Sukses

Pembersih hingga Penghalus Rambut, 12 Rahasia Kosmetik yang Tak Banyak Diketahui

Selain bisa digunakan untuk mempercantik diri, ternyata sejumlah kosmetik bisa memberikan manfaat lain. Baca selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar kaum Hawa biasanya menyisihkan sedikit pendapatannya untuk membeli beberapa kosmetik kesukaannya dan melakukan perawatan tubuh. Ini dimaksudkan agar mereka tampak segar dan cantik, terlebih jika umur sudah kian menua.

Pada umumnya, ada dua jenis kosmetik yang beredar di pasaran, yakni untuk riasan da perawatan.

Kosmetik rias adalah segala sesuatu yang digunakan sebagai riasan untuk area wajah, misalnya bedak, lipstik, pensil alis, perona pipi, perona mata, celak dan maskara. Termasuk di antaranya produk merias kuku dan rambut, seperti kuteks dan cat rambut.

Sedangkan kosmetik perawatan meliputi produk yang digunakan untuk merawat tubuh, termasuk krim kulit, losion tangan dan tubuh, deodoran, parfum, sabun, masker muka, dan sebagainya.

Selain bisa digunakan untuk merias dan mempercantik diri, ternyata sejumlah kosmetik mempunyai manfaat lain. Apabila Anda memiliki beberapa jenis kosmetik yang sudah kadaluwarsa atau tak terpakai, jangan dibuang begitu saja. Sebab ternyata benda-benda tersebut bisa dipakai untuk kegunaan lain.

Mengutip laman Bright Side, Rabu (25/7/2018), inilah 12 rahasia yang tak banyak diketahui dari kegunaan kosmetik, selain untuk berdandan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Toner

Banyak toner (cairan pembersih muka) yang mengandung alkohol. Zat ini dinilai ampuh menghilangkan bakteri.

Selain membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan sisa riasan, ternyata toner dapat digunakan untuk mendisinfeksi dengan cepat. Oleh sebab itu, toner bisa menjadi alternatif yang baik untuk pembersih tangan.

Anda juga dapat menggunakannya untuk membersihkan ponsel atau keyboard Anda, sebab dua contoh benda tersebut disinyalir menjadi tempat berkuimpulnya kotoran dan bakteri.

3 dari 13 halaman

2. Minyak Kosmetik

Anda bisa menggunakan minyak kosmetik untuk mencuci wastafel yang terbuat dari stainless steel.

Caranya, teteskan sedikit minyak pada selembar kain dan gosok permukaan wastafel, lalu bersihkan dengan tisu kertas setelahnya. Minyak kosmetik mampu mencegah munculnya noda akibat plak dan sabun.

4 dari 13 halaman

3. Cat Kuku Transparan

Cat kuku berwarna bening tak hanya dapat membuat kuku mengilap, tetapi juga benda mati lainnya. Selain itu, kosmetik ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kerusakan kecil, salah satunya menutupi goresan di furnitur yang dipoles. Caranya cukup dengan menempatkannya sedikit di tempat yang rusak.

Kuteks jenis ini juga bisa membantu Anda 'menyelamatkan' tangkai kacamata agar tak patah. Hanya dengan mengoleskan sedikit di sekrup kecil yang terdapat pada sudut dalam kacamata kesayangan Anda.

5 dari 13 halaman

4. Bedak Tabur

Bedak tabur mengandung garam mineral yang bisa menyerap kelembaban. Sebelum berolahraga di pusat kebugaran, taruhlah sedikit bedak tabur di beberapa titik yang rawan berkeringat banyak seperti ketiak, siku, dan telapak tangan.  Trik ini akan membantu Anda terhindar dari iritasi.

Selain itu, Anda bisa mengganti sampo dengan bedak tabur untuk merawat rambut kering. Usapkan sedikit pada belahan rambut, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan air.

6 dari 13 halaman

5. Penghapus Riasan

Penghapus riasan tidak hanya dapat menghilangkan make-up, tetapi juga berbagai jenis kotoran yang menempel di wajah. Namun ternyata, benda yang dikenal dengan sebutan make-up removal ini juga bisa membuang sisa-sisa makanan yang menempel di pakaian dan juga label harga.

Caranya: teteskan beberapa di kain atau kapas, lalu gosokan di tempat yang Anda ingin bersihkan.

7 dari 13 halaman

6. Penghapus Kuteks

Penghapus cat kuku umumnya mengandung aseton yang dapat digunakan sebagai pelarut atau penghilang noda. Zat ini juga memiliki efek anti-minyak.

Jika jari-jari Anda terkena lem, taruhlah beberapa tetes aseton pada kulit yang terkena. Tunggu selama 30 detik, kemudian cuci tangan dengan air hangat dan sabun.

Untuk membersihkan kamar mandi atau ubin dapur, gunakan air hangat yang ditambahkan aseton.

Jika ada noda pada porselen Anda, gosok dengan kain lembut yang telah direndam dalam air yang dibubuhi aseton.

8 dari 13 halaman

7. Krim Wajah

Krim wajah mengandung pelembab yang dapat membuat kulit elastis dan lembut. Jika Anda memiliki krim wajah yang tidak Anda sukai atau sudah kadaluwarsa, coba aplikasikan pada barang-barang berbahan kulit milik Anda.

Untuk menyegarkan tampilan sepatu atau tas, cukup oleskan di permukannya dan hanya dalam waktu sekejap, sepatu atau tas Anda akan tampak seperti baru.

9 dari 13 halaman

8. Sampo

Semua sampo umumnya mengandung komponen pelembut dan panthenol, sehingga sangat bagus untuk mencuci pakaian yang terbuat dari kain halus seperti lingerie, pakaian yang terbuat dari wol alami hingga sutra -- semua hal ini akan bertahan lebih lama jika Anda mengganti deterjen biasa dengan sampo.

10 dari 13 halaman

9. Pelembab Bibir

Anda bisa menggunakan pelembab bibir untuk menyelamatkan ujung rambut yang bercabang. Cukup oleskan pada ujung rambut dan Anda bisa melihat perbedaannya.

Selain itu, pelembab bibir juga bisa dipakai untuk melumasi engseel pintu atau jendela.

11 dari 13 halaman

10. Semprotan Rambut

Hairspray atau semprotan rambut biasanya digunakan untuk menata rambut. Setelahnya, rambut akan terkesan kaku, namun tampak sempurna.

Faktanya, semprotan rambut ternyata bisa dipakai untuk menghilangkan bulu kucing dari pakaian. Semprotkan beberapa pada handuk lalu gosokkan pada pakaian yang terkena bulu kucing. Selain bersih, pakaian Anda akan mendapatkan efek antistatik sebagai bonus tambahan.

Jika Anda menyemprotkannya pada balon, maka balon tidak akan memuai dalam waktu yang lebih lama.

12 dari 13 halaman

11. Lulur

Lulur mengandung partikel padat kecil yang mampu memoles kulit. Selain membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan sisa-sisa kosmetik seperti lilin, bedak, atau eyeliner, lulur dapat membantu menekan pertumbuhan rambut halus di tubuh.

Mandilah dengan lulur 2-3 kali seminggu sebelum mencabut bulu-bulu halus di badan.

13 dari 13 halaman

12. Lipstik Merah

Solusi ini pas untuk mereka yang bertato bila ingin menyembunyikannya untuk sementara. Aplikasikan lipstik merah di atasnya dan biarkan kering. Letakkan alas bedak di atasnya, kemudian semprot dengan hairspray.

Metode tersebut juga bisa diterapkan untuk menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. Pertama, aplikasikan lipstik berwarna merah (harus tipis), lalu oleskan concealer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.