Sukses

Coba 4 Bumbu Dapur 'Obat' Jamur Selangkangan Ini, Lalu Rasakan Manfaatnya

Suhu lembab di area celana dalam ditambah padatnya aktivitas yang membuat keringatan, ternyata dapat memicu pertumbuhan jamur di selangkangan.

Liputan6.com, Jakarta - Suhu lembab di area celana dalam ditambah dengan padatnya aktivitas yang membuat keringatan rasanya sangat tak enak. Hal itu juga disinyalir dapat memicu pertumbuhan jamur selangkangan dan kudis di area sensitif itu.

Oleh sebab itu, Anda harus menjaga kondisi bagian tersebut agar tetap kering sehingga terhindar dari segala penyakit kulit. Namun jika selangkangan Anda sudah terlanjur jamuran dan menimbulkan rasa gatal hingga menganggu aktivitas, sudah sepatutnya segera diobati.

Anda tak perlu khawatir. Sebab, sejumlah bumbu dapur yang ada di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan jamur membandel pada kulit.

Sebagai alternatif pengobatan dari dokter, tak ada salahnya untuk mencoba sejumlah bahan-bahan sederhana dan alami tersebut.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Rabu (25/7/2018), berikut 4 bahan dapur yang bisa atasi jamur selangkangan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai obat anti-peradangan. Salah satu zat yang terkandung dalam kunyit bernama kurkumin dan diyankini memiliki sifat anti-mikroba.

Penggunaan kunyit secara rutin untuk kulit dapat mengatasi kurap dan jamur pada bagian-bagian tertentu di tubuh, salah satunya adalah selangkangan.

Caranya, haluskan kunyit lalu campurkan sedikit dengan air atau minyak kelapa. Lalu oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi jamur, kudis dan kurap. Setelah didiamkan beberapa menit lalu bilas.

Aplikasi kunyit pada kulit memang akan membuat warna tubuh Anda kuning. Namun jangan khawatir, itu akan hilang secepatnya.

3 dari 6 halaman

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung sejumlah zat yang dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit (jamur, kurap, kudis).

Minyak kelapa dikenal ringan dan tidak susah untuk diaplikasikan pada kulit. Oleskan saja ke area selangkangan yang berjamur selama tiga kali sehari.

Gunakan selama beberapa minggu.

Jamur pada selangkangan niscaya akan berkurang atau bahkan hilang. Dan jangan lupa gunakan minyak kelapa terus menerus sebagai langkah pencegahan infeksi-infeksi berikutnya.

4 dari 6 halaman

3. Bawang Putih

Bawang putih tak hanya dapat menambah cita rasa pada makanan Anda saja. Bumbu dapur ini juga punya peran untuk mengobati infeksi pada kulit.

Bawang putih secara efektif dapat melawan kurap dan bakteri-bakteri lain seperti Trichophyton, Torulopsis, Candida, dan Cryptococcus.

Caranya, potong bawang putih lalu oleskan pada kulit yang terinfeksi jamur. Atau bisa juga haluskan sedikit bawang putih lalu campurkan dengan minyak zaitun atau kelapa. Oleskan secara rutin di bagian selangkangan.

Biarkan selama dua jam sebelum akhirnya Anda bilas sampai bersih. Ulangi aktivitas ini dua kali dalam satu hari.

5 dari 6 halaman

4. Cuka Sari Apel

Sifat anti-jamur cuka sari apel dapat membantu Anda mengobati gatal dan kering pada kulit Anda. Kandungan cuka sari apel tanpa filter mengatur pertumbuhan ragi dengan menetralisir pH.

Oleskan cuka sari apel di area yang terinfeksi menggunakan kapas. Ulangi proses hingga 3 kali sehari. Bilas setelah 15 menit maka Anda akan rasakan perbedaannya.

6 dari 6 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.