Sukses

6 Jurus Rahasia Agar Tidak Menangis Saat Kupas Bawang Merah

Ada rahasia khusus yang bisa Anda lakukan agar tidak terlihat cengeng saat mengupas bawang merah. Sejumlah cara ini sangat sederhana dan dapat diterapkan di rumah.

Liputan6.com, New York - Para ibu tentu tahu, betapa perih yang dirasa saat sedang mengupas dan memotong bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini memang sangat diperlukan untuk memasak.

Rasanya kurang sedap jika makanan tidak diberikan potongan bawang merah. Tetapi, perih yang dirasa di bagian mata sampai-sampai bikin mau nangis.

Tetapi jangan khawatir. Ada rahasia khusus yang bisa Anda lakukan agar tidak terlihat cengeng saat mengupas bawang merah. Sejumlah cara ini sangat sederhana dan dapat diterapkan di rumah.

Seperti dikutip dari laman Tipnut.com, Selasa (7/8/2018), berikut 6 langkah agar tidak nangis saat mengupas bawang merah:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dinginkan Sebelum Dipotong

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar tidak menangis saat memotong bawang adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari pendingin selama 30 menit sebelum dipotong.

Namun, sebelum menaruhnya di dalam lemari pendingin ada baiknya untuk mengupas kulit terluar bawang merah itu.

 

3 dari 7 halaman

2. Potong di Dalam Air

Cara lain yaitu dengan menggunakan air. Anda bisa memotong bawang merah di dalam rendaman air atau di air keran yang mengalir.

Memang terdengar sangat sulit untuk dilakukan. Banyak orang takut potongannya tidak akan rata. Tetapi, cara ini sangat ampuh lantaran air dapat meredam senyawa yang bisa membuat mata Anda perih dan berair.

 

4 dari 7 halaman

3. Pilih Pisau Anti-Karat

Pemilihan pisau untuk memotong bawang merah nyatanya punya peran penting. Sebab, pisau yang sedikit saja tumpul dan tidak tajam akan membuat penyebaran senyawa bawang dapat menyerbak.

Beda halnya dengan pisau anti-karat yang akan membuat penyebaran senyawa ini akan lebih berkurang.

 

5 dari 7 halaman

4. Nyalakan Lilin Saat Memotong Bawang Merah

Nyalakan lilin di dekat talenan jika Anda ingin memotong bawang. Apapun itu nyalakan api saat melakukan aktivitas ini.

Sebab, memotong bawang merah dengan bantuan api di sampingnya akan sangat membantu. Panas dari api akan menarik senyawa ini sehingga tidak mengenai mata Anda.

 

6 dari 7 halaman

5. Oleskan Cuka ke Talenan

Semprotkan sedikit talenan Anda dengan cuka yang telah dicampur dengan air. Komposisinya 50 : 50.

Campuran air dan cuka pada talenan diyakini dapat menahan penyebaran senyawa yang keluar dari bawang merah.

 

7 dari 7 halaman

6. Kenakan Kacamata Renang

Cara yang satu sangat-sangat membantu, meski terdengar aneh. Lindungi mata Anda dengan menggunakan kaca mata renang saat mengupas dan memotong bawang merah.

Bedanya kaca mata biasa dengan renang terlihat jelas. Kaca mata renang bisa melindungi seluruh bagian mata mu. Tertutup rapi dan tak akan ada yang masuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.