Sukses

Kunjungi Malaysia, Menlu AS Ucapkan Selamat ke PM Mahathir Mohamad

Dalam kunjungan selama 30 menit di Malaysia, Menlu AS Mike Pompeo menyempatkan untuk memberikan selamat kepada PM Mahathir Mohamad.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada Jumat 3 Agustus 2018. Pertemuan tersebut sekaligus mengakhiri kunjungan dua harinya ke Malaysia.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (3/7/2018), dalam pertemuan selama 30 menit di Perdana Putra, Pompeo - yang merupakan pejabat paling senior AS - memberikan selamat kepada Mahathir Mohamad atas kemenangannya dalam pemilihan PM Malaysia pada bulan Mei.

Menlu yang tiba pukul 09.00 pagi, didampingi oleh duta besar AS untuk Malaysia Kamala Shirin Lakhdhir. Dalam kesempatan itu juga hadir menteri pertahanan Mohamad Sabu dan wakil menteri luar negeri Marzuki Yahya.

PM Malaysia, Mahathir Mohamad menyambut kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo di Putrajaya, Kuala Lumpur, Jumat (3/8). Pompeo menjadi pejabat senior pertama AS yang mengunjungi Mahathir usai terpilih sebagai Perdana Menteri. (AFP/MANAN VATSYAYANA)

Dia menuju Singapura segera setelah bertemu dengan Dr Mahathir untuk Pertemuan Menteri Luar Negeri Perserikatan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

"Kunjungan ini memberikan peluang besar bagi Malaysia dan Amerika Serikat untuk membahas berbagai masalah bilateral, regional dan internasional yang saling menguntungkan," kata sebuah pernyataan Wisma Putra.

Amerika Serikat menjalin hubungan diplomatik dengan Malaysia pada 1957 setelah kemerdekaan Malaya dari Inggris.

Washington dan Kuala Lumpur meningkatkan hubungan bilateral dengan Kemitraan Komprehensif pada April 2014.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ke Indonesia Akhir Pekan Ini

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dijadwalkan melawat ke Indonesia akhir pekan ini, sebagai bagian dari perjalanannya ke kawasan Asia Tenggara.

"Dalam kunjungannya ke Jakarta pada 4-5 Agustus, Pompeo akan menegaskan kembali Kemitraan Strategis AS-Indonesia, dalam rangka menyambut perayaan ke-70 hubungan diplomatik bilateral kedua negara pada tahun 2019," demikian pernyataan tertulis dari Juru Bicara Kemlu AS Heather Nauert, seperti dikutip dari id.usembassy.gov, Selasa (31/7/2018).

"Menlu Pompeo juga akan berdiskusi mengenai memajukan tujuan keamanan serta perdagangan bilateral dan investasi bersama, menegaskan sentralitas ASEAN, serta kepemimpinan Indonesia dalam mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," lanjut pernyataan tertulis itu.

Dalam kunjungannya ke kawasan Asia Tenggara, Mike Pompeo bertandang ke Kuala Lumpur, Malaysia; Singapura; dan Jakarta, Indonesia dalam rentang waktu 1 hingga 5 Agustus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.