk PMI. Di samping itu kami juga menyumbang kebutuhan lain seperti obat-obatan dan peralatan bayi," tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, Dubes Xiao Qian menyampaikan rasa terima kasih karena pemerintah Indonesia telah membantu proses evakuasi warganya yang berkunjung ke Lombok saat kejadian.

"Ada sekitar 40 warga China yang terjebak saat gempa Lombok terjadi. Dengan upaya bersama, seluruh WN China selaku turis di sana telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman," ujar Dubes Xiao Qian.

"Pemerintah China akan selalu bersedia membantu Indonesia dalam upaya rekonstruksi daerah bencana. Kami percaya di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi termasuk PMI dan rakyat setempat semua masalah dapat teratasi," tambahnya.

Bantuan untuk korban gempa Lombok ini diterima secara simbolis oleh Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Belasungkawa PM Jepang

Sebelumnya, musibah gempa Lombok juga menjadi sorotan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Ia pun turut menyampaikan belasungkawanya kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Berdasarkan rilis yang diterima oleh Liputan6.com dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Shinzo Abe abe berharap agar segala permasalahan dapat terselesaikan.

Ia juga mendoakan agar warga yang terkena dampak gempa Lombok dapat segera pulih dan dapat beraktivitas kembali.

"Saya menyampaikan rasa simpati mendalam kepada Presiden RI Joko Widodo atas gempa Lombok yang terjadi beberapa hari lalu," ujar Shinzo Abe.

"Saya juga mendoakan agar seluruh korban dan keluarga untuk diberi ketabahan," tambahnya.

Bukan hanya PM Shinzo Abe, ucapan belasungkawa juga dihantarkan oleh Menlu Jepang Taro Kono kepada Menlu Retno Marsudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China