Coba 5 Jurus Jitu Bebas Cacingan Ini

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 31 Jul 2018, 18:05 WIB
Ilustrasi cacing gelang (iStock)

Liputan6.com, New York - Parasit adalah makluk yang sangat membahayakan apabila masuk ke dalam tubuh. Ada banyak jenisnya, salah satunya adalah cacing. Bahaya cacingan dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan  jaringan dan sel-sel.

Belum lagi ganguan sistem syaraf yang akan kita alami jika cacingan dibiarkan begitu saja. Tentunya, hal semacam ini dapat diatasi dengan beberapa cara.

Kebersihan adalah kunci utamanya. Maka dari itu patut rasanya jika seorang ibu yang jadi pionir dalam rumah tangga dapat mengingatkan masing-masing anggota keluarganya.

Seperti dikutip dari Health24.com, Selasa (31/7/2018), berikut 5 cara agar keluarga Anda terbebas dari cacingan:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 6

1. Ingatkan Anggota Keluarga untuk Potong Kuku

Ilustrasi parasit cacing
Ilustrasi (iStock)

Dalam satu keluarga, biasanya anak-anak yang paling mudah terpapar parasit (cacing). Sebab, mereka gemar memegang apapun yang membuat penasaran tanpa memikirkan risikonya.

Selain itu aktivitas anak-anak di luar rumah membuat banyak kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara masuknya bakteri, parasit dan hal buruk lain adalah lewat kuku.

Parasit yang masuk ke kuku akan bertahan hingga akhirnya masuk dalam tubuh apabila Anda lupa mencuci tangan. Oleh sebabnya, lebih baik ingatkan anak-anak dan anggota keluarga lain untuk potong kuku.

3 of 6

2. Jaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Ilustrasi cacing gelang (iStock)
Ilustrasi cacing gelang (iStock)

Cacing juga bisa berasal dari hewan peliharaan. Mulanya, parasit ini akan hinggap di tubuh hewan lalu masuk ke tubuh manusia.

Jaga kebersihan hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan lainnya. Gunakan pula obat antiparasit untuk hewan-hewan tersebut.

 

4 of 6

3. Cuci Tangan Sebelum Memegang Makanan

20151109-Ilustrasi-Cacing-Pita-iStockphoto
Ilustrasi Cacing Pita (iStockphoto)

Tangan manusia bisa dikatakan sebagai salah satu lokasi berkumpulnya bakteri. Sebab, kala memegang benda-benda akan terpapar bakteri yang bisa berasal dari sesama manusia atau hewan.

Belum lagi ketika Anda memegang fasilitas umum yang ada di jalanan. Bakteri-bakteri ini akan hinggap di tangan dan masuk ke mulut lewat makanan yang Anda makan.

5 of 6

4. Bersihkan Daging Hingga Bersih Sebelum Dimasak

20151109-Ilustrasi-Cacing-Pita-iStockphoto
Ilustrasi Cacing Pita (iStockphoto)

Tak hanya hewan peliharaan dan kuku, sumber dari parasit atau cikal bakal cacingan juga berasal dari daging yang Anda makan. Bisa daging sapi, kambing, ayam hingga ikan.

Oleh sebabnya, Anda harus teliti memilih daging yang akan dibeli. Pilih yang segar sehingga tidak digerogoti oleh parasit.

Ada banyak kasus selama ini yang membuat seseorang sakit perut akibat adanya cacing di dalam tubuh. Saat diperiksa, ternyata parasit itu berasal dari sushi yang ia konsumsi.

6 of 6

5. Jangan Minum Air Kotor

20151109-Ilustrasi-Cacing-Pita-iStockphoto
Ilustrasi Cacing Pita (iStockphoto)

Air adalah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Tanpa air, manusia tidak bisa hidup. Namun, Anda juga patut berhati-hati apabila hendak meminum air.

Pastikan bahwa air yang Anda peroleh berasal dari sumber yang bersih. Sebab, parasit berbahaya juga bisa hidup di dalam air.

Tanpa Anda sadari, ini akan membahayakan jika dilakukan terus menerus. Telur-telur dari parasit akan masuk dalam tubuh dan menetas dan jadi cacing.

Lanjutkan Membaca ↓