Sukses

Selamat dari Insiden Kapal Tenggelam di Perairan Argentina, 7 ABK WNI Dipulangkan

Konsul Kehormatan RI untuk Uruguay, Nicolas Potrie mendampingi kepulangan 7 ABK WNI selamat insiden Kapal Dorneda tenggelam di perairan Argentina.

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh Anak Buah Kapal (ABK) WNI Kapal Dorneda yang tenggelam di Samudera Atlantik, wilayah perairan Argentina pada 11 Juli 2018 telah kembali ke Tanah Air. Kepulangan ketujuhnya dilakukan dari Montevideo, Uruguay pada Kamis 26 Juli 2018.

Konsul Kehormatan RI untuk Uruguay, Nicolas Potrie yang mendampingi ketujuh ABK WNI Kapal Dorneda dalam proses kepulangan mereka di Bandara Carrasco, Montevideo.

Selama ini KBRI dibantu oleh Konsul Kehormatan RI di Uruguay, telah berkoordinasi secara intensif dengan agen di Montevideo dan pemilik kapal di Spanyol terkait nasib para ABK WNI yang kapalnya tenggelam di perairan Argentina.

"Kami, mewakili para ABK berhasil mencapai kesepakatan tentang kompensasi bagi ABK. Selain itu pihak pemilik kapal juga bersedia menanggung biaya memulangkan para ABK ke Tanah Air," kata Dubes Niniek K. Naryatie dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Jumat (27/7/2018).

Sebelumnya, salah satu ABK WNI Kapal Dorneda yang berhasil diselamatkan kapal Beagle I ke pelabuhan Mar del Plata, Argentina telah terlebih dahulu dipulangkan pada tanggal 13 Juli 2018.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 ABK WNI Selamat

Sebelumnya, Kedutaan Besar RI di Buenos Aires menerima informasi dari Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina bahwa Kapal Nelayan Dorneda berbendera Spanyol tenggelam di Samudra Atlantik pada 11 Juli -- sebelumnya disebut 12 Juli 2018.

Di antara 27 kru kapal, 25 orang berhasil diselamatkan, termasuk delapan anak buah kapal (ABK) yang berstatus WNI. Demikian seperti dilansir Kemlu.go.id, Senin 16 Juli 2018.

Sementara itu, belum diketahui nasib serta identitas dua kru kapal Dorneda lain yang masih hilang.

Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim (MRSC) dan Angkatan Laut Argentina yang berbasis di Belgrano, Argentina mendapati radio suar darurat (EPIRB) yang diaktifkan oleh kapal Dorneda pada 10 Juli 2018 pukul 22.00 waktu setempat.

"Kapal tersebut berada sekitar 308 mil laut dari kota pelabuhan Comodoro Rivadavia (Argentina selatan). Dua kapal terdekat, Beagle I dan Farruco kemudian diperintahkan untuk mendatangi lokasi kapal Dorneda," demikian penjelasan pihak Kemenlu Argentina kepada KBRI Buenos Aires, seperti dikutip dari Kemlu.go.id.

Kapal Beagle I berhasil menyelematkan 9 kru Dorneda, termasuk satu ABK WNI. Mereka dievakuasi ke Pelabuhan Mar del Plata, Argentina pada Minggu 15 Juli 2018 sore hari waktu setempat.

Sementara itu, Kapal Farruco berbendera Spanyol berhasil menyelematkan 23 kru Dorneda, termasuk 7 ABK WNI. Mereka dievakuasi ke Pelabuhan Montevideo, Uruguay pada Minggu 15 Juli 2018 pukul 10.00 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.