Top 3: Mulai September 2018, Negara Ini Akan Mengharamkan Ponsel Pintar di Sekolah

Oleh Tanti YulianingsihTeddy Tri Setio Berty pada 02 Agu 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 02 Agu 2018, 11:15 WIB
Ilustrasi menggunakan smartphone
Perbesar
Full Screen Display Smartphone dapat memenuhi kebutuhan para orang kekinian. Penasaran?

Liputan6.com, Paris - Bagi kebanyakan orang, hidup tanpa ponsel akan membuat hari-hari menjadi hampa. Itulah yang akan dirasakan oleh anak-anak di Prancis, mereka sebentar lagi diwajibkan untuk meninggalkan smartphone.

Ponsel pintar mereka diminta untuk ditinggal di rumah atau harus dimatikan ketika dibawa ke sekolah. Larangan tersebut akan mulai diterapkan pada September mendatang.

Topik ini menjadi sorotan pembaca Liputan6.com pada Kamis (2/8/2018). Diikuti oleh pengakuan Pangeran William soal kebiasaan buruk Pangeran George 'warisan' Putri Diana dan artikel tentang dua orang di China yang nekat makan kelabang mentah sehingga mengakibatkan gangguan pada kesehatannya.

Berikut Top 3 selengkapnya:

1. Negara Ini Akan Mengharamkan Ponsel Pintar di Sekolah

Ilustrasi aktivitas menggunakan smartphone (AFP)

Anak-anak di Prancis sebentar lagi harus meninggalkan smartphone atau ponsel pintar mereka di rumah atau harus dimatikan ketika dibawa ke sekolah. Larangan tersebut akan mulai diterapkan pada September mendatang.

Pembatasan penggunaan smartphone serta perangkat pintar yang terhubung ke internet, seperti tablet, berlaku untuk anak-anak sekolah antara usia 3 dan 15 tahun.

"Kami tahu hari ini bahwa ada fenomena kecanduan gadget, fenomena penggunaan ponsel yang buruk ... Peran utama kami adalah melindungi anak-anak dan remaja. Ini adalah peran mendasar dari pendidikan, dan undang-undang ini memungkinkan," kata Menteri Pendidikan Jean-Michel Blanquer di saluran berita Prancis BFMTV yang dikutip dari CNN.

Selanjutnya...

2. Pangeran William Ungkap Kebiasaan Buruk Pangeran George 'Warisan' Putri Diana

Foto resmi Pangeran George pada perayaan ulang tahun kelima (Instagram/@kensingtonroyal)

Ada pengakuan unik yang keluar dari mulut Pangeran William tentang anak sulungnya, Pangeran George. Ia menilai bahwa anak laki-lakinya itu mewarisi kebiasaan buruk dari sang nenek yaitu Putri Diana.

Dikutip dari laman Honey.nine.com.au, William menyebut bahwa Pangeran George sangat nakal, terutama saat berada di keramaian.

Selain itu kebiasaan buruk yang Pangeran George warisi dari Putri Diana adalah suka membuka kado sebelum pesta Natal dimulai. Sang ayah menyebut bahwa George adalah orang yang tidak sabaran dan tak mau menunggu.

Selanjutnya...

3. Makan Kelabang Mentah, 2 Orang di China Sakit Kepala Lalu...

Ilustrasi Kelabang (iStockphoto)‚Äč

Ada-ada saja, dua orang di Guangzhou, China, ini masuk rumah sakit akibat makan hewan arthropoda, kelabang alias lipan. Mereka dirawat dengan keluhan sakit kepala dan gejala neurologis lainnya.

Awalnya, seperti diberitakan CNN yang dikutip Rabu (1/8/2018), dokter mengatakan ada infeksi dengan penyebab yang tak biasa. Kedua orang itu telah memakan lipan mentah, menurut laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Tropical Medicine and Hygiene pada Senin 30 Juli.

Pasien pertama, seorang wanita 78 tahun, ke rumah sakit pada November 2012 dengan keluhan sakit kepala, kerap mengantuk dan gangguan kognitif. Beberapa minggu kemudian, seorang pria 46 tahun juga datang ke rumah sakit dengan sakit kepala yang telah berlangsung selama lebih dari 20 hari.

Selanjutnya...